3 Cara Mudah Mengelola Keuangan. Gaji Aman Sampai Akhir Bulan!

Bagaimana sih caranya supaya kita bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari dari gaji yang di dapat? Ikuti tips asik ini yuk!

Suka heran nggak sih Rekan Bijak kenapa belum akhir bulan tapi dompet mulai tipis padahal tagihan sudah berbaris. Rasanya nggak banyak barang-barang yang dibeli, nongkrong sama teman juga sesekali, tapi kenapa selalu kurang ya?

Nah, kalau sudah mulai seperti ini berarti ada yang salah dengan alokasi gajimu. Supaya dapat hidup tenang dan mencapai kesuksesan finansial, kamu harus lebih displin dalam mengelola keuangan.

Bijak dalam mengatur keuangan akan memberikan efek jangka panjang yang positif. Selain tetap bisa membeli barang yang kita idamkan, liburan dan memenuhi berbagai kebutuhan sehari-hari, kamu pun akan memiliki tabungan dan juga investasi!

1.30% Gaji di Alokasikan Untuk Tagihan

Semakin tingginya harga barang-barang dan semakin banyaknya kebutuhan yang harus dipenuhi, nggak ada salahnya kok jika kamu memiliki utang. Idealnya, total utang yang kita punya nggak lebih dari 30% gaji. Hal ini untuk mencegah kamu terjebak dalam situasi kredit yang memberatkan.

Setiap bulannya, sisihkan budget 30% untuk membayar berbagai tagihan seperti pinjaman, KPR atau kartu kredit. Jangan sampai terlewat ya Rekan Bijak, supaya kamu nggak terbebankan bunga berlebih.

Simulasi: jika gajimu sebesar Rp 6.000.000, maka total utang yang kamu punya sebesar Rp 1.800.000.

2. 40% Gaji di Alokasikan Untuk Biaya Hidup

Kalau gajimu 6.000.000 maka kamu memiliki dana 2.400.000 untuk membayar berbagai kebutuhan sehari-hari termasuk biaya kos, transportasi, pulsa, makan dan juga nongkrong sama teman.

Pastikan kamu dapat mengatur keuangan dan biaya hidup dengan baik supaya nggak memakan dana lain. Meskipun nggak banyak, tapi tanpa kamu sadari kebiasaan ‘ngutang’ sama alokasi dana tabungan atau tagihan akan menyebabkan budget untuk dua kegiatan itu berkurang. Nggak mau kan pas cek rekening ternyata tabungan kita cuma dikit karena habis untuk bayar ini itu yang nggak perlu?

Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk menghemat biaya sehari-hari, seperti membawa bekal ke kantor, menggunakan kendaraan umum untuk menghemat bensin, atau mencari kos yang sesuai dengan budget.

Mengelola Keuangan

Buat alokasi untuk masing-masing pengeluaran sehingga semua kebutuhan dapat terpenuhi dengan baik.

3. 30% Gaji di Alokasikan Tabungan dan Investasi

Ini nih yang penting banget di dasar-dasar mengelola keuangan, yaitu memiliki tabungan dan investasi. Berapapun gaji yang dimiliki, pastikan kamu sudah menyisihkan untuk hari esok.

  • 10% untuk Tabungan : kok kecil banget? Eits! Selama kamu konsisten dan tabungan ini nggak diganggu, pasti jumlahnya cukup membiayai di kemudian hari.
  • 10% untuk Investasi : Sisihkan 10% untuk investasi di reksadana atau produk investasi lainnya. Karena investasi bersifat jangka panjang, jadi jangan harapkan bisa menerima hasil dengan cepat!
  • 10% untuk Dana Darurat : dana ini perlu kamu sisihkan jika sewaktu-waktu membutuhkan biaya untuk memperbaiki rumah, membayar pengobatan di rumah sakit, memperbaiki kendaraan, dll.

Jika ternyata dana daruratmu belum mencukupi biaya-biaya tak terduga, langsung aja ajukan pinjaman di Danabijak! Prosesnya cepat dan dengan bunga kompetitif! Yuk, Ajukan sekarang! Jadi lebih bijak mengelola keuangan bersama Danabijak!

pinjaman uang online cepat cair

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: