10 Negara dengan Perayaan Natal Terunik dan Menarik

Setiap negara pasti memiliki budaya dan tradisi yang berbeda-beda, termasuk dalam merayakan Natal. Yuk baca 10 negara yang memiliki kebiasaan unik dan menarik dalam selebrasi Natal.

Menjelang natal seperti ini pasti kita mulai disibukkan dengan berbagai persiapan seperti membeli dekorasi, tiket pulang kampung, ataupun menyiapkan makanan khas yang selalu disantap saat 25 Desember. Berbicara mengenai tradisi, setiap daerah dan negara tentunya memiliki kebiasaan yang berbeda-beda. Umumnya, diisi dengan menghias pohon natal, menyembunyikan hadiah, memasang kaus kaki sambil berkumpul dengan keluarga.

Pohon cemara sendiri dipilih karena melambangkan “hidup kekal”. Budaya menggunakan pohon evergreen ini sebenarnya dibawa oleh masyarakat Jerman yang menyebar ke berbagai negara, termasuk Amerika. Pohon Natal ini sebagai simbol supaya kehidupan rohani selalu tumbuh dan menjadi saksi yang indah bagi orang lain. (sumber: Wikipedia)

Tapi ternyata setiap negara memiliki budaya dan tradisi berbeda seperti di 10 negara ini mempunyai perayaan Natal yang unik dan menarik:

1. India

Natal

Berbeda dengan negara lainnya, di India pohon pisang atau pohon mangga digunakan sebagai Pohon Natal. Source: http://www.vistaeducation.com

Perayaan Natal dengan pohon cemara sepertinya tidak berlaku di India karena tradisi di sini menggunakan pohon pisang atau pohon mangga yang dihias dengan lampu warna-warni. Iklim India yang panas membuat pohon cemara susah didapat, sehingga kedua pohon tersebut menjadi pengganti. Tak ketinggalan lampu minyak akan diletakkan di atas atap atau dinding rumah warga.

2. Yunani

Setiap Natal, penghuni rumah akan menyiapkan sebuah mangkok berisi air dengan salib di tengahnya dan daun kemangi di bibir mangkok yang menjuntai hingga menyentuh air. Nantinya air kemangi ini dipercikkan ke seluruh sudut ruangan untuk mengusir roh-roh jahat dan untuk menyambut datangnya Juru Selamat.

3. Jepang

Natal

KFC menjadi makanan khas yang disantap saat Natal. Source: http://halojepang.blogspot.co.id

Mungkin buat kita KFC bukan makanan khas hari raya, tapi di Jepang orang rela mengantri panjang di gerai KFC saat Natal. Pada tahun 70an, KFC membuat campaign yang menyiratkan bahwa di negara Barat selalu menyantap daging ayam sang kolonel saat Natal. Hingga saat ini, tradisi ini terus berjalan dan dilakukan di negeri sakura. Selain ayam, biasanya di atas meja akan tersedia kue Natal seperti kue ulang tahun.

4. Cina

Kemeriahan Natal di Cina tidak jauh berbeda dengan tahun baru Imlek. Setiap rumah akan dihiasi dengan dekorasi warna-warni dan lentera. Momen ini juga paling ditunggu anak-anak karena mereka akan mendapatkan hadiah, makanan spesial dan bermain kembang api. Tak lupa foto atau lukisan leluhur akan dipajang di ruang tamu sebagai bentuk penghormatan generasi selanjutnya kepada pendahulunya.

 5. Bethlehem

Natal

Source: https://www.alarabiya.net/

Jika berkesempatan merayakan Natal di sini, kita pasti dapat langsung merasakan euphorianya. Seluruh penjuru kota akan dihiasi dengan lampu-lampu, umbul-umbul dan hiasan Natal lainnya. Saat malam Natal tiba, turis-turis akan berkumpul di gereja sambil menyaksikan upacara tahunan seperti opera dan arak-arakan. Saat berjalan-jalan di sekitar pun kita bisa meliphat pintu rumah yang dihiasi dengan tanda silang.

6. Italia

Beda India, beda pula Italia. Jika di negeri Taj Mahal menggunakan pohon pisang, di sini pohon cemara digantikan dengan piramida berbahan kayu yang dihias dengan buah-buahan. Selain itu, di sosok Santa pun akan diwakili dengan Nenek Sihir Befana yang membawa sapu terbang kemana-mana. Tak perlu takut, meskipun nenek sihir, tapi ia adalah sosok ramah yang membagikan hadiah kepada anak-anak seperti Sinterklas. Sebagai ucapan terimakasih, masyarakat menyiapkan makanan sebagai balasan kado dan kebaikan Befana.

7. Australia

Natal

Source: http://foto.metrotvnews.com

Di Australia tidak bisa merayakan white Christmas karena selalu bertepatan dengan musim panas sehingga perayaan dilakukan di tepi pantai, kolam renang atau pusat perbelanjaan. Tradisi yang tidak bisa ditinggalkan adalah olahraga kriket dan perlombaan dayung yang selalu diadakan setiap Natal. Tak ketinggalan kumpul keluarga sambil makan bersama juga menjadi tradisi pada bulan Desember.

8. Ukraina

Ukraina memiliki legenda turun temurun yang menceritakan kisah gadis kecil dan keluarganya yang tak mampu membeli dekorasi Natal. Namun keesokan paginya keajaiban terjadi. Cahaya matahari yang masuk ke dalam rumah membuat sarang laba-laba berubah menjadi emas dan silver. Kisah ini masih sering diceritakan hingga sekarang dan menjadi tradisi menghias pohon natal dengan benang halus layaknya sarang laba-laba.

9. Kanada

Natal

Source: http://www.vistaeducation.com

Menjelang Natal pasti anak-anak mulai heboh ingin mengirimkan surat kepada Santa untuk meminta hadiah yang diinginkan. Kemana kirimnya? Kalau di Kanada kita bisa menggunakan portal code HOH OHO  untuk mengirimkan surat. Nantinya akan ada petugas volunteer yang membalas surat-surat dari seluruh dunia dengan berbagai bahasa.

Tradisi unik lainnya adalah menggunakan topeng saat mengunjungi tetangga atau kerabat. Di daerah Newfoundland. budaya “penyamaran” ini selalu dilakukan setiap tahunnya. Tak hanya menutupi wajah, surapun turut disamarkan supaya pemilik rumah tidak bisa menebak siapa yang hadir. Apabila identitas tidak bisa ditebak, maka hadiahnya adalah makan dan minum sepuasnya.

10. Norwegia

Berbeda dengan Ukraina, Norwegia memiliki cerita turun-temurun yang menceritakan bahwa roh-roh jahat dan kekuatan hitam akan muncul di pemukiman warga saat malam Natal. Supaya nenek sihir yang keluar tidak bisa menggunakan kekuatan sihirnya, sebelum tidur warga Norwegia akan menyembunyikan sapu. Sedangkan para pria akan begadang dan keluar rumah sambil menembakkan senapan ke arah langit untuk menakuti roh jahat.

 Rayakan Natal dengan suasana baru

Tradisi dan budaya yang berbeda tentunya menarik dan akan memberikan kesan tersendiri. Tidak ada salahnya lho Rekan jika mau merasakan suasana Natal yang berbeda dan baru di negara lain. Memang akan sedikit mengeluarkan budget lebih, tapi bukan berarti tidak mungkin. Butuh tambahan dana untuk menghabiskan waktu di Hari Raya? Langsung pinjam di Danabijak aja! Pinjaman uang online dengan proses cepat, mudah dan terpercaya!

pinjaman uang online cepat cair

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: