4 Cara Cerdas Memilih Asuransi Kesehatan Berkualitas

Apa saja yang perlu diperhatikan saat ingin memilih asuransi kesehatan? Baca cara cerdasnya di artikel ini, Rekan Bijak!

4 Cara Cerdas Memilih Asuransi Kesehatan Berkualitas

Cara Cerdas Memilih Asuransi Kesehatan Berkualitas

Masalah kesehatan adalah suatu hal krusial dan sangat perlu diperhatikan. Sebab, terkadang risiko yang mengancam kesehatan muncul di waktu yang tidak terduga alias tiba-tiba. Demi mengantisipasi risiko tersebut, cara yang paling mudah adalah dengan menggunakan perlindungan kesehatan.

Perkembangan asuransi di Indonesia terbilang sangatlah pesat. Kesadaran masyarakat akan sebuah perlindungan terhadap kesehatan dan jiwa adalah faktor penyebabnya. Kini, orang-orang juga sudah lebih cerdas dan mengerti manfaat yang bisa didapatkan dari layanan asuransi kesehatan berkualitas. Agar semakin jelas dan tidak terjebak dengan penawaran asuransi kesehatan yang marak di Indonesia, simak beberapa tips di bawah ini yaa, Rekan Bijak!

PILIH PERUSAHAAN ASURANSI KESEHATAN BERKUALITAS

Asuransi Kesehatan Berkualitas

Pilih perusahaan asuransi yang tidak memiliki masalah dengan manajemen keuangannya.

Memilih perusahaan asuransi dengan kredibilitas baik sangatlah penting mengingat polis atau perjanjian yang akan ditandatangani bersifat jangka panjang. Sebagai pengguna jasa asuransi yang bijak, Rekan Bijak harus jeli melakukan monitor kinerja dan perkembangan perusahaan asuransi, melihat laporan keuangan melakui media cetak, peringkat perusahaan asuransi yang bersangkutan, dan yang tidak boleh dilewatkan adalah mengenali track record atau jejak rekam perusahaan asuransi yang hendak dipilih. Sebaiknya, pilih perusahaan asuransi yang tidak memiliki masalah dengan manajemen keuangannya.

PILIH ASURANSI YANG SESUAI DENGAN KEBUTUHAN

Asuransi Kesehatan Berkualitas

Pilih asuransi kesehatan yang menyediakan pelayanan ekstra.

Agar sesuai dengan harapan dan untuk menghindari kekecewaan akibat salah memilih perusahaan asuransi maka disarankan untuk memilih asuransi kesehatan yang menyediakan pelayanan ekstra, misalnya layanan customer service hingga 24 jam. Pelayanan tersebut akan sangat membantu jika sewaktu-waktu kita membutuhkan bantuan atau informasi.

Informasi lain yang perlu diperhatikan terkait asuransi kesehatan adalah tentang persyaratan, prosedur klaim, dan jangka waktu klaim yang kelak akan ditunaikan.

Perlu diingat, pada beberapa perusahaan asuransi, kita bisa memilih layanan perlindungan tertentu di luar layanan standar yang diberikan. Meski harus membayar premi tambahan, tapi adanya sistem tersebut dapat melengkapi pelayanan kesehatan yang dibutuhkan.

Cari dan kumpulkan informasi yang akurat mengenai kinerja dan layanan perusahaan asuransi. Pastikan untuk memilih layanan perusahaan terbaik dan memiliki reputasi serta kredibilitas yang tinggi di masyarakat.

PELAJARI DAN BACA POLIS DENGAN BAIK

Asuransi Kesehatan Berkualitas

Pelajari definisi pertanggungan yang dimaksud di dalam polis asuransi.

Salah satu bagian terpenting dari polis yang harus dipahami betul adalah jenis pertanggungan asuransi yang akan dibeli. Jika kita membeli asuransi kesehatan maka kita wajib mengetahui apa saja jenis penyakit yang ditanggung oleh prosuk asuransi tersebut. Pastikan tercantum di dalam polis.

Kita juga sebaiknya sudah mengetahui apa saja jenis pertanggungan yang diberikan oleh pihak asuransi. Pelajari definisi pertanggungan yang dimaksud di dalam polis asuransi. Sebagai contoh, untuk ptoduk asuransi kesehatan tertera jenis pertanggungan adalah untuk risiko penyakit kanker.

Setelah mengetahui jenis pertanggungannya, perjelas lagi seperti apa yang didapatkan untuk risiko sakit kanker? Apakah asuransi akan menanggung untuk sakit kanker di stadium awal? Atau hanya menanggung di stadium akhir?

JANGAN RAGU UNTUK BERTANYA

Asuransi Kesehatan Berkualitas

Berani ajukan pertanyaan mengenai isi polis yang hendak digunakan demi menghindari masalah atau kerugian.

Pada dasarnya, perusahaan asuransi menerapkan sistem cashless (menggunakan kartu peserta) atau reimbursement dalam layanan mereka. Kedua hal ini akan sangat berbeda dan patut menjadi pertimbangan. Dalam sistem cashless, akan ditemukan kemudahan berupa kartu keanggotaan yang dapat ditunjukkan saat pendaftaran di rumah sakit. Sementara itu, sistem reimbursement mewajibkan kita melakukan deposit pada saat melakukan pendaftaran rawat inap dan bahkan wajib melunasi seluruh biaya pengobatan yang timbul di rumah sakit. Kemudian, barulah setelah mendapatkan perawatan, semua biaya bisa diklaim ke pihak asuransi dengan menyertai kwitansi pembayaran tersebut.

Karena perbedaan sistem di atas, kita sebagai pengguna jasa asuransi kesehatan wajib untuk kritis dan berani bertanya pada pihak-pihak terkait.

Asuransi kesehatan merupakan sebuah produk yang memiliki beragam ketentuan dan aturan yang cukup kompleks, oleh karena itu kita perlu memahami dan mengerti dengan jelas mengenai isi polis yang hendak digunakan demi menghindari masalah atau kerugian.

Rekan Bijak perlu dana tambahan untuk melakukan pembayaran polis asuransi? Ajukan pinjamanmu segera di Danabijak! Kumpulkan poinnya dan raih banyak fasilitas menguntungkan lainnya 😊

pinjaman uang online cepat cair

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: