Intip 3 Alasan, Mengapa Kamu Perlu Bergabung di Komunitas Terbaik

Tak hanya sekadar ikutan, bergabung dengan sebuah komunitas ternyata banyak memberikan manfaat loh, Rekan! Apa saja? Simak penjelasan lengkap tentang alasan mengapa kamu perlu ikut komunitas dalam artikel berikut!

Intip 3 Alasan, Mengapa Kamu Perlu Bergabung di Komunitas Terbaik

Intip 3 Alasan, Mengapa Kamu Perlu Bergabung di Komunitas Terbaik

Di era yang serba menuntut kita untuk selalu bergerak, bergabung dalam sebuah perkumpulan atau komunitas terbaik sangatlah dibutuhkan. Tak hanya remaja, para orangtua pun, kini, mulai banyak terlibat dalam berbagai kegiatan komunitas. Baik itu komunitas sosial, pendidikan, maupun keuangan. Beberapa wadah kegiatan komunitas, sosial misalnya, memungkinkan para pengikutnya untuk berbagi. Makin banyak orang yang mulai peduli dengan lingkungan, sosial, pendidikan, bahkan keuangan.

Lalu, apa sebenarnya arti komunitas?

Seperti yang dijelaskan dalam wikipedia, komunitas merupakan sebuah kelompok sosial dari beberapa organisme yang berbagi lingkungan, umumnya memiliki ketertarikan dan habitat yang sama. Dalam komunitas manusia, individu-individu di dalamnya dapat memiliki maksud, kepercayaan, sumber daya, preferensi, kebutuhan, risiko, kegemaran, dan sejumlah kondisi lain yang serupa.

Komunitas berasal dari kata communis yang berarti “sama, publik, dibagi oleh semua atau banyak”

Masih mengutip sumber dari wikipedia, komunitas dapat dibagi menjadi 3 komponen :

1. Berdasarkan Lokasi atau Tempat

Wilayah atau tempat sebuah komunitas dapat dilihat sebagai tempat bagi sekumpulan orang yang mempunyai kesamaan secara geografis. Selain itu, saling mengenal satu sama lain sehingga tercipta interaksi dan memberikan kontribusi bagi lingkungannya.

2. Berdasarkan Minat

Sekelompok orang yang bersama-sama mendirikan suatu komunitas karena mempunyai ketertarikan dan minat yang sama. Misalnya, agama, pekerjaan, suku, ras, hobi, dan minat. Komunitas berdasarkan minat memiliki jumlah terbesar karena melingkupi berbagai aspek, contoh komunitas pecinta animasi dapat berpartisipasi di berbagai kegiatan yang berkaitan dengan animasi, seperti menggambar, mengoleksi action figure, atau film.

3. Berdasarkan Komuni

Komuni berarti ide dasar yang dapat mendukung komunitas itu sendiri.

Di Indonesia sendiri, beberapa tahun terakhir, perkembangan komunitas terbilang sangat signifikan. Tidak hanya yang telah menyandang nama besar, tapi banyak komunitas-komunitas kecil yang ada di sekolah, kampus, masyarakat mulai bermunculan. Jumlah komunitas di Indonesia kurang lebih bisa mencapai ribuan.

Rekan berminat untuk bergabung dalam salah satu komunitas terbaik? Sebelumnya, yuk, simak 6 manfaat dari ikut komunitas berikut ini!

A. Bertemu Orang Baru Membuat Diri Lebih Bersemangat dan Menemukan Inspirasi Baru

Komunitas Terbaik

Saat Rekan memutuskan untuk bergabung dalam sebuah komunitas, katakanlah sebagai relawan dalam kegiatan sosial, maka secara otomatis kamu akan banyak bertemu dengan orang baru. Tentunya, orang-orang baru tersebut datang dari latar belakang yang berbeda. Biasanya, sesama relawan akan saling bertukar cerita tentang kegiatan komunitas lain yang pernah diikuti, pengalaman unik yang pernah dialami, atau hanya sekadar berbagi cerita kehidupan pribadi.

Dari perbincangan sederhana itulah, Rekan Bijak bisa mengenal satu sama lain sekaligus mengenal dunia baru. Keuntungan lainnya adalah membuat diri lebih bersemangat dalam menjalani hidup. Inspirasi dari teman-teman baru memberikan kesegaran tersendiri dari penatnya rutinitas pekerjaan sehari-hari.

B. Menambah Wawasan dan Pengalaman Baru

Komunitas Terbaik

Hobi dan minat yang hanya dipendam sendiri dan tidak pernah dibagi ke orang lain akan stagnan dan tidak akan berkembang. Itulah alasan mengapa Rekan perlu bergabung di komunitas. Kamu akan banyak ketemu orang dengan minat atau hobi serupa serta pengalaman yang berbeda-beda. Tentunya, ilmu dan pengalaman itu bisa kamu “curi”. Dengan begitu, wawasan dan pengetahuan kamu akan bertambah alias tidak jalan di tempat.

Gunakan waktu sebaik-baiknya saat kamu sedang berkumpul bersama sesama rekan komunitas dengan banyak bertanya banyak hal yang kamu belum pahami. Bertukar pikiran dan meminta pendapat juga boleh loh, Rekan!

C. Aktualisasi Diri dan Investasi Masa Depan

Komunitas Terbaik

Bukan rahasia lagi jika komunitas terdiri dari beberapa orang dengan isi kepala yang berbeda. Semua memiliki hak yang sama dalam mengutarakan pendapat, gagasan, dan opini yang dipikirkan serta dirasakan. Hal inilah yang membuat setiap individu berkesempatan untuk mengaktualisasikan dirinya masing-masing, membentuk karakter. Terutama dalam menghadapi kondisi perbedaan pendapat atau saat pendapat Rekan hanya menjadi minoritas.

Komunitas juga memberikan kesempatan bagi Rekan untuk berinvestasi pada diri sendiri karena investasi paling tak ternilai harganya adalah investasi pribadi. Ilmu atau pengetahuan yang didapat di komunitas, kelak bisa diimplementasikan dalam kehidupan.

Jadi, bagaimana Rekan? Makin tertarik bergabung di sebuah komunitas? Jenis komunitas terbaik apa yang ingin kamu ikuti?

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: