4 Penjelasan Bahwa Salah Jurusan Bukan Lagi Masalah

Balada salah jurusan mahasiswa memang akan mempengaruhi produktivitas kita di kampus, mungkin kita akan jadi malas-malasan untuk masuk kelas dan mengikuti mata kuliah. Akibatnya nilai kita malah anjlok dan membuat orang tua marah. Daripada kita seperti ini, ketahuilah bahwa ada beberapa alasan yang membuat salah jurusan menjadi hal yang menguntungkan.

4 Penjelasan Bahwa Salah Jurusan Bukan Lagi Masalah

4 Penjelasan Bahwa Salah Jurusan Bukan Lagi Masalah

Salah Jurusan? Pastinya kita sebagai mahasiswa masih sering mendengar keluhan ini dari teman-teman kita, atau mungkin kita sendiri yang merasa salah jurusan? Mungkin saat ini untuk kita yang salah jurusan akan berpikir jika kita tidak akan sanggup menyelesaikan kuliah, dan bahkan sudah mulai malas-malasan untuk kuliah, lalu untuk berpikir pindah jurusan. Perlu Rekanbijak pahami, bahwa salah jurusan bukan berarti akhir dari segalanya, dan bukan berarti kita tidak bisa menjalani masa depan yang kita impikan. Untuk Rekan yang merasa salah jurusan, jangan khawatir lagi, karena apa yang kita lakukan sekarang akan sangat bermanfaat dimasa depan.

Mempertahankan Jurusan Kuliah dan Minat Kita

Salah Jurusan

www.flickr.com

Percayalah, bahwa tidak ada ilmu yang sia-sia di dunia ini. Walau kita merasa salah jurusan bukan berarti masa depan kita juga akan salah. Arah masa depan kita tergantung kemana kita mau mengarahkannya, dan ini tergantung sikap kita menyikapi masalah saat ini. Tetaplah fokus belajar sesuai jurusan kita, namun jangan lupa untuk tetap mengembangkan potensi dan bakat yang kita minat. Misalnya kita kuliah di jurusan Manajemen namun hasrat kita adalah bermusik. Kita bisa tetap menggali dan mengasah bakat musik kita dan tetap menekuni jurusan yang sedang kita tempuh. Misalnya kita bisa ikut Unit Kegiatan Mahasiswa yang bersangkutan dengan musik, seperti UKM Paduan Suara atau UKM Band. Selain itu kita bisa bisa mengeksplorasi pengetahuan dan bakat musik kita dari membaca atau mengikuti forum/ komunitas musik, jadi masih ada tempat untuk kita berbincang dan bertanya tentang apa yang kita gemari. Dengan begitu kita tidak akan merasa jenuh menjalani hari-hari perkuliahan kita.

Mencari Pengalaman di Bidang yang Sesuai Minat Kita

Salah Jurusan

www.flickr.com

Jika kita merasa kurang puas dengan apa yang potensi yang kita miliki sekarang, kita bisa mencari pengalaman yang membuat ilmu kita bertambah. Seperti yang dibahas point pertama. Misalnya kita menggemari bidang musik, kita bisa tergabung dalam sebuah pertunjukan musik menjadi panitia yang membantu melancarkan acara, karena kita berkuliah jurusan Manajemen kita bisa memilih menjabat sebagai bendahara yang mengatur keuangan. Atau bahkan kita bisa bergabung menjadi pemain musik yang berada di panggung pertunjukan, dengan ini kita bisa merasakan pengalaman bermain musik dan di apresiasi oleh sekitar kita. Rasanya pasti akan sungguh luar biasa bukan? Hal ini bisa membuat kita lebih bangga dan bersyukur dengan diri sendiri.

 

Perluas Jaringan Sosial di Bidang yang kita Minati

Salah Jurusan

tangfoodemporium.wordpress.com

Walaupun kita sudah memiliki komunitas jangan lupa untuk tetap memperluas pertemanan kita, kita bisa mengikuti seminar atau workshop yang membahas tentang bidang yang kita senangi. Lalu janganlah segan memulai pembicaraan dan bertanya kepada pembicara, namun harus tetap mementingkan kesopanan ya, Rekan 🙂 dari sini, mungkin teman-teman kita di komunitas akan membantu memberikan informasi terkait dengan apa yang kita minati. Walaupun kita sudah menemukan komunitas yang kita inginkan, jangan lupa untuk tetap fokus belajar sesuai jurusan kita sampai kita lulus kuliah, hal ini tentunya akan menjadi pembuktian kepada orang tua kita, bahwa kita bisa dan mampu

 

Mengkolaborasikan Jurusan Kuliah dan Minat Kita

Sekolah Musik

id.yamaha.com

Dengan semua ilmu yang sudah kita tempuh dan miliki, kita bisa mempraktikan kedalam kehidupan kita sehari-hari. Misalnya saja kita sebagai lulusan jurusan Manajemen yang sangat mencintai dunia seni musik, lalu kita ingin membuka tempat les musik, Ini adalah saat yang tepat untuk menjalankan impian kita dengan mengimplementasikan ilmu kita. Dengan ilmu Manajemen kita tahu bagaimana cara membuka usaha dan mengelola bisnis. Dan dengan kecintaan kita terhadap musik kita bisa membagikan ilmu kita kepada masyarakat. Dengan hal ini justru akan membuat kita bersyukur dengan langkah yang pernah kita jalani.

Bagaimana? Apakah kita masih mau menyesali dan terus mengeluh kalau kita salah jurusan?. Ayo, jalani  perkuliahan kita dengan semangat dan tetap fokus. Jangan sampai salah jurusan membuat kita terpuruk dalam keadaan, anggaplah hal ini sebagai bonus ilmu untuk kita, walaupun kita tidak terlalu suka dengan jurusan kita, namun semua ilmu akan berguna di kehidupan. Dan jangan lupa untuk selalu berdoa dan minta restu kepada orang tua kita, niscaya semua cita-cita kita akan tercapai.

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: