4 Tips Ampuh Kuliah S2 dengan Biaya Sendiri

Punya niat untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang S2, tapi masih terkendala biaya yang mahal? Simak tipsnya di artikel ini yuk, Rekan Bijak

4 Tips Ampuh Kuliah S2 dengan Biaya Sendiri

4 Tips Ampuh Kuliah S2 dengan Biaya Sendiri

Pendidikan adalah salah satu elemen penting dalam kehidupan. Terlebih jika bisa sampai ke jenjang yang sangat tinggi, seperti S3. Tentu saja itu merupakan impian setiap orang, khususnya bagi mereka yang haus akan pendidikan agar lebih menambah pengalaman, memperdalam ilmu, serta memperluas jaringan pergaulan.

Tapi, bagaimana jika niat tersebut terhalang masalah finansial? Seperti yang kita ketahui bersama bahwa untuk melanjutkan jenjang pendidikan membutuhkan dana yang tidak sedikit. Meski begitu, kita tidak boleh patah semangat. Ada 5 tips ampuh yang Danabijak akan bagikan untuk Rekan Bijak yang ingin melanjutkan kuliah S2.

CARI BEASISWA

Kuliah S2

Beasiswa memberi peluang besar untuk kita melanjutkan kuliah S2 tanpa perlu membebani keuangan orangtua.

Cara satu ini terbilang ampuh karena memberi peluang besar untuk kita melanjutkan kuliah S2 tanpa perlu membebani keuangan orangtua. Diperlukan keaktifan dalam mencari beasiswa yang mampu memberikan biaya pendidikan selama duduk di bangku kuliah. Informasi beasiswa kini sudah tersebar di mana pun. Kita bisa menemukannya di internet, koran, radio, bahkan di pameran pendidikan. Setelah tau info beasiswa tersebut, kumpulkan niat untuk apply permohonan beasiswa.

Beruntung juga saat ini berbagai sektor atau pihak, mulai dari pemerintah hingga swasta, menyediakan banyak beasiswa. Sistemnya pun bermacam-macam, mulai dari yang parsial sampai yang memberikan beasiswa penuh. Jenis beasiswa pun terbagi lagi menjadi beasiswa yang didapat sejak masuk kuliah atau mungkin bisa diajukan setelah belajar di tengah semester. Berikut daftar beasiswa S2 yang bisa dicoba, antara lain : Swedish Scholarship for International Students, Fulbright Foreign Student Program, Australian Awards Scholarship, Erasmus Mundus, dan Monbukagakusho.

CARI PEKERJAAN YANG SESUAI DENGAN PENDIDIKAN S1

Kuliah S2

Uang gaji bisa disisihkan sebagian untuk tabungan kuliah S2.

Mendapatkan pekerjaan memungkinkan kita mendapatkan uang pemasukan pula. Uang inilah yang nantinya akan kita sisihkan untuk sebagian ditabung demi membiayai kuliah S2 kita sendiri. Cara ini ampuh digunakan jika kita merasa tidak terlalu pintar untuk memenuhi syarat pengajuan beasiswa. Sebaiknya, pilih ranah pekerjaan yang sesuai dengan latar belakang pendidikan S1 agar kita tidak terlalu sulit menjalaninya. Keuntungan lainnya adalah siapa tau kelak tesis kita bisa berhubungan dengan pekerjaan kita. Sambil menyelam minum air, bukan?

Tapi, bagaimana kalau kita masih belum mendapatkan pekerjaan full time? Jangan khawatir! Menjadi pekerja lepas atau freelancer juga tidak masalah. Uang gaji tetap bisa disisihkan sebagian untuk tabungan kuliah S2.

IKUT PROGRAM RISET

Kuliah S2

Rekomendasi dosen biasanya dapat kita manfaatkanuntuk apply beasiswa S2.

Mengikuti program riset dari dosen pengajar juga akan membawa keuntungan untuk pendidikan diri kita. Biasanya, ada sejumlah dana yang dianggarkan oleh dosen tersebut sehingga kita juga dapat menghemat dana pengeluaran kuliah S2. Selain itu, mengikuti program riset dari dosen juga bisa melatih diri sendiri untuk mempersiapkan tesis. Rekomendasi dosen biasanya dapat kita manfaatkan juga untuk apply beasiswa.

CARI PINJAMAN

Poin terakhir ini bisa jadi alternatif jika cara sebelumnya dirasa tidak bisa dilakukan dengan alasan-alasan tertentu. Bila memang harus mengajukan pinjaman untuk pembiayaan kuliah S2, kita juga harus menentukan kepada siapa kita akan mengajukan pinjaman. Sebaiknya hindari rentenir.

Daripada mengandalkan jasa rentenir, lebih baik kita mengajukan pinjaman kepada lembaga keuangan resmi atau fintech berkualitas. Tentunya mereka akan memberikan pinjaman dengan proses yang cepat, aman, serta terpercaya. Sebelum mengajukan pinjaman, disarankan untuk mengkalkukasi kembali total biaya pendidikan S2 yang akan diambil. Hitung juga biaya hidup dan biaya kebutuhan lain-lain.

Salah satu fintech berkualitas dan terpercaya yang bisa dijadikan tempat untuk mengajukan pinjaman hingga 3 juta adalah Danabijak. Proses yang diberikan pun terbilang cukup cepat dan memberikan rasa aman. Tidak hanya itu, Danabijak memberlakukan sistem poin bagi setiap nasabahnya yang rajin membayar pinjaman tepat waktu. Poin tersebut berguna untuk mengajukan pinjaman selanjutnya, yakni biaya layanan menurun sementara jumlah pinjaman bisa lebih besar sampai 10 juta.

pinjaman uang online cepat cair

 

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: