4 Cara Mudah Dapat Penghasilan Tambahan Lewat Media Sosial

Media sosial kini menjelma bukan hanya sebagai media komunikasi antar sesama pengguna, tapi juga kian dipergunakan sebagai lahan mendapatkan pendapatan tambahan. Simak 4 cara mudah untuk mendapatkan uang tambahan di media sosial dalam artikel berikut!

4 Cara Mudah Dapat Penghasilan Tambahan Lewat Media Sosial

4 Cara Mudah Dapat Penghasilan Tambahan Lewat Media Sosial

Internet kian berkembang secara pesat. Terbukti data Kominfo yang menjelaskan tentang pengguna internet di Indonesia yang saat ini sudah mencapai 63 juta orang. Sebanyak 95% dari total pengguna ternyata sering menggunakan internet untuk mengakses media sosial.

Sejak tren online shop semakin menjamur di Indonesia, pengguna media sosial pun tidak hanya menggunakan media sosial untuk sekadar update status atau bersosialisasi dengan pengguna lainnya. Tapi, mereka juga menggunakan media sosial untuk mencari atau membeli barang keperluan secara online. 

Fenomena inilah yang akhirnya mengangkat tren mencari penghasilan tambahan di media sosial. Berikut beberapa cara untuk mendapatkan pendapatan tambahan melalui internet :

MENJADI BLOGER, YOUTUBER, DAN INSTASELEB

Blogging merupakan salah satu cara termudah untuk mencari uang di internet meskipun bukan cara yang tercepat. Menjadi blogger membutuhkan kesabaran dan waktu yang cukup lama untuk mendapatkan penghasilannya. Syarat agar blog dapat menghasilkan banyak uang adalah jumlah traffic (visitor) ke blog tersebut.

media sosial

Blogging merupakan salah satu cara termudah untuk mencari uang di internet.

Banyak cara yang dapat dilakukan untuk mendatangkan traffic ke sebuah blog, tapi pada dasarnya traffic dapat didatangkan dengan 2 cara, yaitu traffic berbayar dan organik alias gratis. Traffic berbayar maksudnya adalah traffic yang didapat dengan cara memasang iklan (advertisement), misalnya Google Adwords, Facebook Ads, Instagram Ads, Blog Ads, dan lain-lain. Sementara itu, traffic organik adalah traffic yang didapat secara alami, misalnya membagikan artikel yang bermanfaat ke media sosial kemudian pengguna media sosial mengunjungi blog atau melalui mesin pencari, seperti Google dan Yahoo!

Biasanya, dibutuhkan paling lama 6-12 bulan untuk sebuah blog atau website mulai memperlihatkan peningkatan visitor dengan asumsi ada 2-3 artikel baru setiap minggunya.

MENJADI FREELANCER

Freelancer atau pekerja lepas menjadi salah satu cara terpopuler di kalangan pekerja online karena hasilnya dapat dirasakan saat itu juga dan bayarannya pun lumayan menggiurkan. Ada banyak website tempat berkumpulnya para freelancer dan employer, mulai dari situs lokal maupun internasional.

media sosial

Freelancer menjadi salah satu cara terpopuler di kalangan pekerja online karena bayarannya lumayan menggiurkan.

Hasil yang didapat pun terbilang menggiurkan. Jika upah untuk seorang designer di Odesk berkisar Rp400.000 sampai Rp700.000 per jam maka kalau dirata-ratakan gaji web designer di Jakarta menjadi Rp8.000.000 per bulan. Dengan begitu artinya seorang web designer hanya perlu kerja selama 20 jam (30 hari) untuk mendapatkan gaji sebulan seperti karyawan biasa.

Meskipun menggiurkan, mendapatkan pekerjaan di situs freelancer bukanlah perkara mudah. Sebab, kita harus bersaing dengan orang lain dari belahan negara lain, seperti India, Bangladesh, Philipina yang lebih mau dibayar murah. Selain itu, modal utama, seperti Bahasa Inggris diperlukan sebagai seorang pekerja lepas.

MENJADI FOTOGRAFER

Menjadi fotografer dan menghasilkan sebuah foto bisa mendatangkan pendapatan juga. Dengan teknik fotografi dan editing yang cukup, kita sudah bisa mendapatkan sebuah foto yang laku dijual.

Dengan teknik fotografi dan editing yang cukup, kita sudah bisa mendapatkan sebuah foto yang laku dijual.

Tentunya modal yang kita keluarkan juga gratis. Sebut saja Shutterstock misalnya, setiap foto yang diunduh akan mendapatkan royalti antara Rp3.000 hingga Rp350.000. Pemilik foto akan terus mendapatkan bayaran selama foto yang ia punya terus dipakai orang lain. Dengan kata lain, kita bisa punya passive income.

AFILIASI

Affiliate atau afiliasi adalah pertalian atau perhubungan sebagai anggota atau cabang. Beberapa program afiliasi bisa kamu lakukan tanpa harus punya media online sendiri (blog dan website), seperti halnya program afiliasi dari Exabytes, tapi program afiliasi, seperti amazon kita butuh media, di antaranya blog, website, atau media sosial agar orang dapat meng-klik link atau banner. Lewat link tersebutlah, Amazon dapat melacak jumlah orang yang kita rekomendasikan.

media sosial

Beberapa program afiliasi bisa kamu lakukan tanpa harus punya media online sendiri (blog dan website).

Metode penjualan afiliasi bermacam-macam, seperti berdasarkan jumlah penjualan, jumlah link klik, dan jumlah kontak (informasi pribadi) terkumpul.

Butuh dana tambahan untuk memulai berbisnis di media sosial? Ajukan saja pinjaman di Danabijak!

pinjaman uang online cepat cair

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: