10 Fakta Menarik Kota Bandung yang Perlu Kamu Tau

Rekan Bijak, kamu pasti sudah tidak asing lagi dong dengan kota Bandung? Kota yang terkenal dengan keindahan wisata alam dan kelezatan kulinernya ini, selalu menjadi tujuan utama travelling bagi setiap orang.

10 Fakta Menarik Kota Bandung yang Perlu Kamu Tau

10 Fakta Menarik Kota Bandung yang Perlu Kamu Tau

Kota Bandung terletak pada ketinggian ±768 m di atas permukaan laut rata-rata, dengan daerah utara yang pada umumnya lebih tinggi daripada bagian selatan. Selain itu, Bandung dikelilingi oleh pegunungan sehingga Bandung berada di sebuah cekungan. Secara geografis, Bandung terletak di tengah-tengah Provinsi Jawa Barat yang menjadikannya sangat strategis untuk

Kota kembang merupakan sebutan lain untuk kota Bandung karena pada zaman dulu kota ini dinilai sangat cantik dengan banyaknya pohon dan bunga yang tumbuh di sana.

Dibalik semua keindahan wisata alam dan kelezatan kulinernya, Bandung mempunyai 10 fakta menarik yang perlu kamu ketahui, Rekan Bijak. Apa saja?

1. Asal kata “Bandung” ternyata diambil dari kata bendung atau bendungan loh, Rekan Bijak. Kenapa begitu? Karena konon dahulu kala kota Bandung terbentuk dari proses terbendungnya Sungai Citarum oleh lava Gunung Tangkuban Perahu.

2. Pada tahun 1955, kota Bandung pernah menjadi tuan rumah berlangsungnya Konferensi Asia-Afrika. Konferensi Asia-Afrika (KAA) adalah suatu pertemuan antarnegara Asia Afrika yang menyuarakan semangat anti kolonialisme. Bahkan, dalam pidatonya, Perdana Menteri India saat itu Jawaharlal Nehru mengatakan bahwa Bandung adalah ibukotanya Asia-Afrika.

3. Kota Bandung dilalui 2 sungai utama, yaitu Sungai Cikapundung dan Sungai Citarum beserta anak-anak sungainya yang umumnya mengalir ke arah selatan dan bertemu di Sungai Citarum.

4. Kota Bandung merupakan satu-satunya kota yang memiliki 4 Perguruan Tinggi Negeri, di antaranya Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Universitas Padjajaran (Unpad), dan Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Jati.

5. Jalan layang Pasupati menjadi salah satu ikon kota Bandung. Jalan layang ini dibangun dengan tujuan agar lalu lintas dari wilayah sekitar Jabodetabek ke Bandung menjadi lebih mudah.

Kota Bandung

6. Bandung banyak melahirkan musisi dan artis terkenal, seperti Project Pop, Tulus, Burgerkill, Noah, Mocca, Gigi, The Changcuters, dan Cokelat.

7. Film yang pertama dibuat dan ditayangkan di bioskop Indonesia adalah Film Lutung Kasarung pada 31 Desember 1926 dan Film Eulis Acih pada tahun 1927 di kota Bandung.

8. Bandung terkenal dengan taman kotanya yang unik, salah satunya adalah Taman Jomblo. Taman Jomblo adalah taman yang khusus dibuat untuk para jomblo kesepian di Bandung. Taman ini diprakarsai oleh Walikota Bandung, Ridwan Kamil.

9. Observatorium Bosscha merupakan salah satu tempat peneropongan bintang tertua di Indonesia yang berlokasi di Bandung. Bosscha dibangun oleh Nederlandsch-Indische Sterrenkundige Vereeniging (NISV) atau Perhimpunan Bintang Hindia Belanda. Observatorium ini juga pernah menjadi tempat syuting salah satu film anak Indonesia berjudul Petualangan Sherina.

Kota Bandung

Sumber: www.infobdg.com

10. Jalan Braga di Bandung diyakini sebagai jalan beraspal pertama di Indonesia. Namun, kini jalan tersebut sudah bukan terbuat dari aspal lagi.

Nah, Rekan Bijak, untuk kamu yang berdomisili di Bandung sekarang sudah bisa mengajukan pinjaman di DanaBijak loh!

Syaratnya :

  1. Usia 21 tahun ke atas
  2. Warga Negara Indonesia
  3. Domisili di Bandung
  4. Memiliki gaji minimum Rp2.500.000
  5. Memiliki KTP dan Rekening Sendiri

dan khusus untuk Bulan Februari ini, DanaBijak memberikan promo diskon biaya layanan sebesar 0.8% per hari bagi kalian Rekan Bijak Bandung yang mengajukan pinjaman.

pinjaman uang online cepat cair

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: