4 Tips Jitu Menyiapkan Dana Haji Dengan Gaji 5 Juta

Bisa pergi haji pasti jadi impian semua umat muslim. Tanpa perlu menunggu tua, kita bisa lho menyiapkan dananya dari sekarang. Ini dia caranya!

Meskipun bukan ibadah wajib, tapi naik haji dan umroh sudah jadi impian bagis seluruh muslim di dunia, baik tua maupun muda. Sayangnya biaya yang tak murah menjadi salah satu hambatan untuk merealisasi keinginan ini.

Pertengahan 2017 lalu, DPR dan pemerintah telah menyepakati Biaya Penyelenggara Ibadah Haji (BPIH) akan berkisar pada biaya 34juta. Biaya ini digunakan untuk membayar tiket pesawat, biaya penginapan, biaya hidup selama haji, biaya operasional, biaya layanan dan masih banyak lagi. Tentunya jika kita mengambil paket Ongkos Naik Haji (ONH) Plus, biaya yang dikeluarkan lebih banyak dibanding ONH Reguler karena adanya perbedaan kualitas fasilitas.

Tapi apapun biaya yang dipilih, kembali lagi tujuan awal adalah ibadah. Untuk itulah demi tercapainya niat ini, kita harus disiplin dalam mengalokasikan dana. Tenang, dengan gaji Rp 5.000.000 pun kita tetap bisa lho naik haji. Ikuti tips ini yuk!

1. Membuka Tabungan

Sekarang ini nggak cuma bank syariah saja yang memiliki fasilitas tabungan haji kepada nasabahnya, tapi bank konvensional pun juga mulai menyediakan layanan ini. Tanpa perlu menunggu uang terkumpul, kita bisa mengalokasikan setoran bulanan dengan nominal yang bisa disesuaikan dengan kondisi finansial kita. Bisa dimulai dari 100k hingga jutaan rupiah perbulan.

Supaya lebih cepat bisa menunaikan ibadah haji, kita bisa mengalokasikan setoran bulanan dengan nominal yang lebih besar selama nggak lebih dari 40% gaji. Hal ini untuk menghindari kita kekurangan dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari. Jika tabungan haji sudah mencapai 25juta, baru kita akan mendapat nomor antrian.

Haji

Tabungan emas menjadi salah satu alternatif yang bisa digunakan untuk mempersiapkan dana haji karena stabil dan terus naik nilainya.

2. Memiliki Tabungan Emas

Dibandingkan dengan produk tabungan maupun investasi lain, tabungan emas kecil kemungkinan mengalami kerugian mengingat harga emas cenderung stabil. Pantau harga emas, sehingga kita dapat membeli dan menjual pada harga terbaik.

3. Membuat Tabungan Rencana

Keuntungan mempunyai tabungan rencana adalah kita bisa menabung dengan autodebet, bunga lebih tinggi dan nggak bisa menarik tabungan dengan mudah karena kita hanya bisa mengambil di akhir periode.

Dengan gaji Rp 5.000.000, kita bisa mengalokasikan Rp 2.000.000 setiap bulannya. Sehingga kurang lebih dalam satu tahun kita sudah bisa mendapat nomor antrian haji. Tapi jika kita memiliki utang atau biaya lain yang perlu dibayar setiap bulan, pastikan total semua biaya yang dibayarkan dan autodebet nggak lebih dari 40% gaji.

Haji

Salah satu cara untuk menambah tabungan haji adalah dengan memiliki pendapatan tambahan yang salah satunya adalah berbisnis online.

4. Mencari Pendapatan Tambahan

Sambil menabung, nggak ada salahnya kan bikin usaha supaya bisa punya tambahan pemasukan. Kalau punya bakat dibidang desain grafis, kita bisa membuka jasa pembuatan desain freelance, atau membuat karikatur jika kita jago menggambar, atau bisa juga membuka usaha online kecil-kecilan.

Kalau butuh modal, langsung saja ajukan pinjaman di Danabijak. #bersamaDanabijak , kita bisa memiliki pinjaman dengan bijak karena disesuaikan dengan kondisi keuangan. Sambil menabung, sambil membangun usaha! Yuk ajukan pinjaman sekarang!

pinjaman uang online cepat cair

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: