Ketahui 4 Macam Karakter Kepribadian yang Ada Pada Manusia!

Di dalam sebuah kehidupan yang ada di Bumi, manusia merupakan salah satu makhluk hidup yang memiliki populasi paling banyak jika dibandingkan dengan makhluk hidup yang lain. Dari sekian banyak manusia yang hidup di Bumi, terdapat beberapa kepribadianatau karakter yang dapat dilihat secara psikologi.

Ketahui 4 Macam Karakter Kepribadian yang Ada Pada Manusia!

Ketahui 4 Macam Karakter Kepribadian yang Ada Pada Manusia!

Dalam kehidupan yang ada di muka Bumi, manusia merupakan makhluk hidup yang paling mendominasi. Walaupun populasi manusia banyak, nyatanya kepribadian pada manusia bisa dikategorikan dalam beberapa hal. Ada beberapa kepribadian yang telah diteliti oleh orang-orang yang ahli di bidang psikologi, diantaranya ada empat kepribadian yang dapat ditarik kesimpulan yaitu saingunis, plegmatis, melankolis, dan koleris.

Setiap karakter yang telah diteliti oleh orang yang ahli di bidang psikologi, memiliki ciri khas, kelebihan, serta kekurangan masing-masing. Lalu, penjelasan apa saja yang ada pada diri manusia ya?

Sanguinis

Kepribadian

Sumber : trenzing.id

Sanguinis dikenal sebagai tipe kepribadian dalam diri seseorang yang senang menjadi pusat perhatian, memiliki kepercayaan diri yang tinggi. Sanguini merupakan tipe karakter pada diri seseorang yang mendahulukan seseuatu sesuai dengan perasaan, oleh karena itu, tipe karakter ini disenangi oleh kebanyakan orang, dengan menggunakan perasaan seorang sanguinis cenderung orang yang ramah, dan selalu bersemangat.

Walaupun seorang sanguinis cenderung lebih menonjol daripada tipe karakter yang lain, seseorang yang memiliki karakter sanguinis sulit berkonsentrasi, dan memikirkan sesuatu dengan jangka pendek. Hal yang menyebabkan seseorang yang memiliki karakter sanguinis memikirkan sesuatu dengan jangka pendek yaitu memutuskan sesuatu menggunakan perasaan.

Rekan Bijak dapat melihat karakter seorang sanguinis jika memiliki hal seperti, orang yang hangat, seorang yang selalu ceria, seorang yang memiliki rasa ingin tahu yang tinggi, mudah menyesuaikan diri dengan lingkungan baru, seseorang yang menyenangkan, dan masih banyak lagi. Intinya, Rekan Bijak dapat melihat “apakah seseorang memiliki karakter sanguinis atau tidak” dengan melihat, seseorang tersebut popular atau tidak.

Plegmatis

Kepribadian

Sumber : pinterest.es

Seseorang dengan karakter plegmatis adalah orang yang mudah menerima sesuatu dengan lapang dada, mudah untuk diatur, suka mengalah, dan tidak menyukai konflik. Untuk itu, seseorang yang memiliki karakter plegmatis merupakan seseorang yang cinta damai.

Walaupun seorang plegmatis suka mengalah, seseorang dengan karakter ini tidak mudah untuk dipengaruhi, dan tipe orang yang tidak begitu senang menjadi populer. Tipe orang yang memiliki karakter plegmatis memang tidak menyukai konflik, tapi saat seorang plegmatis mendapatkan masalah, seorang plegmatis sulit mengambil keputusan dalam masalah mereka, dan cenderung suka menunda-nunda saat menghapi masalah.

Melankolis

Kepribadian

Sumber : Fimela.com

Tipe karakter melankolis merupakan tipe karater yang senang akan kesempurnaan, hal ini disebabkan oleh, seseorang dengan tipe karakter ini senang dengan sesuatu yang rapih, teratur, terencana, dan mampu mempertimbangkan segala sesuatu, bahkan kepada hal-hal yang sepele sekalipun.

Kelebihan dari seseorang yang memiliki tipe karakter ini yaitu mampu mengerjakan segala sesuatu dengan sistematis, dan tepat waktu. Kekurangan dari seseorang yang memiliki tipe karakter melankolis adalah mudah menjadi seseorang yang pesimis, dan sering kecewa jika sesuatu hal yang telah ditentukan oleh seorang melankolis tidak sesuai.

Koleris

Kepribadian

Sumber : yks.gotraining.co.id

Tipe seseorang yang memiliki karakter koleris merupakan seseorang yang memiliki sikap yang tegas, memiliki semangat yang tinggi, seseorang yang memiliki rasa kedisiplinan yang tinggi dan selalu optimis. Hal yang paling menonjol dari seseorang yang memiliki tipe kepribadian koleris adalah memiliki jima kepemimpinan yang tinggi. Seorang yang memiliki karakter koleris mudah disenangi oleh kebanyakan orang, namun, seorang yang memiliki karakter koleris sangat jarang bersenang-senang.

Nah, Rekan Bijak, sudah tahu kan bahwa kepribadian seseorang terbagi menjadi 4? Jika belum, Rekan Bijak dapat membaca kembali  artikel diatas ya!

Kepribadian

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: