4 Jenis Investasi Ini Menguntungkan Bagi Freelancer

Siapa bilang freelancer tidak bisa berinvestasi? Empat instrumen ini bisa jadi pilihan investasi yang menguntungkan loh, buat Rekan Bijak yang bekerja sebagai freelancer.

4 Jenis Investasi Ini Menguntungkan Bagi Freelancer

Jenis Investasi Menguntungkan Bagi Freelancer

Profesi sebagai pekerja lepas atau freelancer kini makin marak di kota besar seperti Jakarta. Banyak orang memilih profesi tersebut karna dianggap menyenangkan dan jauh dari kata bosan. Sebagai seorang freelancer, Rekan Bijak memiliki kebebasan dalam mengerjakan pekerjaan. Tempat dan waktu bisa disesuaikan dengan keinginan pribadi, tidak perlu jalan pagi-pagi ke kantor, bahkan berdesakan di angkutan umum. Tapi, dibalik semua kefleksibelan itu, ada yang perlu diperhatikan terkait gaji, keuangan, dan investasi.

Pendapatan atau gaji yang diberikan kepada seorang freelancer sifatnya bebas. Artinya, gaji yang diterima setiap bulannya tidak sama, bahkan terkadang tidak ada gaji sama sekali dalam sebulan. Keadaan seperti inilah yang mengharuskan Rekan Bijak waspada dalam menghadapi risiko yang akan datang. Untuk menghindari kemungkinan terburuk, Rekan Bijak perlu merencanakan keuangan dengan cerdas dan mulai berinvestasi.

Berikut ini jenis investasi menguntungkan yang perlu dipilih untuk Rekan Bijak yang berprofesi sebagai freelancer:

EMAS atau LOGAM MULIA

Freelancer

Investasi emas dirasa paling aman dan nilainya akan bertahan meskipun adanya inflasi.

Investasi emas atau logam mulia dirasa paling aman dan cenderung nilainya akan bertahan meskipun adanya inflasi bahkan dapat terus menerus naik. Produk investasi ini juga bersifat liquid sehingga mudah diperjualbelikan. Jika Rekan Bijak membutuhkan biaya mendadak, menjual emas atau logam mulia bisa lebih cepat daripada pencairan reksadana atau deposito. Kemudahan lainnya yang kini ditawarkan adalah penjualan emas secara online. Kian menjamurnya online shop yang menyediakan emas membuat Rekan Bijak dapat membelinya dengan sangat mudah. Rekan Bijak tidak perlu repot pergi ke toko emas dan perubahan harganya bisa dicek setiap hari.

Jenis investasi emas atau logam mulia sangat disarankan untuk Rekan Bijak yang tidak terlalu terburu-buru memiliki sebuah modal.

DOLAR

Freelancer

Beli dolar saat harga turun dan menjualnya kembali saat harganya naik.

Menyimpan dolar bagi sebagian kalangan masih dianggap tabu dan aneh. Emang bisa yaa dolar jadi salah satu pilihan instrumen investasi? Jawabannya tentu saja bisa! Karena harganya yang fluktuatif dan kecenderungan nilai mata uang rupiah yang tak menentu. Mekanisme investasinya, sebenarnya, agak mirip dengan investasi emas, yakni Rekan Bijak wajib membeli dolar saat harga turun dan menjualnya kembali saat harganya naik.

Cara lain yang bisa dilakukan untuk berinvestasi dolar adalah dengan mendepositokannya. Tapi, cara ini jarang dipilih karena keuntungan yang diperoleh terbilang sangat kecil. Nilai jual dolar juga akan cenderung jatuh jika terkena basah, lecek, sobek, atau berjamur.

PROPERTI

Freelancer

Harga properti akan terus menerus naik, tapi jarang sekali turun.

Investasi yang satu ini tidak hanya menjadi idola para freelancer, tapi juga untuk para investor. Hal ini dikarenakan harga properti yang terus menerus naik, tapi jarang sekali turun. Meski demikian, investor pemula jarang memilihnya, mengingat modal yang dibutuhkan di awal cukup besar. Kelemahan lain dari investasi properti adalah sulitnya menjual properti tersebut jika sewaktu-waktu Rekan Bijak memerlukan dana untuk keperluan mendadak. Menjual rumah tentunya jauh lebih susah daripada menjual emas atau reksadana.

SAHAM

Bermain saham pada dasarnya hanya memperjualbelikan lembar saham yang harganya berubah-ubah sesuai dengan kondisi pasar dan perusahaan tersebut. Untuk memulai investasi saham, tidak terlalu membutuhkan uang yang banyak. Rekan Bijak dapat memulainya dengan modal sedikit dan dengan permainan jual beli harian.

Tiga langkah ini disarankan bagi para freelancer dalam bermain saham :

  1. Main demo account sambil menyiapkan modal.
  2. Memilih broker yang sesuai dengan kebutuhan.
  3. Mencari modal minimal 10 juta rupiah.

Kesimpulannya, jangan pernah takut memulai investasi walaupun bekerja freelance. Lebih baik coba untuk meminimalisasi risiko dari berinvestasi itu sendiri daripada tidak berinvestasi sama sekali. Status freelancer bukan berarti penghasilannya lebih sedikit hingga takut berinvestasi. Dengan pengaturan alokasi keuangan yang baik, freelancer pun tetap bisa berinvestasi layaknya karyawan tetap.

Rekan Bijak butuh dana tambahan agar bisa segera memulai investasi yang diinginkan? Ajukan segera dana tambahanmu ke Danabijak! Prosesnya cepat, terpercaya, dan memberikan banyak keuntungan lainnya.

pinjaman uang online cepat cair

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: