3 Tempat Wisata Populer dan Instagramable di Jakarta

Kota Jakarta adalah kota metropolitan yang memiliki segalanya, tidak perlu khawatir akan tempat hiburan yang bisa melepaskan kejenuhan kita dikala bosan. Ada banyak tempat wisata yang hadir di Jakarta yang akan dengan senang hari menyambut kita. Simak artikel tentang ulasan 3 Tempat Wisata Populer dan Instagramable di Jakarta.

3 Tempat Wisata Populer dan Instagramable di Jakarta

3 Tempat Wisata Populer dan Instagramable di Jakarta

Saat ini para anak muda gemar sekali mencari tempat wisata yang “Instagramable” agar feed instagram kita menarik dan keren. Tidak hanya itu, bagi sebagian orang yang gemar bertualang di kota Jakarta dan meniti sejarah kota ini, mereka akan senang datang ke Museum-museum atau sekedar taman dengan pepohonan yang rimbun, untuk melepas stress kita dari kegiatan sehari-hari. Ada banyak tempat di Jakarta yang bisa kita jadikan tempat melampiaskan kejenuhan kita, masih kita simak artikel dibawah berikut.

Kota Tua

Jika Mendengar kata Kota Tua, pasti yang terbesit di benak kita adalah Museum Fatahillah, padahal masih ada beberapa Museum yang keren bisa dikunjungi dan menjadi spot foto yang menarik. Ada beberapa pilihan tempat wisata yang bisa kita sambangi di sekitaran Kota Tua. Selain Museum Fatahillah, ada Museum Bank Mandiri, Museum Bank Indonesia, Museum Wayang dan sekitaran Jalan Taman Fatahillah, dari Cafe Batavia hingga Toko Merah bisa menjadi tempat hunting fotografi.

Museum Mandiri memiliki koleksi berbagai macam barang-barang koleksi yang berkaitan dengan perbankan tempo dulu dan perkembangannya. Beberapa di antara barang koleksi-nya tersebut yaitu bagan yang menceritakan sejarah singkat Bank Mandiri, kemudian beberapa koleksi surat berharga seperti sertifikat deposito, cek, obligasi, saham, hingga beberapa foto dan dokumen menarik lainnya yang berkaitan dengan Museum Bank Mandiri. Naiklah ke tanggal lantai atas, kita bisa melihat jendela-jendela dengan kaca patri yang menggambarkan tiap musim di Eropa, Lebih serunya lagi, ada beberapa diorama yang menggambarkan kegiatan ekonomi dari zaman perdagangan di masa kerajaan, hingga diorama kegiatan menabung yang dilakukan oleh orang Eropa dan Tionghoa.

Tempat Wisata

www.indonesiakaya.com

Tepat diseblah Museum Bank Mandiri berdiri Museum Bank Indonesia, secara fungsi memang hampir sama dengan Museum Bank Mandiri, sama-sama menceritakan sejarah tentang uang dan Museum ini menyajikan informasi peran Bank Indonesia dalam perjalanan sejarah bangsa yang dimulai sejak sebelum kedatangan bangsa barat di Nusantara hingga terbentuknya Bank Indonesia. Namun yang berbeda adalah, jika dalam Museum Mandiri terdapat diorama kegiatan ekonomi pada zaman dahulu, di Museum Bank Indonesia, penyajiannya dikemas sedemikian rupa dengan memanfaatkan teknologi modern dan multi media, seperti display elektronik, panel statik, televisi plasma, dan diorama sehingga menciptakan kenyamanan pengunjung dalam menikmati Museum Bank Indonesia. Selain kita bisa mempelajari sejarah Bank BI, kita bisa ber-foto ria di sekitaran gedung ini. Gedungnya yang masih kental dengan bangunan kolonial yang berpilar tinggi. Dulunya gedung ini adalah bekas gereja untuk umat protestan pada tahun 1625.

Tempat Wisata

www.flickr.com

Tidak jauh dari Museum Bank Mandiri dan Bank BI, terdapat Museum Fatahillah yang bisa kita jadikan tempat wisata yang “instagramable”.  Museum Fatahillah dulunya berfungsi sebagai kantor Gubernur dan balai kota pada masa pemerintahan Belanda dan Jakarta masih bernama Batavia. Bangunan ini masih berdiri megah dari 370 tahun yang lalu. Arsitektur bangunan Museum Fatahillah bergaya Neo-klasik dengan tiga lantai dengan cat kuning tanah, kusen pintu dan jendela dari kayu jati berwarna hijau tua. Bagian atap utama memiliki penunjuk arah mata angin. Museum ini memiliki luas lebih dari 1.300 meter persegi. Pekarangan dengan susunan konblok, dan sebuah kolam dihiasi beberapa pohon tua.

Tempat Wisata

en.wikipedia.org

Objek-objek yang dapat ditemui di museum ini antara lain perjalanan sejarah Jakarta, replika peninggalan masa Tarumanegara dan Pajajaran, hasil penggalian arkeologi di Jakarta, mebel antik mulai dari abad ke-17 sampai 19, yang merupakan perpaduan dari gaya Eropa, Tiongkok, dan Indonesia. Juga ada keramik, gerabah, dan batu prasasti. Koleksi-koleksi ini terdapat di berbagai ruang, seperti Ruang Prasejarah Jakarta, Ruang Tarumanegara, Ruang Jayakarta, Ruang Fatahillah, Ruang Sultan Agung, dan Ruang Batavia. Terdapat juga berbagai koleksi tentang kebudayaan Betawi, numismatik, dan becak.

Tempat Wisata

www.flickr.com

Masih satu area dengan Museum Fatahillah, terletak Museum Wayang yang bisa kita jadikan spot berfoto, museum ini sudah didirikan sejak tahun 1975. Jika keluar dari pintu utama Museum Fatahillah akan tampak sebuah gedung yang tidak terlalu besar, di sebelah kiri kita. Gedung yang menyerupai gereja lama, awalnya gedung Museum Wayang ini memang sebuah gereja yang dipakai untuk tempat beribadahnya kaum Belanda di tahun 1640-1808. Sesuai dengan namanya, Museum Wayang menghadirkan ribuan koleksi berbagai jenis dan bentuk wayang dari seluruh pelosok Nusantara. Macam-macam wayang yang dipamerkan di museum ini terdiri dari berbagai macam wayang, mulai dari; Wayang Kulit, Wayang Rumput, Wayang Janur, Wayang Boneka, Wayang Kardus, Wayang Beber Topeng dan Gamelan. Tidak hanya wayang dari Indonesia, hadir pula boneka-boneka yang berasal dari negeri seberang. Umumnya boneka yang dikoleksi di museum ini adalah boneka-boneka yang berasal dari Eropa meskipun ada juga yang berasal dari Thailand, Suriname, Tiongkok, Vietnam, India dan Kolombia. Museum Wayang juga bisa menjadi pilihan tempat wisata untuk hunting foto. Sebagai bonus masih ada Cafe Batavia, Toko Merah dan Pelabuhan Sunda Kelapa yang bisa kita kunjungi di daerah Kota Tua ini.

Taman Impian Jaya Ancol (Dunia Fantasi)

Kawasan atau tempat wisata di Jakarta Utara ini memiliki sejumlah destinasi dengan tema berbeda yang letaknya berdekatan. Di antaranya adalah Dunia Fantasi, Atlantis Water Adventure, Seaworld, Ocean Dream Samudra, dan masih banyak lagi yang lainnya. Tempat wisata yang mengusung taman bermain dunia fantasi ini menjadi favorit untuk berwisata keluarga, lengkap dengan wahana bermain yang menyenangkan dan pertunjukan karnaval dan pertunjukan bawah laut dan wisata pantai. Saat ini Ancol menjadi tempat wisata terpadu unggulan Ibu Kota Jakarta.

Tempat Wisata

c.mi.com

Ada banyak hal yang bisa kita lakukan di taman hiburan terbesar di Jakarta ini, jika kita ingin bersenang-senang dan menguji adrenalin kita, berlarilah ke arena Dunia Fantasi, dimana terdapat wahana-wahana yang mampu membuat detak jantung kita berdebar lebih kencang. Selain menjadi pusat hiburan outdoor, Dufan juga merupakan kawasan edutainment fisikia terbesar di Indonesia yang memanjakan pengunjung dengan Fantasi Keliling Dunia, melalui wahana permainan berteknologi tinggi, yang terbagi dalam 9 (Sembilan) kawasan yaitu Indonesia, Jakarta, Asia, Eropa, Amerika, Yunani, Hikayat, Kalila dan Fantasy Lights. Wahana permainan seperti Alap-Alap, Halilintar, Komidi Putar, Tornado, Kora-kora sampai Arung Jeram tersebar di sembilan area yang berbeda. Kita tinggal memilihnya sesuka hati.

Jika kita ingin melihat suasana bawah laut, langkahkanlah kaki ke Sea World. Tempat ini adalah sebuah kawasan konservasi dan edutaiment (edukasi dan entertaiment) yang memberikan hiburan dan informasi tentang dunia bahari. Berbagai jenis biota ditampilkan dalam 28 akuarium dengan kategori yang berbeda dan berlabel informasi mengenai biota yang ada.

Tempat Wisata

www.flickr.com

Dalam usaha memperkenalkan kehidupan biota yang hidup di alam, SeaWorld Ancol memiliki sekitar 7.300 ekor biota air tawar yang terdiri dari 48 Jenis ikan, 1 jenis reptil dan 1 jenis mamalia sampai biota perairan laut yang terdiri dari 11.500 ekor biota yang terdiri dari 138 jenis ikan dan avertebrata serta 3 jenis reptil. Biota-biota tersebut ditampilkan dalam 28 display yang terbagi atas 9 akuarium perairan tawar dan 19 akuarium serta 4 kolam terbuka.

Setiap tampilan akuarium atau wahana memiliki tema khusus untuk memberikan nuansa tersendiri dalam pesan yang disampaikannya, selain itu untuk menambah pengetahuan mengenai biota yang ditampilkan maka dilengkapi juga dengan label berisi informasi mengenai biota baik secara biologis maupun keunikannya.

Museum MACAN

Tempat Wisata

www.youthmanual.com

Kita pastinya sudah tidak asing lagi dengan nama Museum MACAN, atau mungkin kita sering sekali melihat postingan Instagram teman kita yang sedang berada di Museum Macam. Nama MACAN sendiri adalah singkatan dari Museum of Modern and Contemporary Art in Nusantara. Museum ini kini tengah populer di kalangan anak muda dan media sosial.

Tempat Wisata

asiancorrespondent.com

Museum MACAN adalah museum pertama di Indonesia yang memiliki koleksi seni modern dan kontemporer Indonesia serta internasional. Museum ini menampilkan sekitar 90 karya seni rupa modern Indonesia dan juga kontemporer dari seluruh dunia.
Ke-90 karya seni tersebut adalah sebagian dari 800 karya seni yang telah dikumpulkan kolektor seni sekaligus pengusaha Indonesia, Haryanto Adikoesoemo, sang penggagas museum MACAN sendiri.

Tempat Wisata

eventsclick.id

Salah satu karya seni yang menjadi favorit adalah, ‘Infinity Mirrored Room’ karya seniman Jepang, Yayoi Kusama. Seni kontemporer dan modern yang ditampilkan museum MACAN tidak terbatas pada lukisan, tapi juga menampilkan gaya kontemporer dengan berbagai medium, teknik dan seni instalasi. Tidak sekedar menampilkan karya seni dan menjadi ajang foto-foto, museum ini sendiri bisa jadi sarana edukasi buat anak sekolah, seniman muda juga para penikmat seni. Yang pasti perbendaharaan foto kita akan semakin keren.

Inilah tempat wisata yang sedang populer dan menjadi tujuan untuk menambah perbendaharaan foto kita, walaupun tempatnya memang sangat tepat untuk berfoto ria, jangan lupa pula bersenang-senanglah bersama sahabat Rekan dan nikmatilah perjalanan kita dengan baik.

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: