4 Cara Mengatur dan Mengelola Keuangan Mahasiswa dengan Bijak

Memahami cara mengelola atau mengatur keuangan pribadi memang sangat penting untuk dilakukan oleh siapa saja termasuk Rekan yang masih berstatus mahasiswa agar kondisi finansial Rekan tetap terjaga dengan baik. Karena mahasiswa adalah para penerus yang akan mengelola masa depan bangsa ini jadi harus memiliki pola pikir yang cerdas dan mampu bersaing dengan sehat dalam konteks global.

4 Cara Mengatur dan Mengelola Keuangan Mahasiswa dengan Bijak

4 Cara Mengatur dan Mengelola Keuangan Mahasiswa dengan Bijak

Salah satu mengindikasikan seorang mahasiswa adalah seorang yang cerdas adalah dengan melihat kemampuan mengatur keuangan mahasiswa tersebut, apalagi bagi Rekan yang masih bergantung dengan orang tua. Maka sangat perlu bagi Rekan untuk mengaturnya dengan sangat baik, sehingga pengeluaran bisa sedikit ditekan untuk keperluan yang sifatnya mendesak.

Meski sepele, banyak orang yang masih belum bisa mengatur keuangannya dengan baik, sehingga akhirnya terjerumus dalam lingkaran hutang yang membuat kesengsaraan jangka panjang. Salah satu faktor penyebabnya adalah gaya hidup. Gaya hidup yang tidak sesuai dengan kebutuhan, membuat banyak orang rela berhutang kesana kemari hanya demi memenuhi gaya hidup.

Karena itu penting memiliki kemampuan mengelola keuangan pribadi sejak dini termasuk mengatur keuangan mahasiswa. Berhemat adalah hal yang paling penting dilakukan oleh seorang mahasiswa, jangan tergiur dengan hal-hal menyenangkan yang tidak diperlukan. Hal ini penting agar Rekan yang masih mahasiswa bisa memiliki tabungan untuk membantu kebutuhan di masa depan.

Bedakan antara Kebutuhan dan Keinginan

Keuangan mahasiswaSumber: glints.com

Sebelum memulai mengelola keuangan mahasiswa, hal pertama yang harus dilakukan adalah dengan dengan memahami perbedaan mana yang merupakan kebutuhan dan mana yang hanya keinginan semata. Jangan termakan gaya hidup mewah yang tidak sesuai dengan kebutuhan, apalagi jika keuangan Rekan masih bersumber dari orangtua.

Dan walaupun Rekan sudah memiliki penghasilan sendiri, tetap harus bisa membedakan dan memprioritaskan kebutuhan. Jika kebutuhan Rekan sudah terpenuhi semua, mungkin Rekan bisa membeli hal yang diinginkan namun tetap dalam batas normal dan tidak sampai bablas lalu membuat keuangan menjadi berantakan. 

Baca Juga: 4 Cara Membedakan Antara Keinginan dan Kebutuhan

Membuat Rencana Anggaran Bulanan

Keuangan mahasiswaSumber: kaskus.co.id

Setelah memahami apa kebutuhan Rekan, selanjutnya adalah membuat rencana alokasi dana selama satu bulan kedepan. Setiap awal bulan, cobalah untuk menuliskan rencana dan tujuan penggunaan uang yang Rekan miliki. Misalnya Rekan mengalokasikan 30% untuk makan, 40% untuk keperluan kuliah, 20% untuk tabungan dan investasi dan sisanya untuk dana darurat saat ada keperluan mendesak yang tidak direncanakan.

Dalam rencana anggaran ini juga Rekan dapat memasukan berbagai sumber pendapatan dan jenis pengeluaran yang akan dilakukan selama satu bulan ke depan. Rekan bisa mengalokasikan sendiri sesuai dengan kebutuhan. Dengan memiliki rencana keuangan yang jelas seperti ini, dapat menjadi panduan untuk mengeluarkan uang yang dimiliki.

Baca Juga: Yuk, Ikuti 6 Strategi Orang Kaya dalam Mengatur Keuangan

Mencari Penghasilan Tambahan

Keuangan mahasiswaSumber: cleverism.com

Menjadi mahasiswa bukan berarti Rekan tidak bisa melakukan kegiatan lain yang tidak ada hubungannya dengan akademik. Selain menjalani kegiatan perkuliahan dengan baik, Rekan juga bisa melakukan kegiatan lain yang mungkin bisa menjadi penghasilan tambahan.

Seperti menjadi seorang freelancer, pekerja lepas yang bekerja pada sebuah perusahaan atau instansi. Atau Rekan juga bisa membuka bisnis kecil yang bisa dijalankan sembari berkuliah. Yang terpenting Rekan bisa mengatur waktu dengan baik agar kegiatan mencari penghasilan tambahan ini tidak menggangu waktu kuliah.

Baca Juga: 7 Pekerjaan yang Bisa Dilakukan oleh Mahasiswa agar Masa Muda Lebih Produktif!

Menabung atau Berinvestasi

Keuangan mahasiswaSumber: iconeconomics.com

Saat Rekan sudah mendapatkan penghasilan tambahan, jangan menggunakannya untuk bersenang-senang saja. Lebih baik untuk menabung uang yang Rekan dapatkan untuk kebutuhan di masa depan. Atau menginvestasikan penghasilan tak ada salahnya, saat ini sudah terdapat banyak investasi yang mudah dipelajari dan memberikan keuntungan bagi penggunanya.

Bahkan dengan kemajuan teknologi, Rekan bisa melakukan investasi melalui aplikasi di smartphone. Pilihlah investasi yang memiliki risiko rendah dan cenderung aman jika baru ingin memulai investasi, seperti investasi emas, investasi Reksadana atau produk bank seperti deposito.

Baca Juga: 6 Pilihan Investasi untuk Milenial yang Sangat Menguntungkan

Itulah tips mengatur keuangan mahasiswa. Karna menjadi seorang mahasiswa tidak hanya mengurusi perihal belajar akademik saja, namun juga belajar mengatur dan mengelola keuangan agar tidak merepotkan orangtua dan diri sendiri. Jika Rekan tertarik memulai bisnis namun belum memiliki modal yang cukup, bisa ajukan pinjaman pada Danabijak yang syaratnya mudah dengan bunga yang rendah hanya 0,8% per hari. Tunggu apalagi?! ajukan pinjaman dan jadi mahasiswa yang bijak mengelola keuangan.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi Rekan dan orang terdekat Rekan Bijak!

Keuangan mahasiswa

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: