5 Alasan yang Menjelaskan Pentingnya Financial Check Up

Mungkin beberapa dari rekan masih asing dengan istilah financial check up atau pemeriksaan keuangan pribadi, atau mungkin rekan ada yang sudah pernah melakukan pemeriksaan keuangan pribadi ini?

5 Alasan yang Menjelaskan Pentingnya Financial Check Up

5 Alasan yang Menjelaskan Pentingnya Financial Check Up

Jika rekan sudah pernah melakukan pemeriksaan keuangan pribadi ini, rekan beruntung karena dipastikan rekan merupakan tipe orang yang peduli terhadap kondisi keuangan pribadi. Definisi mudah dari financial check up yaitu, pemeriksaan secara keseluruhan terhadap sistem keuangan rekan.

Dengan cara ini saat terdapat masalah dalam sistem keuangan yang rekan gunakan dapat segera diantisipasi dan diatasi. Financial check up bisa dilakukan secara periodik, baik setiap bulan, setiap enam bulan maupun setiap tahun.

Dalam pemeriksaan keuangan pribadi yang biasa diperiksa adalah beberapa hal seperti, total aset, total hutang atau kewajiban, total pendapatan dan pengeluaran, serta total tabungan. Jadi, ayo simak beberapa alasan ini mengapa financial check up itu penting :

Membuat Keuangan Pribadi Menjadi Lebih Sehat

Check Upsumber : blog.e-mas.com

Pemeriksaan keuangan pribadi yang dilakukan rutin secara berkala, akan membuat rekan lebih tahu mengenai kondisi keuangan termasuk masalah yang timbul dan yang akan timbul di kemudian hari, jadi masalah tersebut bisa diantisipasi atau dihindari.

Pengecekan secara rutin akan menghindari rekan dari kebangkrutan dan kemungkinan berhutang untuk hal yang seharusnya bisa dihindari. Bayangkan saja jika hal itu tidak dilakukan, tentu akan banyak uang yang keluar tanpa disadari.

Mengetahui Detail Pengeluaran

Check Upsumber : fimela.com

Rekan pasti sering merasa saat baru saja menerima gaji, namun uang sudah habis begitu saja. Padahal baru saja pertengahan atau bahkan awal bulan namun uang sudah habis entah kemana. Uang yang baru dipakai hari ini saja kadang tidak tahu lari kemana.

Dengan melakukan financial check up hal tersebut tidak akan terjadi, karena dia akan memberikan informasi cukup soal aliran dana (cash flow) yang terjadi, sehingga rekan tidak perlu pusing. Selain itu dengan menggunakan pemeriksaan keuangan pribadi , rekan bisa memotong pengeluaran-pengeluaran tidak penting yang bisa dihemat.

Baca Juga : 7 Macam Alokasi Dana yang Perlu Ada dalam Pengeluaran

Lebih Hati-Hati dalam Menggunakan Uang

Check Upsumber : fimela.com

Saat mengetahui pengeluaran apa saja yang sudah kamu lakukan berdasarkan data yang didapat dari pemeriksaan keuangan pribadi, rekan akan lebih hati-hati dalam menggunakan uang.

Misalnya saat melakukan financial check up, rekan menemukan bahwa pengeluaran kamu untuk ngopi bersama dengan teman-teman sangatlah besar, padahal jika uangnya disimpan rekan bisa sampai membeli gadget keluaran terbaru. Atau, uang yang sering dipakai untuk nonton bioskop ternyata bisa disimpan untuk membeli sepatu atau tas baru.

Selanjutnya, rekan akan lebih mawas diri dan membatasi kegiatan-kegiatan tersebut untuk lebih menghemat uang.

Baca Juga : 6 Pertanda Ini Mengharuskanmu Mengatur Ulang Keuangan Pribadi!

Mendukung Rencana Masa Depan

Check Upsumber : magazine.job-like.com

Financial check up penting karena ia bisa menunjukan apakah rekan bisa merealisasikan beberapa rencana penting masa depan. Misalnya rencana ingin membuka usaha dan mencari pinjaman, rekan bisa tahu pasti bagaimana membayar pinjaman tersebut.

Dalam kehidupan berkeluarga, pemeriksaan keuangan pribadi akan membantu rekan memastikan kalau cita-cita untuk membeli rumah sendiri akan tercapai. Dalam hal ini ia akan membantu untuk mengecek sektor mana saja yang uangnya dapat dialihkan untuk pengeluaran cicilan pembelian rumah.

Baca Juga : 7 Tips Menabung untuk Beli Rumah

Menjadi Prediksi Keuangan Masa Depan

Check Upsumber : Kompas.com

Keuangan di masa depan tidak ada yang bisa memprediksi. Terkadang rekan mendapat pekerjaan dengan gaji yang cukup lumayan, tetapi bisa saja mendadak jobless karena kondisi ekonomi Indonesia yang tidak stabil.

Financial check up ini bisa membantu rekan memprediksi berapa lama kamu bisa bertahan paksa menganggur tanpa gaji. Selain prediksi itu, hasil dari pemeriksaan keuangan pribadi juga bisa menunjukan apakah rekan harus mencari pekerjaan baru atau tidak, jika ternyata pendapatan rekan lebih kecil dari pengeluaran.

Baca Juga : Yuk, Kenali 4 Jenis Financial Technology yang Ada di Indonesia

Nah, itu dia beberapa alasan penting mengapa financial check up itu penting. Jadi mari lebih bijak dalam menggunakan uang agar uang yang susah payah kamu kumpulkan tidak terhambur begitu saja. Semoga artikel ini bermanfaat ya rekan bijak!

Check Up

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: