3 Ragam Cara Mengecek Status Keanggotaan BPJS Kesehatan

Salah satu yang perlu diperhatikan saat menggunakan jasa BPJS Kesehatan adalah bagaimana cara mengecek status kepersertaan diri. Berikut Danabijak akan memberikan 3 ragam cara untuk mengetahui status kepersertaan BPJS Kesehatan tersebut!

3 Ragam Cara Mengecek Status Keanggotaan BPJS Kesehatan

3 Ragam Cara Mengecek Status Keanggotaan BPJS Kesehatan

Untuk meyakinkan bahwa kita telah terdaftar sebagai salah satu dari peserta BPJS, cek status keanggotaan penting dilakukan. Sebagai masyarakat awam yang tidak terlalu paham mengenai sistem BPJS, hal-hal yang tidak diinginkan bisa saja terjadi. Kejadian tersebut bukan hanya menimbulkan kekecewaan, tapi juga dapat menurunkan tingkat kepercayaan masyarakat pengguna BPJS.

Pemerintah, sebelumnya, sudah mengadakan program jaminan dan perlindungan kesehatan bagi masyarakat luas lewat kartu Jamkesmas atau Jamsostek. Fungsi dan manfaat BPJS pun sama dengan kartu Jamsostek. Oleh karena itu, dapat dikatakan bahwa kartu BPJS merupakan pengganti dari kartu jaminan kesehatan masyarakat dari pemerintah sebelumnya. Kepemilikan kartu BPJS bisa berasal dari perusahaan karena jaminan kesehatan sebagai pegawai atau pribadi tanpa melalui perusahaan.

Bagi Rekan Bijak yang memiliki kartu BPJS fasilitas kantor, pembayaran iuran akan dipotong langsung oleh perusahaan dari gaji setiap bulannya. Sementara itu, peserta pribadi harus datang ke kantor BPJS untuk mendaftarkan diri sendiri. Penyetoran pembayaran pun bisa dilakukan melalui bank. Agar kartu BPJS dapat dipakai sebagaimana mestinya, sebaiknya lakukan cek keanggotaan dengan cara-cara berikut :

1. Melalui SMS Gateway

Status Keanggotaan

Untuk mengetahui status keanggotaan BPJS, kita bisa mengeceknya lewat SMS Gateway. Saat ini, BPJS memiliki fasilitas SMS Gateway yang bertujuan memudahkan peserta mendapatkan informasi seputar BPJS. Fitur SMS ini, memungkinkan para peserta untuk mengirimkan pesan SMS dalam format tertentu untuk dikirim ke nomor HP yang telah ditentukan oleh pihak BPJS.

2. Melalui Call Center

Status Keanggotaan

Alternatif lain yang bisa digunakan untuk mengetahui status aktif tidaknya kartu BPJS adalah melalui call center BPJS. Kita bisa menghubungi pihak BPJS di nomor 1500400. Setelah menekan nomor tersebut, utarakan maksud dan tujuan kita menelepon. Pihak BPJS akan memberikan informasi yang diminta.

Call center BPJS bukan hanya dapat digunakan untuk mengecek status kartu, tapi bisa juga digunakan untuk mendapatkan info lain yang berkaitan dengan kepersertaan BPJS, sebut saja keluhan, info produk tertentu, dan lain sebagainya.

3. Situs Online

Status Keanggotaan

Selain dua cara di atas, mengecek status kartu BPJS, dapat dilakukan melalui situs online BPJS. Berikut adalah langkah-langkah untuk mengecek kartu BPJS melalui bpjs-kesehatan.go.id :

  • Klik link : bpjs-kesehatan iuran checking
  • Selanjutnya, kita akan diminta untuk memasukkan nomor kartu BPJS dan tanggal lahir.
  • Kemudian, akan muncul semua informasi mengenai keaktifan atau pun masalah nonaktifnya kartu.

BPJS kesehatan hanya memberlakukan status keanggotaan untuk status yang aktif. Jika status peserta nonaktif maka kartu tidak bisa digunakan untuk berobat.

Berikut penyebab status kepersertaan BPJS nonaktif :

  1. Peserta menunggak pembayaran sampai 1 bulan. Setelah 1 bulan kartu akan diblokir secara otomatis sehingga tidak dapat digunakan kembali.
  2. Peserta masih proses menunggu pembayaran iuran pertama. Bagi peserta yang baru mendaftar, mereka akan mendapatkan nomor virtual account untuk digunakan sebagai nomor rekening pembayaran iuran. Pembayaran iuran pertama baru bisa digunakan setelah 14 hari sejak mendapatkan nomor virtual account. Sebelum iuran pertama dibayarkan, kepersertaan dalam keadaan nonaktif.
  3. Salah satu anggota keluarga di KK menunggak iuran BPJS. Peraturan BPJS telah menyatakan bahwa seluruh anggota keluarga yang tertera di KK harus ikut didaftarkan menjadi peserta BPJS. Jika salah satu anggota ada yang menunggak maka kepersertaan untuk seluruh anggota keluarga yang terdapat di KK akan menjadi nonaktif.

Itulah 3 ragam cara mengecek status aktif atau tidaknya kartu kepersertaan BPJS kesehatan. Jika Rekan Bijak membutuhkan dana tambahan guna membayar biaya BPJS kesehatan yang tertunggak, ajukan saja pinjaman di Danabijak!

pinjaman uang online cepat cair

3 Comments

Write a comment
  1. Situs Seputar Berita Terbaru
    November 04, 15:27 Situs Seputar Berita Terbaru

    Hi, everything is going perfectly here and ofcourse every one is sharing facts, that’s genuinely excellent, keep up writing.

    Reply this comment
  2. universitas di bandung
    December 01, 19:12 universitas di bandung

    tulisan yang bagus

    Reply this comment
  3. unpas
    December 01, 19:13 unpas

    tulisan yang bagus

    Reply this comment

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: