10 Solusi Atasi Jenuh di Kantor

Saat rasa jenuh datang di sela-sela aktivitas kantor, kita perlu mengusirnya agar kinerja kerja tidak ikut turun. Simak 10 solusinya di artikel berikut!

10 Solusi Atasi Jenuh di Kantor

10 Solusi Atasi Jenuh di Kantor

Setiap orang pasti pernah mengalami rasa jenuh dalam beraktivitas di kantor. Tugas yang monoton dan rutinitas yang cenderung itu-itu saja menjadi salah satu faktor yang dapat membuat kita semakin jenuh. Jika hal ini dibiarkan tanpa ada antisipasi, sikap jenuh tersebut dapat menggangu kinerja kerja sehari-hari. Parahnya lagi, kejenuhan tersebut berimbas pada produktivitas kita.

Demi mengurangi rasa jenuh atau bosan di kantor, tidak perlu menghabiskan uang banyak sampai harus berlibur ke luar negeri, cukup lakukan lima solusi ini :

1. Ngobrol dengan Teman Kerja

Jenuh

Salah satu cara mengusir rasa bosan di kantor adalah dengan ngobrol atau berinteraksi dengan rekan kerja.

Bila pikiran sedang stres akibat pekerjaan kantor yang menumpuk, atasilah dengan bergaul dan ngobrol bersama teman-teman. Selain itu, kita juga bisa melepaskan penat dengan hanya sekedar jajan di depan kantor sambil membicarakan hal-hal lain selain pekerjaan. Cara ini juga ampuh digunakan demi memperluas kehidupan sosial kita di kantor dengan memperbanyak teman.

2. Mendekorasi Meja

Lingkungan kerja termasuk meja kerja adalah salah satu hal yang dapat memengaruhi mood kerja. Sebuah meja kerja yang kecil dan berantakan tentunya akan mengarah pada kebosanan. Sebaiknya, tambahkan dekorasi, seperti lampu, tanaman, atau pernak-pernik lucu sehingga mampu membangkitkan rasa nyaman dan bahagia.

Sebelum menempatkan segala jenis perlengkapan tersebut, jangan lupa untuk membersihkan meja kerja. Meja kerja yang bersih akan menambah semangat kerja di kantor.

3. Perdalam Kemampuan

Jenuh

Selain untuk meningkatkan kemampuan diri sendiri, online training berguna untuk mengusir rasa bosan di kantor.

Cara lainnya untuk menghabiskan waktu karena rasa bosan di kantor adalah dengan mempelajari keahlian baru. Online training bisa jadi pilihan yang tepat. Kita dapat menggunakan keahlian tersebut untuk membuat diri sendiri lebih kompetitif sambil mengembangkan peluang karir.

4. Membuat Snack atau Kopi

Belilah cemilan atau buatlah minuman kopi atau teh untuk mengusir kejenuhan bekerja. Selain dipercaya mampu mengatasi rasa bosan dan dapat meningkatkan mood, cara ini juga akan memotivasi kita untuk kembali bekerja. Gunakan waktu ngopi atau ngeteh untuk bersantai dan me-refresh pikiran.

5. Meminta Tugas Lain 

Jenuh

Saat mengalami kejenuhan di kantor, kita bisa mendatangi atasan kemudian tanyakan padanya apakah ada tugas lain yang dapat diselesaikan.

Setiap karyawan mempunyai tanggung jawab berbeda dalam menyelesaikan pekerjaannya. Namun, saat ini, jika kita sudah selesai mengerjakan seluruh tugas hingga akhirnya mengalami kejenuhan di kantor, kita bisa mendatangi atasan kemudian tanyakan padanya apakah ada tugas lain yang dapat diselesaikan.

Sebagai contoh, atasan butuh untuk dibuatkan presentasi meeting. Bantuan dari kita akan sangat berarti terlebih bila atasan memang sedang sangat sibuk. Cara ini dapat membuat kita kembali semangat serta mampu mencerahkan pikiran. Nilai plusnya, predikat baik dari atasan jatuh ke tangan kita.

6. Buat Daftar Kegiatan Liburan

Saat rasa bosan di kantor melanda, buatlah daftar kegiatan untuk liburan atau berakhir pekan. Kita bisa saja merencanakan perjalanan yang menyenangkan sehingga membuat pikiran senang. Selain ampuh untuk membunuh rasa bosan, daftar kegiatan liburan akan membantu kita agar segala sesuatunya lebih terorganisasi.

7. Membawa Benda Kesayangan

Tidak ada salahnya memenuhi meja kerja dengan benda-benda kesayangan yang ada di kamar atau rumah, seperti bantal atau mainan. Hal ini bertujuan untuk membawa suasana rumah ke ruang kerja. Bisa juga dengan menghias meja kerja dengan burung-burung kertas origami hasil karya kita sendiri di sela-sela waktu luang.

8. Mendengarkan Lagu Favorit

Jenuh

Dengan mendengarkan musik, semangat kerja meningkat, rasa kantuk pun hilang.

Hampir semua orang menyukai musik sebab musik dapat mengubah mood serta mengusir rasa kantuk. Dengarkan lagu favorit dengan menyusun playlist di handphone. Semangat kerja meningkat, rasa kantuk pun hilang.

9. Membuat Permainan yang Berhubungan dengan Pekerjaan

Gunakan permainan demi menghabiskan waktu di tempat kerja yang juga dapat memotivasi kita saat bekerja. Rancang kompetisi kecil-kecilan bersama teman kerja. Misal, kita bekerja di bidang pemasaran, ajak teman bersaing dalam mendapatkan penjualan terbanyak. Tim yang kalah diberikan hukuman sesuai kesepakatan. Cara ini tidak hanya mengatasi jenuh, tapi juga mampu meningkatkan kinerja kerja.

10. Membuat Kata Motivasi

Cobalah untuk mengusir bosan dengan membuat kata motivasi setiap hari. Kata motivasi berguna untuk mengembalikan performa kerja yang sedang turun serta mengembalikan semangat melanjutkan hari.

pinjaman uang online cepat cair

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: