4 Cara Mengatasi Mobil Mogok di Tengah Jalan

Memiliki skill mekanik tentang mobil memang cukup dibutuhkan bagi kita yang memiliki mobil sendiri. Hal ini akan sangat membatu jika mobil kita mogok di tengah jalan. Danabijak akan berbagi tips dasar bagaimana cara menangani mobil kita yang mogok di tengah jalan.

4 Cara Mengatasi Mobil Mogok di Tengah Jalan

4 Cara Mengatasi Mobil Mogok di Tengah Jalan

Mobil mogok di tengah jalan memang sangat menyebalkan, apalagi jika kita sedang terburu-buru untuk suatu pekerjaan. Keadaan bisa semakin menjengkelkan jika tidak ada bengkel mobil di dekat daerah tersebut. Apa jadinya jika mobil mogok di area yang jauh dari bengkel atau orang sekitar yang bisa menolong? Kali ini Danabijak akan memrikan kita panduan untuk mengatasi mobil mogok di tengah perjalanan, simak selengkapnya dibawah ini.

Selamatkan Diri Terlebih Dahulu

mobil mogok

inc-asean.com

Jika mobil kita mogok di tengah jalan segeralah amankan diri kita terlebih dahulu, keluarlah segera dari mobil kita. Tetaplah tenang dan jangan panik karena sikap ketenangan akan membuat kita berpikir rasional dalam mencari solusi.  Pastikan menyentuh mesin saat kondisinya dingin. Jangan melakukan pengecekan mesin saat kondisinya masih panas karena akan membahayakan keselamatan kita.

 

Memastikan Bahan Bakar Mobil Sudah Terisi Penuh

mobil mogok

www.colourbox.com

Bahan bakar yang nyaris habis atau bahkan habis sama sekali juga dapat menyebabkan mobil mogok. Solusinya adalah dengan mengisi bahan bakar mobil kita di pom bensin terdekat. Jika kita merasa mobil berjalan dengan tersendat-sendat padahal gas sudah diinjak dengan kecepatan yang konstan, maka kita patut waspada bahwa bahan bakar mobil akan segera habis. Ini juga merupakan pertanda bahan bakar mobil yang tidak tersalurkan dengan baik.

Endapan bahan bakar juga bisa menjadi penyebab mobil tidak bisa dinyalakan. Jika terjadi tumpukan endapan bahan bakar pada penyaring bahan bakar atau fuel filter, maka kemungkinan jalan bahan bakar akan terhambat dan tidak bisa mencapai tempat pembakaran. Solusinya adalah dengan mendiamkan mobil kita selama 20 menit, untuk menghilangkan endapan yang menyumbat penyaring bahan bakar. Namun jika penyaring masih juga tertutup oleh endapan yang tebal, solusi satu-satunya adalah dengan mengganti penyaring yang lama dengan yang baru.

 

Periksalah Starter dan Baterai 

mobil mogok

blog.belionderdil.co.id

Masalah yang sering terjadi ketika mobil mogok dan tidak mau menyala adalah karena baterai yang mati. Ketika menyalakan mesin starter, cobalah untuk mendengarkan suara mesinnya. Jika suara mesin sama sekali tidak terdengar, maka kemungkinan besar penyebabnya adalah karena baterai yang mati. Jika suara yang didengar adalah suara “klik”, penyebabnya mungkin karena starter tidak memiliki cukup tenaga untuk menyala.

Usaha yang dapat dilakukan untuk mengatasi baterai yang mati adalah dengan memeriksa sambungan baterai atau battery terminal. Caranya dengan membuka kap mobil dan memeriksa sambungan baterai dengan mesin. Ada dua sambungan yaitu positif dan negatif. Agar keduanya dapat menghantarkan listrik dengan baik, maka logam yang ada pada kedua sambungan tersebut harus bersih dari debu maupun karat. Bersikanlah dengan sikat gigi agar dapat membantu menghilangkan debu dan karat yang menempel.

Memeriksa Sistem Pembakaran

mobil mogok

www.thecarconnection.com

Mengetahui ada atau tidaknya kenapa mobil mogok, kita bisa memeriksa apakah ada masalah pada sistem pembakaran dapat membantu dalam mengetahui penyebab mobil meenjadi mogok. Caranya adalah dengan memeriksa dan mengamati busi mobil yang mogok. Jika warnanya abu-abu, maka tidak ada masalah dengan busi mobil. Jika hitam, berarti bahan bakar yang masuk ke dalam mesin terlalu banyak. Jika busi terbakar atau bahkan meleleh, menandakan mesin mengalami kelebihan panas atau overheat.

Cara yang dapat dilakukan untuk mengatasinya adalah dengan mengganti busi yang terbakar atau meleleh tadi dengan yang baru. Pemeriksaan terhadap kabel busi juga perlu dilakukan. Hal ini untuk memastikan kalau kabel busi dapat mengalirkan listrik dengan baik.

Jika kita sudah memiliki mobil sebagai kendaraan pribadi kita, tidak ada saahanya kita mempelajari tentang mekanisme mobil sebagai bekal pengetahuan kita jikalau saat-saat mobil mogok terjadi, dan tidak ada yang bisa menolong kita dalam waktu cepat. Setidaknya kita mengerti dasar-dasar untuk mengecek dan membetulkan kendaraan kita. Belilah buku panduan yang bisa dipakai untuk pengendara yang kurang berpengalaman. Jangan memakai buku manual untuk yang ahli dalam melakukan perbaikan karena banyak bahasa dan istilah yang mungkin tidak akan mudah kita mengerti. Bawalah buku itu ke manapun pergi.

Kita juga bisa mencari informasi bengkel terdekat di internet, dan segeralah hubungi bengkel tersebut agar dapat segera membetulkan mobil kita kembali.

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: