4 Tips Bertransaksi Aman Menggunakan Kartu Debit

Bertransaksi dengan kartu debit mulai menjamur di masyarakat zaman ini. Melek kartu debit adalah salah satu cara agar tetap mengikuti zaman yang selalu berubah ini.

4 Tips Bertransaksi Aman Menggunakan Kartu Debit

4 Tips Bertransaksi Aman Menggunakan Kartu Debit

Zaman sekarang ini merupakan suatu era yang lebih canggih dan lebih baru. Dapat dikatakan, zaman ini merupakan zaman dimana segala sesuatu sudah berubah. Hal ini dikarenakan teknologi yang sudah sangat berkembang cukup pesat. Karena teknologi yang sudah berkembang cukup pesat tersebut, sekarang ini pun sistem transaksi dengan menggunakan uang kertas ataupun koin lambat laun mulai ditinggalkan dan mulai tergantikan dengan sistem transaksi menggunakan kartu debit. Dikatakan, dengan memakai transaksi seperti ini dikatakan lebih aman dan mudah, karena tidak perlu repot-repot mengeluarkan uang yang banyak, ditambah lagi tidak perlu terlalu takut akan pencurian uang secara langsung, karena kartu tersebut ada datanya di bank secara langsung, dan jikapun kartu tersebut hilang, dapat digantikan dengan kartu yang baru, karena datanya masih ada.

Namun, apakah hal tersebut sudah terjamin aman? Sayangnya tidak, Rekan Bijak. Karena masih banyak bahaya transaksi menggunakan kartu debit masih mengintai, seperti para pencuri kartu debit, yang dapat melihat nomor pin dari kartu debit tersebut, ditambah lagi jika ada Hacker yang mengintai. Namun, apakah bahaya-bahaya tersebut dapat kita minimalisir selaku pemakai kartu debit? Tentunya bisa! Inilah tips agar transaksi-transaksi menggunakan kartu debit.

Tidak Memperlihatkan Pin ATM

Kartu Debit

Sumber : Uangindonesia.com

Pin ATM adalah kode yang memang sudah seharusnya Rekan Bijak sembunyikan, bahkan ke orang paling Rekan Bijak percaya sekalipun, karena dengan adanya pin ATM ini memang digunakan agar dirahasiakan dan tidak diberikan kepada siapapun. Hal ini agar uang kita dalam ATM tetap terjaga dan tidak dicuri orang. Bayangkan jika Rekan Bijak memberi tahu tentang pin ATM ke orang-orang terdekat, namun ternyata orang-orang terdekat tersebut nyatanya punya maksud jahat dan diam-diam bertransaksi memakai kartu debit Rekan Bijak? Tentunya tidak baik bukan?

Menggunakan Mesin ATM di tempat yang jelas

Kartu Debit

Sumber : Bintarojayaxchange.com

Tempat ATM dimana transaksi dilakukan juga penting, karena tempat ATM dapat menjadi tempat pertama para pelaku pencurian melihat pin ATM kita. Dalam transaksi di ATM, usahakanlah bertransaksi di tempat-tempat yang cukup terpercaya. Terpercaya adalah seperti mempunyai satpam di sekitar ATM, mesin ATM nya tidak ada orang-orang yang mencurigakan seperti orang-orang yang hanya mondar mandir tanpa tujuan dekat ATM, dan mungkin juga ATM nya berada di kantor Bank. Hal ini bukan berarti kita tidak boleh bertransaksi di ATM-ATM yang kita anggap tidak aman, namun agar kita tidak terkena kejadian-kejadian yang tidak diinginkan. Dan jikapun akan bertransaksi di ATM-ATM yang kita anggap kurang aman, dihimbau agar tidak terlalu sering dan ATM-nya dipakai di saat-saat yang mendesak saja.

Rajin Periksa Saldo dan Daftar Transaksi

Kartu Debit

Sumber : Carabankbri.blogspot.com

Hal ini dibutuhkan agar kita bisa tahu sudah berapa yang kita keluarkan dalam transaksi jual beli. Memang sepertinya kelihatan simpel, walaupun sedikit menyita waktu. Namun hal ini penting dilakukan agar kita dapat memonitor diri kita sendiri, dan sadar akan berapa yang kita keluarkan. Karena jikapun kita tidak memperlihatkan pin ATM kita kepada siapapun, hal itu tidak menutup kemungkinan bahwa uang kita telah dicuri saat transaksi, dengan mungkin orang yang kita percayai diam-diam memakai kartu debit kita saat kita sedang lengah, ataupun hal lainnya. Dengan memeriksa saldo dan daftar transaksi, setidaknya kita sudah dapat memastikan bahwa kartu ATM kita aman.

Blokir Kartu ATM ketika Hilang

Kartu Debit

Sumber : Pictasite.com

Dan yang terpenting adalah, ketika Kartu ATM hilang, blokir! Terlebih lagi, jikalau kartu tersebut hilang di tempat-tempat yang jauh dari tempat yang kita percayai seperti Mall ataupun Stasiun. Hal ini untuk memastikan bahwa data uang dalam kartu kita tidak tercuri ataupun bahkan hilang.

Dengan makin canggihnya teknologi, memantapkan kita bahwa keamanan terhadap uang kita lebih tinggi. Namun, perlu diingat bahwa peluang pencurian tetap ada, karena pencurian itu tetap mengintai. Stay safe, Rekan Bijak!

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: