3 Macam Kebiasaan Unik Menyambut Lebaran di Indonesia

Macam Kebiasaan Unik Menyambut Lebaran yang Hanya ada di Indonesia. Kebiasaan yang selalu ada pada saat Idul Fitri, yang membuat kita semakin erat dan merindukan Lebaran tiap tahunnya.

3 Macam Kebiasaan Unik Menyambut Lebaran di Indonesia

3 Macam Kebiasaan Unik Menyambut Lebaran di Indonesia

Seluruh umat muslim di dunia merayakan hari raya Idul Fitri, dan merayakan dengan tradisi dari negara masing-masing. Indonesia juga punya kegitan tradisi atau kebiasaan unik yang selalu ada pada saat menyambut hari raya Idul Fitri. Setiap daerah pun punya tradisi sendiri untuk merayakan hari kemenangan ini, namun kali ini DanaBijak akan membahas kebiasaan unik yang paling umun yang semua masyarakat Indonesia lakukan pada hari raya Lebaran, yuk kita simak.

Mudik

kebiasaan unik

telusur.co.id

Adanya budaya merantau di Indonesia, menyebabkan sebagian warga desa bekerja mencari rezeki jauh dari tanah kelahiran. Karena itu, saat-saat menjelang Lebaran dijadikan moment berharga oleh sebagian besar masyarakat untuk pulang kampung halaman, alias mudik.

Masa libur Lebaran biasanya lebih panjang dibandingkan libur di hari-hari lain. Kita pun benar-benar memanfaatkannya untuk kembali ke kampung halaman dan melewatkan hari raya bersama orang-orang terkasih. Mudik merupakan salah satu tradisi yang masih dijalani hingga saat ini. Bahkan menjadi tradisi terbesar di hari lebaran bagi masyarakat Indonesia. Jumlah pemudik tiap tahunnya selalu meninggkat, bisa mencapai puluhan juta orang.

Malam Takbiran

kebiasaan unik

sumbersuko1.blogspot.com

Sesudah Sidang Isbat biasanya masyarakat Indonesia langsung melakukan kebiasaan unik malam takbiran. Malam lebaran selalu ditandai dengan kumandang takbir sebagai tanda kemenangan setelah sebulan berpuasa. Momen jelang lebaran di Indonesia biasanya ditandai dengan adanya masyarakat yang melakukan takbir keliling kampung baik dengan menggunakan kendaraan maupun sekadar berjalan kaki. Masyarakat Indonesia punya tradisi unik dalam mengumandangkan takbir di tiap daerahnya.

Seperti misalnya, Masyarakat Gorontalo merayakan takbiran dengan cara memasang ratusan bahkan ribuan lampu minyak di berbagai tanah lapang. Lampu-lampu minyak tersebut disusun dengan bentuk berbagai hal yang berhubungan dengan Lebaran dan Islam. Misalnya berbentuk masjid, kitab Al-Quran, ketupat, berbagai macam kaligrafi indah, dan lainnya.Tradisi meletakkan lampu-lampu minyak ini disebut dengan Tumbilotohe. Tradisi ini sudah berlangsung sejak abad ke 15. Biasanya  tradisi ini dilakukan selama tiga hari sebelum Lebaran tiba. Masih banyak juga tradisi atau kebiasaan unik dari daerah lainnya.

 Halal-bihalal

kebiasaan unik

nakita.grid.id

Halal-bihalal adalah istilah yang biasa digunakan oleh masyarakat Indonesia untuk menyebut tradisi saling mengunjungi dan bermaafan dengan teman, tetangga dan sanak saudara. Tradisi halal-bihalal masih bertahan hingga saat ini bahkan semakin berkembang mengikuti perubahan zaman. Apalagi memang sudah menjadi kebiasaan unik orang Indonesia yang gemar berkumpul dan menghabiskan waktu dengan berbagi cerita. Selain berkumpul dan bercerita, biasanya juga ada acara makan-makan dengan menu Lebaran yang nikmat dan dan selalu dirindukan setiap tahunnya.

 pinjaman uang online cepat cair

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: