4 Cara Cerdas Mencari Modal Bayar Kuliah Sendiri

Biaya pendidikan perguruan tinggi memang semakin mahal, tidak heran jika masih banyak anak-anak yang tidak mampu mengenyam pendidikan hingga ke jenjang Universitas. Maka dari itu Danabijak akan membantu memberika tips untuk para anak muda agar bisa mencari modal kuliah dengan baik.

4 Cara Cerdas Mencari Modal Bayar Kuliah Sendiri

4 Cara Cerdas Mencari Modal Bayar Kuliah Sendiri

Pendidikan adalah salah satu modal yang sangat vital bagi kehidupan manusia selain peranan orang tua. Pendidikan merupakan hal yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan manusia untuk membuat kita lebih berpengetahuan dan berberbudi pekerti. Selama manusia hidup, pendidikan pasti dibutuhkan. Namun, sayangnya dalam kehidupan nyata tidak semua anggota masyarakat yang menyadari urgensi pendidikan, terutama keluarga yang memiliki masalah finansial. Beberapa keluarga mungkin hanya mampu menyekolahkan anaknya hingga bangku SMA, dikarenakan biaya perguruan tinggi yang sangat mahal. Namun jangan berkecil hati, kita masih bisa berjuang sendiri untuk membiayai kuliah kita sendiri.  Kita bisa mencari pekerjaan yang pas untuk modal kuliah kita dengan cara yang cerdas, berikut contohnya.

 

Mencari Beasiswa

Modal Kuliah

www.enidbuzz.com

Untuk kita yang pernah menjadi siswa prestasi bisa mengandalkan otak encer kita untuk mendapatkan beasiswa perguruan tinggi, kita bisa mencari program pemerintah yang memberikan kesempatan kita beasiswa, contohnya Bidikmisi, LPDP atau Beasiswa untuk Masyarakat Berprestasi atau Beasiswa Afirmasi Pendidikan Tinggi Islam (ADIKTIS). Selain besiswa dari pemerintah kita juga bisa mendaftarkan diri pada beasiswa yang diadakan oleh perguruan tinggi negeri itu sendiri.

Biasanya ada dua jenis beasiswa yang diberikan, yaitu beasiswa penuh atau beasiswa partial (setengah). Beasiswa penih memberikan kita keringanan yang cukup melegakan, karena beasiswa penuh akan membiayai kita kuliah hingga kita lulus kuliah. Lain dengan beasiswa partial, beasiswa ini hanya akan membantu membiayai kita hingga semester tertentu, dan di semester selanjutnya kita harus membiayai diri kita sendiri, walapun hanya setengah keadaan ini juga sangat membantu, karena diawal kulia kita bisa bekerja dan mengumpulkan uang untuk bayar uang kuliah di semester selanjutnya.

 

Part-time (Bekerja Paruh Waktu)

Modal Kuliah

www.pinterest.com

Pada saat kuliah semester awal kita tidak akan terlalu disibukan oleh jadwal kuliah. Waktu luang itu bisa kita manfaatkan untuk mengambil pekerjaan paruh waktu. Untuk kita yang tidak memiliki beasiswa sama sekali, kita bisa melamar pekerjaan paruh waktu jauh-jauh hari sebelum masuk kuliah semester pertama. Misalnya setelah beberapa minggu lulus SMA kita bisa melamar pekerjaan paruh waktu yang sesuai dengan talenta kita. Contoh pekerjaan paruh waktu yang bisa kita jalanani adalah; menjadi barista di kedai kopi, menjadi freelance writer/ photography ataupun bekerja di perusahaan yang menawarkan pekerjaan untuk seorang freelancer.

Selain bekerja paruh waktu di luar, kita juga bisa mencari peluang pekerja paruh waktu di kampus kita sendiri, selain menghemat ongkos dan waktu, kita bisa ikut mengenal universtas kita lebih luas dalam hal akademik. Misalnya menjadi librarian di perpustakaan kampus, asisten dosen atau karyawan di bagian student care development. Jika dikumpulkan gaji kita bekerja bisa untuk modal kuliah dan membayar uang semester.

 

Berdagang Kebutuhan Anak Kampus

Modal Kuliah

www.t3.com/news

Untuk kita yang sudah memiliki bakat dan kesenangan berdangan, kita bisa berwirausaha kecil-kecilan dengan menjual berbagai macam kebutuhan mahasiswa. Kebutuhan pangan akan selalu menjadi yang utama, tidak salahnya kita mencoba berjualan kanan seperti aneka kue atau gorengan, minuman kemasan bahkan makanan berat sekalipun, seperti paket nasi dan lauk. Tawarkan ke teman-teman kita, pasti selalu ada yang membeli.

Selain makanan kita juga bisa menjual buku-buku mata kuliah yang diperlukan mahasiswa dari berbagai jurusan, hal ini lumayan menguntungkan jika kita sudah mendapatkan banyak pembeli dan langganan. Membuka online shop juga sangat menguntungkan, kita bisa menjual berbagai produk pendukung mahasiswa seperti stationary atau skincare. Produk seperti ini sedang populer dan menjadi kebutuhan juga bagi mahasiswa, dan yang pasti cukup menambah pemasukan untuk modal kuliah kita.

 

Student Loan (Kredit Pendidikan)

Modal Kuliah

www.investopedia.com

Kabar baik untuk kita para calon mahasiswa, baru-baru ini Presiden Joko Widodo meminta pihak perbankan untuk mengeluarkan student loan.  Hal ini bersifat pinjaman, jadi kita bisa berkuliah dahulu dan akan ditanggung biayanya oleh uang negara atau dari bank, dan akan kita bayar ketika kita sudah lulus dan bekerja. Hal ini sangat membatu bagi kita yang membutuhkan. Kita juga bisa melakukan kegiatan-kegiatan diatas walaupun kita sudah mendapatkan student loan, selain untuk uang yang kita hasilkan dapat membatu kehidupan sehari-hari, kita juga bisa kumpulkan untuk membayar student loan kita dimasa mendatang.

Untuk kita yang tidak memiliki biaya untuk modal kuliah yang cukup, jangan berkecil hati. Kita bisa tetap melanjutkan pendidikan kita hingga selesai perguruan tinggi dengan cara diatas. Jika kita sudah melakukannya, pastikan kita tetap fokus untuk menyelesaikan kuliah kita, jangan sampai ketika kita sudah mahir menghasilkan uang kita malah meninggalkan pendidikan kita. Jangan lupa juga untuk menjaga kesehatan agar tidak kelelehan menjalankan aktivitas yang menguras tenaga dan pikiran. Tetap semangat ya Rekan Bijak!

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: