3 Fasilitas BPJS Kesehatan yang Perlu Kamu Tahu!

Ada 3 fasilitas yang diberikan BPJS Kesehatan kepada seluruh pesertanya. Hal ini tentu berkaitan dengan biaya iuran yang dikenakan. Apa saja itu? Simak uraian lengkapnya di artikel berikut!

3 Fasilitas BPJS Kesehatan yang Perlu Kamu Tahu!

3 Fasilitas BPJS Kesehatan yang Perlu Kamu Tahu!

Menjadi peserta BPJS Kesehatan merupakan salah satu kewajiban bagi seluruh warga negara Indonesia. Pada dasarnya, BPJS Kesehatan menjamin biaya rawat jalan dan biaya rawat inap. Namun, berbeda dengan rawat jalan yang setiap kelas pelayanan kesehatan BPJS mempunyai fasilitas yang sama, fasilitas rawat inap berbeda setiap kelas pelayanan kesehatan yang didaftarkan. Setiap kelas mempunyai hak atas fasilitas yang berbeda. Sebaiknya, ketahui kelas mana yang sesuai dengan kebutuhan.

BPJS Kesehatan

Fasilitas yang BPJS Kesehatan berikan sangatlah membantu menutupi biaya rawat jalan dan rawat inap sehingga kita tidak perlu khawatir mengenai biaya kesehatan saat memerlukannya.

Jika kita akan menjalani rawat inap, pastikan rumah sakit yang dituju bekerja sama dengan BPJS Kesehatan sehingga biaya rawat inap dapat dibantu oleh BPJS Kesehatan. Setiap rumah sakit yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan biasanya memiliki aplikasi INA-CBGS, yaitu sebuah aplikasi yang menghitung biaya operasional yang dibutuhkan pasien hingga sembuh dan besarannya pun bervariasi. Jika biaya pelayanan kesehatan melebihi batas yang ditetapkan INA-CBGS, maka kita perlu membayarkan sisanya.

KELAS I – BIAYA IURAN 80 RIBU PER BULAN

Sebelum adanya kenaikan, biaya iuran kelas satu hanyalah sebesar Rp59.500 per bulan. Namun, sejak pertengahan tahun 2016, terjadi kenaikan iuran menjadi sebesar Rp80.000 per bulan.

Kelas 1 merupakan kelas layanan tertinggi. Paling tinggi dalam arti fasilitas kesehatan dan paling mahal iuran per bulannya. Dengan biaya iuran sebesar Rp80.000 per bulan, kita sudah bisa mendapatkan fasilitas yang paling nyaman. Ini bisa dibilang sepadan dengan uang yang dikeluarkan dari kantong. Hak atas fasilitas pelayanan kesehatan rawat inap yang kita dapatkan dari kelas satu ini berupa kamar rumah sakit dengan kapasitas lebih sedikit orang 2-4 orang.

Jika kita menginginkan rawat inap yang lebih privat, kita bisa me-upgrade ke pelayanan kesehatan kelas VIP dengan membayar selisih biaya yang ditanggung oleh BPJS dan biaya rawat inap di kelas VIP.

KELAS II – BIAYA IURAN 51 RIBU PER BULAN

Untuk biaya iuran kelas 2 juga mengalami kenaikan sejak tahun lalu. Kalau sebelumnya, peserta BPJS hanya dikenakan biaya iuran sebesar Rp42.500 per bulan maka sekarang naik menjadi Rp51.000 per bulan.

Pelayanan kesehatan kelas 2 menawarkan pelayanan kesehatan satu kelas di bawah kelas utama atau kelas 1. Secara umum, kelas ini menawarkan fasilitas rawat inap dengan 3-5 tempat tidur pasien. Walaupun kita mendaftar sebagai kelas 2 BPJS, tapi kita tetap bisa merasakan fasilitas kelas 1 atau VIP dengan cara membayar selisih dari biaya rawat inap kelas 1 atau VIP dengan biaya yang ditutupi oleh BPJS Kesehatan kelas 2. Sebab, BPJS Kesehatan tidak membayarkan semua biaya operasional. Hal ini didasarkan pada standar operasional dari rumah sakit yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan.

KELAS III – BIAYA IURAN 25.500 PER BULAN

Berbeda dengan kelas 1 dan kelas 2 BPJS Kesehatan, kelas 3 tidak mengalami kenaikan biaya sama sekali. Biaya iuran kelas 3 masih sama, yakni sebesar Rp25.500. Kelas 3 merupakan kelas dengan pelayanan kesehatan yang paling standard. Sebagian peserta BPJS Kesehatan kelas 3 merupakan masyarakat Indonesia dengan kemampuan ekonomi menengah ke bawah. Fasilitas BPJS untuk kelas ini akan mendapatkan kamar dengan 4-6 pasien. Bahkan ada rumah sakit yang menyediakan sebuah kamar rawat inap dengan kapasitas pasien lebih banyak dari yang disebutkan di atas.

BPJS Kesehatan

Lagi, jika kita ingin naik kelas atau pelayanan, kita bisa membayarkan selisih biaya rawat inap kelas yang kita inginkan dengan biaya rawat inap yang disediakan oleh BPJS Kesehatan.

Rekan Bijak perlu dana tambahan demi bisa membayar biaya iuran BPJS Kesehatan? Ajukan saja pinjaman di Danabijak! Bunganya kompetitif, prosesnya pun terbilang cepat dibanding pelayanan jasa sejenis lainnya.

pinjaman uang online cepat cair

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: