Memahami 4 Jenis Investasi Syariah yang ada di Indonesia

4 Jenis Investasi Syariah. Artikel ini akan memberikan kita informasi tentang macam-macam jenis Investasi Syariah.

Memahami 4 Jenis Investasi Syariah yang ada di Indonesia

Memahami 4 Jenis Investasi Syariah yang ada di Indonesia

Ada berbagai jenis investasi, salah satunya adalah investasi syariah. Sesuai dengan namanya, investasi syariah menggunakan dasar Al-Quran dan Hadist dalam pembuatan keputusan serta aturan. Dalam penanaman modal berdasarkan syariah, investornya tetap memiliki risiko kerugian sama dengan investasi jenis lainnya.Tetapi karena berbasis syariah, risikonya lebih minim dan para investor yang beragama Islam akan cenderung lebih nyaman untuk menggunakan sistem tersebut. Jika investasi pada umumnya menggunakan keuntungan berbentuk bunga bank, namun pada sistem produk investasi syariah memiliki keuntungan dalam bentuk sistem bagi hasil (nisbah). Sistem keuntungan yang dimiliki inilah yang akan memberikan kesan adil bagi investor serta nasabah bank. Mari kita simak penjelasan tentang 4 Jenis Investasi Syariah.

Asuransi Syariah

Investasi Syariah

Sumber : creatinglinks.org.au

Rekan Bijak bisa memilih berinvestasi dalam bentuk asuransi karena lebih banyak menjamin untuk diri sendiri dan aset, asuransi bisa diklaim kapan saja meskipun belum lama karena beberapa hal misalnya kecelakaan atau meninggal dunia. Sistem asuransi syariah sedikit berbeda dengan asuransi konvensional. Perbedaan jenis asuransi syariah dengan asuransi pada umumnya adalah pada sumber serta alokasi premi yang menjadi beban bagi setiap nasabah kepada pihak perusahaan asuransi. Jika pada asuransi konvensional beban premi yang dibayarkan nasabah akan menjadi miliki pihak perusahaan. Jika sewaktu-waktu akan di klaim maka akan dapat diambil dari pihak perusahaan. Hal ini berbeda pada asuransi syariah, beban premi yang dibayarkan nasabah akan dikumpulkan dan kemudian dialokasikan oleh pihak bank ke dalam bentuk tabungan baru. Rekening ini juga dapat digunakan sewaktu-waktu jika nasabah mengalami musibah dalam bentuk pembayaran klaim. Asuransi syariah ini memang termasuk ke dalam jenis investasi. dikarenakan pada akhir periode nantinya akan dibagi keuntungan dari dana premi nasabah yang dikelola oleh pihak bank.

Saham Syariah

investasi syariah

Sumber : ekbis.sindonews.com

Yang perlu diketahui adalah jual beli saham bukanlah sebuah perjudian. Karena itulah jual beli saham dapat diatur dengan menggunakan sistem syariah. Setiap perusahaan memiliki bukti kepemilikan modal yang dibuat dalam lembaran. Lembaran inilah yang selanjutnya disebut saham. Seperti halnya trader lain, trader saham syariah bisa memilih berbagai jenis perusahaan yang menurutnya bisa melonjakkan harga di masa mendatang. Namun, karena diatur berdasarkan syariat agama maka perusahaan tersebut tidak bisa sembarangan menjual pada sang trader. Harga saham sangat berkaitan dengan laporan keuangan suatu perusahaan. Yang bisa menjual sahamnya untuk trader syariah adalah perusahaan yang tidak menjual produk atau jasa dengan label haram sesuai fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Obligasi Syariah

investasi syariah

Sumber : kseicies.blogspot.com

Dalam penerapan sistem obligasi syariah, surat-surat atau dokumen tertentu dalam bentuk sertifikat aset yang dicetak oleh emiten akan menjadi benda yang dijual. Namun, sistem syariah yang diterapkan di sini adalah aset tersebut tidak boleh digunakan untuk hal-hal yang melanggar syariat. Sistem jual belinya pun harus sesuai hukum syariat yang berlaku.

Reksa Dana Syariah

investasi syariah

Sumber : www.investopedia.com

Reksa dana syariah adalah mendapat pengawasan langsung dari Dewan Pengawas Syariah MUI. Jenis investasi yang mulai banyak diminati sejak beberapa tahun lalu ini menggunakan cara pengumpulan modal dari masyarakat untuk selanjutnya dikembangkan. Investasi yang dilakukan dalam sistem reksa dana syariah adalah portofolio. Uang yang sudah ditanamkan tidak akan lari ke tempat-tempat perjudian, penjual minuman keras, dan oknum lain yang menjalankan bisnis secara haram menurut hukum syariah. Untuk penanaman modal sendiri bisa dimulai dari nominal Rp100.000.

Keuntungan Investasi Syariah

Selain kita bisa menjalanakan usaha sesuai syariat Islam,  Ada pula beberapa keuntungan dari menjalankan investasi secara syariah, diantaranya:

  • Terbebas dari menanam modal pada produk atau jasa haram. Karena diawasi oleh MUI, maka hal ini akan lebih melegakan bagi para investor yang beragama Islam.
  • Seluruh sistemnya berdasarkan Al-Quran dan Hadist. Jadi, para penanam modal tidak perlu khawatir dengan kehalalannya.
  • Keuntungan lain yang dapat diperoleh seorang investor syariah adalah terbebas dari riba. Riba adalah praktik membungakan uang atau jual beli uang.Misalnya kita memiliki utang dengan jumlah tertentu, namun saat membayar kita dibebankan bunga sekian persen. Tanpa akad yang jelas maka akan muncul praktik riba dalam hal ini.

Oleh karena itu, dengan menghindarkan diri dari praktik riba maka para investor memilih jenis usaha investasi syariah dan akan merasa lebih tenang dengan kebarokahan uangnya.

pinjaman uang online cepat cair

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: