Kopi Indonesia? Ini 4 Keunikan dari Kopi Khas Indonesia

Kopi merupakan salah satu minuman yang banyak disukai oleh manusia. Ada berbagai macam kopi di dunia dan dari masing-masing kopi memiliki penggemarnya tersendiri. Beberapa tahun belakang ini, Kopi Indonesia menjadi perbincangan orang-orang di dunia, terutama orang yang sangat menyukai Kopi.

Kopi Indonesia? Ini 4 Keunikan dari Kopi Khas Indonesia

Kopi Indonesia? Ini 5 Keunikan dari Kopi Khas Indonesia

Ada banyak minuman yang ada di dunia, termasuk di Indonesia, dan salah satu minuman yang hampir diminum dan dinikmati oleh hampir kebanyakan orang dan dari berbagai umur. Dari sekian banyak kopi di dunia, Kopi Indonesia memiliki ciri khas yang diakui oleh dunia. Kopi adalah minuman yang cocok diminum diberbagai keadaan, waktu bahkan tempat.

Setiap orang memiliki cara yang unik untuk meminum Kopi, serta bagi beberapa orang yang sangat menyukai Kopi, akan terus mencoba Kopi yang ada di dunia. Setiap Kopi yang ada di dunia, memiliki keunikan tersendiri, dan termasuk juga Kopi Khas Indonesia. Lalu, apa saja keunikan dari Kopi Khas Indonesia ya?

Jenis Kopi

Kopi Indonesia

Sumber : wzcmumbai.com

Hal yang paling unik dari Kopi Khas Indonesia yaitu jenis kopi yang sangat beragam, hampir setiap daerah di Indonesia mempunyai kopi yang menjadi ciri khas. Ciri khas kopi dari berbagai daerah di Indonesia, karena, setiap pohon kopi ditanam di lahan, cuaca dan penanganan yang berbeda, semua tergantung dari penanam kopi di daerah-daerah yang ada di Indonesia.

Dari sekian banyak kopi yang menjadi ciri khas Indonesia, terdapat beberapa jenis kopi Indonesia yang sudah mendunia, yaitu, Kopi Arabika Gayo dari Sumatra, Kopi Arabika Kintamani dari Bali, Kopi Arabika dari Toraja, Kopi Arabika dari Java Ijen Raung, Kopi Wamena dari Papua, Kopi Liberika dari Riau, Kopi Arabika dari Flores Bajawa, dan Kopi Robusta dari Temanggung. Jika Rekan Bijak ingin membeli kopi-kopi khas Indonesia, Rejan Bijak dapat membeli berbagai produk dari kopi khas Indonesia di berbagai platform online atau tempat-tempat kopi yang tersebar di berbagai Indonesia.

Baca Juga: 7 Jenis Kopi Daerah yang Paling Nikmat di Indonesia

Kaya akan Citarasa

Kopi Indonesia

Sumber : ngopibareng.id

Selain masakan Indonesia yang memiliki beragam citarasa, Kopi Khas Indonesia ternyata memiliki beragam citarasa karena ada kopi khas Indonesia memiliki ciri khas dari berbagai daerah yang ada di Indonesia. Umumnya, Rekan Bijak merasakann pahit saat meminum secangkir kopi, namun, jika Rekan Bijak meminum berbagai kopi daerah di Indonesia, Rekan Bijak tidak hanya merasakan pahitnya kopi.

Rasa yang dapat Rekan Bijak rasakan dari berbagai jenis kopi khas Indonesia yaitu rasa earthy seperti rasa rempah-rempah, rasa yang kental akan rasa tembakau, rasa fruity yang manis, rasa buah-buah yang cenderung asam dan segar, citarasa yang ringat tetapi memiliki aroma yang kuat, dan berbagai citarasa yang dapat Rekan Bijak rasakan sendiri.

Baca Juga: Rekomendasi Kedai Kopi Enak dan Murah di Pulau Jawa

Cara Membuat

Kopi Indonesia

Sumber : rappler.com

Cara membuat kopi biasanya dengan cara menyeduhnya dengan menggunakan krema atau alat penyeduh kopi yang sudah canggih. Hal yang membuat unik dari kopi khas Indonesia yaitu bagaimana cara membuat secangkir kopi di Indonesia. Menyeduh dengan menggunakan krema atau alat penyeduh kopi adalah hal biasa yang dilakukan orang ketika ingin membuat secangkir kopi, tapi, di Indonesia selain menyeduh dengan menggunakan krema atau alat penyeduh kopi, ada kopi khas Indonesia yang dibuat dengan menggunakan arang dan juga ada kopi yang dikemas seperti teh seduh yang akan membuat Rekan Bijak menjadi lebih gampang untuk membuat secangkir kopi dan hal itu tentu akan membuat Rekan Bijak bingung, sebenarnya Rekan Bijak sedang menyeduh teh atau kopi.

Baca Juga: Hati-hati ini Dampak dari Gula yang Terkandung dalam Kopi Sachet

Harga

Kopi Indonesia

Sumber : Riaurealita.com

Hal unik dari kopi khas Indonesia yaitu dari segi harga, dimana harga kopi Indonesia lebih terjangkau dibandingkan dengan kopi-kopi lain dari luar negara Indonesia, walaupun ada kopi lain selain kopi Indonesia yang memiliki harga yang murah tetapi tidak dapat dipungkiri bahwa kopi Indonesia biasanya lebih terjangkau oleh Rekan Bijak. Untuk mendapatkan harga kopi yang terjangkau, Rekan Bijak dapat membeli dari petani atau penjualnya langsung, daripada Rekan Bijak membeli kopi yang ada di coffee shop. Jika Rekan Bijak malas membuat secangkir kopi tetapi tidak ingin mengeluarkan biaya yang mahal, Rekan Bijak dapat datang ke warung kopi (warkop), dan hal ini belum tentu ada di negara lain, maka dari itu, harga merupakan salah satu hal unik dari kopi khas dari Indonesia.

Baca Juga: 6 Kegiatan yang Dapat Dilakukan di Kedai Kopi Selain Minum Kopi

Nah, Rekan Bijak, sudah tahu kan keunikan-keunikan apa saja dari Kopi Indonesia? Jika belum, dapat dibaca lagi artitikel diatas ya!

Kopi Indonesia

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: