3 Tips Mengatur Keuangan Keluarga Saat Lebaran

Menjelang Hari Raya Idul Fitri, biasanya, banyak keperluan dan barang yang hendak dibeli. Lalu, bagaimana mengatur keuangan agar tidak boros? Simak ulasan lengkapnya dalam artikel berikut!

3 Tips Mengatur Keuangan Keluarga Saat Lebaran

3 Tips Mengatur Keuangan Keluarga Saat Lebaran

Hari Raya Idul Fitri adalah hari raya yang menggembirakan, tempat dimana hampir semua keluarga dan sahabat berkumpul untuk merayakan Lebaran bersama. Dan disaat inilah kita harus menyiapkan segala keperluan dan kebutuhan pada saat hari raya, kita akan berbelanja banyak kebutuhan lebaran, belum lagi pengeluaran untuk THR ataupun salam tempel. Biasanya di beberapa hari sebelum hari raya kita akan membeli segala macam yang berhubungan dengan Idul Fitri, mulai dari perlengkapan busana seperti mukena baru, baju koko, sarung baru dan kebutuhan pangan di saat Lebaran seperti membeli makanan pokok  hingga camilan Lebaran. Semua yang dibeli pasti akan membutuhkan uang belanja lebih banyak dari biasanya. Agar pengeluaran Rekan Bijak tidak terlampau boros, simak 3 Tips Mengatur Keuangan Keluarga Saat Lebaran dibawah ini.

Membuat Prioritas

keuangan

Sumber : www.maxmanroe.com

Buatlah list kebutuhan selama bulan Ramadan agar selama bulan puasa kita bisa mengotrol keuangan untuk hal-hal yang kurang dibutuhkan, sisihkanlah duang kita untuk keperluan Lebaran, seperti uang untuk THR Karyawan, untuk tiket Mudik, membeli oleh-oleh untuk orang tua atau bahkan uang untuk membetukan kendaraan yang akan dipakai mudik. Mumpung sedang dibulan Ramadan kurangilah nafsu berbelanja dan lebih selektif dalam memilih keperluan. Kurangilah pengeluaran yang memang tidak benar-benar dibutuhkan saat bulan Ramadan. Ingatlah jika kita harus menyisihkan uang untuk keperluan hari raya.

Menyusun Anggaran

keuangan

Buatlah daftar keperluan dan pengeluaran, usahakan pengeluaran kita pas dan tidak berlebihan dari anggaran keperluan. Belanjalah sesuai dengan anggaran yang sudah kita buat, jangan keluar dari anggaran, kecuali memang ada barang yang benar-benar dibutuhkan.

Mengeksekusi Anggaran

keuangan

Sumber : sindonews.com

Kita harus memangkas pengeluaran dan disipilin dengan anggaran yang sudah kita buat sendiri. Jangan sampai kita gagal karena kebiasaan gaya hidup yang boros. Alihkan uang ke rekening simpanan kita atau celengan khusus Lebaran. Agar kita tidak lupa, libatkanlah orang terdekat untuk setia mengingatkan kita agar terus berhemat di bulan Ramadan. Untuk kita para karyawam, ada baiknya sisihkan juga THR, jangan langsung dihabiskan sekaligus. Jika Hari Raya sudah tiba tetaplah atur pengeluaran kita, jangan terlalu berlebihan walaupun kita sudah berusaha meminimalkan pengeluaran kita pada bulan puasa, jangan sampai kalap pada saat hari raya.

Inilah 3 Tips Mengatur Keuangan Keluarga Saat Lebaran, semoga tips diatas bisa berguna bagi rekan bijak dalan mengatur keuangan saat Lebaran.

pinjaman uang online cepat cair

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: