3 Cara Memprioritaskan Dana Darurat agar Hidup Aman

Seperti apapun kondisi keuangan, kita harus tetap menempatkan sejumlah dana darurat di dalamnya. Saat ini mulailah membuat dana darurat ini walaupun hanya dalam jumlah kecil sekalipun.

3 Cara Memprioritaskan Dana Darurat agar Hidup Aman

3 Cara Memprioritaskan Dana Darurat agar Hidup Aman

Mengelola keuangan dengan baik memang sudah menjadi kewajiban bagi kita yang sudah dewasa dan bekerja, apalagi jika kita sudah berkeluarga. Kita harus dengan cermat meneglola keuangan dan disipln dalam mengeluarkan uang, agar apa uang yang kita keluarkan bermanfaat bagi kita maupun keluarga. Selain kita harus mengelola keuangan dengan tepat, Rekanbijak juga harus sadar pentingnya memprioritaskan dana darurat untuk keperluan tak terduga. Menyisihkan uang kita untuk dana darurat akan berguna untuk “menyelamatkan” hidup kita jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. Misalnya jika kita terkena penyakit serius ataupun kecelakaan, atau hal lain yang tak terduga, selain itu danan darurat juga bisa dipakai untuk menghidupi kita setelah pensiun di hari tua. Dibawah ini Danabijak akan memberikan tips untuk mempersiapkan dana darurat.

Buatlah Tabungan Khusus

Dana Prioritas

brankaz.com

Sisihkanlah sedikit dari penghasilan kita lalu buatlah tabungan khusus untuk tempat menyimpan dana darurat kita. Pertama-tama, kita sudah pasti mengetahui berapa penghasilan kita perbulannya, lalu kita hitung dan kalkulasikan pengeluaran kita selama sebulan, jika ada keperluan yang tidak terlalu penting makan pangkaslah pengeluaran tersebut. Mulailah lebih disiplin dengan uang kita, kita bisa sisihkan 5-10 % penhasilan kita untuk dana darurat tersebut.

Lalu dana tersebut bisa kita simpat di Bank, dengan membuka rekning baru untuk menyimpan dan darurat kita, setorkanlah setiap bulan dana tersebut. Pilihlah tabungan dengan biaya admin yang paling rendah, agar dana kita tidak terkuras oleh biaya lain-lain. Usahakan untuk selalu menabung dalam jumlah yang tetap setiap bulannya, sehingga dana tersebut bisa terkumpul dalam jumlah yang memadai di masa yang akan datang. Jika hal ini dilakukan sejak sekarang, maka kita akan memiliki sejumlah waktu yang cukup panjang untuk mempersiapkan masa pensiun nanti. Prioritaskan pos tabungan ini di dalam keuangan, agar kondisi keuangan di masa pensiun nanti dapat terjamin dengan baik. Jika kita tidak berminat untuk menabung di Bank, kta bisa menyimpan uang kita di brankas, simpanlah uang kita di tempat yang aman dan tersembunyi didalam rumah kita.

Kendalikanlah Pengeluaran

Dana Prioritas

www.dream.co.id

Berhematlah dengan pengeluaran kita. kita dapat mengurangi pengeluaran yang tidak terlalu penting dan berhemat.

banyak cara yang bisa kita lakukan untuk berhemat, misalnya: kita bisa mencari tempat belanja yang lebih murah atau berbelanja hanya pada saat diskon. Jika kita senang jajan atau nongkrong di cafe, maka kurangilah. Jika kita biassanya membeli makan siang diluar, gantilah dengan membawa bekal sendiri, selain  Walaupun menurut kita kita tidak terlihat besar pengeluaran itu, namun jika kita memangkas hal itu, akan cukup membantu mengisi dana darurat kita. Cara yang paling ampuh adalah, jika kita sudah mendapat gaji, langsung sisihkanlah uang kita ke anggaran dana darurat, jangan tunggu sisa dahulu baru kira sisihkan, dengan megendalikan keuangan seperti ini dana darurat kita akan terus terisi.

Mengalokasikan Dana Darurat Menjadi Inevestasi

Dana Darurat

sahabatpegadaian.com

Selain Menabung, kita juga bisa meyimpan dana darurat kita dalam bentuk investasi. Rekanbijak bisamengalokasikan sebagian dalam bentuk deposito atau investasi emas. Kita juga dapat memilih produk keuangan lain yang memiliki fungsi yang hampir sama  yaitu likuiditas tinggi, mudah dicairkan dan aman, seperti reksadana campuran, reksadana pasar uang, dan surat berharga.

Inilah yang yang bisa kita lakukan untui menyiapkan dana darurat, Kuncinya adalah disiplin dan rutin, kita tidak akan menghamburkan uang dengan percuma. Dan dengan disiplin pula, dana darurat kita akan tetap bertambah. Selamat menabung 🙂

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: