6 Alasan Mengapa Wisata Semarang Patut Dikunjungi

Kebanyakan orang-orang atau wisatawan masih ragu mengapa harus datang ke Semarang selain mengunjungi bangunan tua nya? Padahal selain wisatanya ada beberapa hal unik lainnya yang menarik untuk di eksplore lebih jauh lagi tentang Kota Semarang ini.

6 Alasan Mengapa Wisata Semarang Patut Dikunjungi

6 Alasan Mengapa Wisata Semarang Patut Dikunjungi

Wisata Semarang akan sangat menyenangkan jika dilakukan bersama kawan atau keluarga terkasih.

Rekanbijak pasti sudah tahu, jika makanan Lumpia yang enak nan gurih ini berasal dari kota Semarang. Pastinya jika Rekan sedang berlibur ke Semarang tidak akan lupa membawa pulang oleh-oleh Lumpia untuk orang-orang terkasih. Tidak hanya Lumpia yang bisa kita dapatkan di Semarang, masih banyak makanan yang super lezat dan tempat wisata yang sangat diminati. Mulai dari wisata kota, wisata sejarah, wisata kebudayaan, wisata alam hingga wisata religi.

Banyak hal yang membuat Semarang sering menjadi tujuan wisata liburan yang favorit. Mulai dari trasportasi yang mudah dicari, berbagai jajanan kuliner dengan harga murah namun rasa tidak ada duanya, banyak juga tempat penginapan dengan harga bersabat yang cocok untuk para traveler. Wisata Semarang sangatlah

 

Wisata Sejarah yang Menyenangkan

Wisata Semarang

kitanesia.id

Walaupun Semarang sudah menjadi kota yang metropolis di Jawa Tengah, namun Semarang masih mempertahankan bangunan-bangunan tua yang bersejarah di Kota-nya. Kita bisa menemukan banyak banguan yang masih bernuasa kolonial, tidak hanya bangunan benuansa Eropa klasik, masih banyak pula bangunan dengan nuansa Tiongkok dengan warna-warna khas-nya. Jika kita menginjakan kaki ke kawasan Kota Lama, kita akan melihat banyak bagunan dengan pilar-pilar yang tinggi dan berpintu besar. Dulunya Kota Lama adalah pusat perdagangan pada saat masa pemerintahan Bangsa Belanda di tahun 1920-an. Kawasan Kota Lama Semarang disebut juga Outstadt. Luas kawasan ini sekitar 31 hektare. Dilihat dari kondisi geografi, tampak bahwa kawasan ini terpisah dengan daerah sekitarnya, sehingga tampak seperti kota tersendiri, sehingga mendapat julukan “Little Netherland”. Di Kota Lama juga menjadi spot yang menarik bagi para wisatawa untuk befoto ria.

Wisata Semarang

qubicle.com

Selain kawasan Kota Lama kita bisa berwisata sejarah ke berbagai Museum yang ada di Semarang, seperti: Museum Jamu Nyonya Meneer dan Museum Jamu Jago dan MURI. Kedua Museum ini menginformasikan kepada pengunjunya tentang jamu-jamu dan pembuatan jamu dengan cara tradisional, Museum Jamu Nyonya Meneer adalah Museum Jamu yang berdiri pertama kali di Indonesia pada  18 Januari 1984. Sedangkan Museum Jamu Jago & MURI tidak hanya memamerkan tentang jamu saja, Museum yang didirikan oleh Budayawan Indonesia, Jaya Suprana, juga memamerkan dokumentasi tentang catatan rekor maupun prestasi luar biasa yang dimiliki orang-orang Indonesia. Masih banyak juga Museum yang kita sambangi di Kota ini, diantaranya adalah; Museum Mabdala Bhakti, Museum Ranggawarsita, Museum Elektronik dan Museum POLRI.

Wisata Semarang akan lebih mudah dilakukan. jika ingin mengenal kota lama lebih cepat dan mudah. Anda bisa memanfaatkan bus wisata yang ada di sana dan tour leader akan menjelaskan kepada kita mengenai bangunan bersejarah yang ada di Kota Lama Semarang. Tidak hanya itu saja, kita juga bisa berkunjung ke spot wisata yang lainnya untuk belajar sejarah kota Semarang dengan mengunjungi beberapa museum yang ada di Semarang juga.

 

Lawang Sewu yang Mistis namun Selalu Ramai

Wisata Semarang

www.merdeka.com

Lawang Sewu sudah menjadi wisata yang ikonik di Semarang. Lawang Sewu menjadi tren yang harus dilakukan oleh anak-anak zaman ini. Konon bangunan yang sudah ada sejak 1907 ini dihuni oleh penghuni yang tidak kasat mata. Dulunya Lawang Sewu adalah gedung perkantoran  untuk kereta api, namun setelah datangnya Jepang ke Semarang bangunan ini beralih fungsi menjadi tempat eksekusi dan penjawa bagi warga yang memberontak, bahkan beberapa tentara Belanja juga ditangkap oleh Jepang dan disiksa didalam gedung ini.

Konon katanya, arwah para tentara Belanda dan orang-orang yang pernah di eksekusi dan mati disini masih bergentayangan dan senang menampakan diri dan sering menegeluarkan suara misterius yang membuat kita merinding. Mulai dari sinilah Lawang Sewu lebih dikenal dengan cerita seramnya dibanding sejarah dan fungsi gedung ini. Sayangnya banyak orang yang lebih memili ke Lawang Sewu untuk sekedar uji nyali, bukan untuk mengetahui sejarah gedung ini. Tahukan Rekan? Jika Pemerintah Kota Semarang sedang berjuang untukn menghapus kesan mistis Lawang Sewu, agar wisatawan lebih merasa nyaman dan menikmati apa yang disajikan oleh Lawang Sewu dan lebih mengenal sejarah awal gedung ini.

Saat ini Lawang Sewu juga sudah menambah perbendaharaan koleksinya yang meyangkut dengan perusahaan kereta api sebagaimana gedung ini dulunya berfungsi.

 

Kuliner yang Menjanjikan dan Murah Meriah

Wisata Semarang

www.pegipegi.com

Wisata Semarang tidak akan lengkap jika tidak mencoba berbagai macam kulinernya. Sembari kita bisa menikmati klasiknya Kota Semarang, kita bisa mencoba berbagai macam kuliner yang patut kita coba. Kebanyakan orang-orang menegenal Lumpia sebagai makanan khas Semarang, padagal masih banyak lagi, lho, makanan khas dari Kota ini yang bisa cicipi. Bandeng Presto adalah makanan yang wajib kita coba selama berlibur di Semarang, Bandeng Presto adalah ikan bandeng yang dibumbui dengan kunyit, bawang putih dan garam yang dimasak presto (tulang lunak). Biasanya Bandeng Presto dimakan dengan nasi hangat dan lalapan ditambah sambal bawang yang menggugah selera.

Wisata Semarang

www.kompasiana.com

Mie Kopyok, mie kopyok sekilas akan mengingatkan kita pada mie kocok Bandung. Namun, mie kopyok ini dibuat tanpa sama sekali menggunakan olahan daging. Kuah mie terbuat dari kaldu rempah rempah. Sedangkan isiannya berupa potongan lontong, irisan tahu pong, daun seledri, tauge dan kerupuk remah dari kerak (gendar).

Nikmatilah malam kita di di Semarang dengan semangkut Wedang Tahu yang hangat, Wedang tahu terbuat dari campuran gula jawa, jahe dan kembang tahu yang berasal dari sari kedelai. Rasa dari wedang tahu ini cenderung manis dan bersifat menghangatkan. Masih banyak lagi kuliner yang bisa kita santap di Semarang dengan harga kantong bersabat. Seperti Tahu Gimbal, Nasi Gandul, dan Mangut Welut yang pedas membuat kita ketagihan.

Wisata Alam yang Indah Memanjakan Mata dan Batin

Wisata Semarang

www.wisata.com

Selain wsata kota semarang yang menari, Semarang juga akan mengajak kita melihat keindahan alamnya.  Kali ini kita bisa menikmati indahnya Kota Semarang karena adanya beberapa tempat wisata yang menawarkan keindahan alamnya. Antara lain wisata Hutan Mangrove yang ada di Demak, wisata alam pegunungan di gunung Ungaran, dan juga ada wisata air terjun. Salah satunya wisata Air Terjun 7 bidadari, disisni kita bisa melepas penat dan menenangkan diri sejenak.

Selain Air Terjun masih banyak wisata Semarang yang menawarkan keindahan alam; Goa Kreo, Pulau Marina dan Pantai Tirang bisa menjadi pilihan kita untuk berwisata alam di Semarang.

Banyak Tempat Penginapan dengan Harga Murah di Semarang

Wisata Semarang

www.traveloka.com

Pada dasarnya Semarang adalah pusat kota terbesarnya di Jawa Tengah. Kantor pemerintahan Jawa Tengah pun ada di Semarang. Tentunya berbagai macam fasilitas juga hampir tersedia di Semarang ini. Termasuk sebuah penginapan. Jenis penginapan murah di semarang mulai dari kelas ekonomis sampai dengan hotel berbintang juga sangat lengkap. Kalau pun kita datang ke Semarang bersama keluarga. Kita juga bisa menginap atau sewa apartemen untuk beberapa hari. Jadi tak hanya hostel maupun hotel, di Semarang juga terdapat apartemennya. Hal ini cukup memudahkan kita jika sedang wisata Semarang.

 

Akulturasi dan Toleransi di Semarang Membuat Kita Belajar Saling Menghargai

Wisata Semarang

www.alimuakhir.com

Hal yang mungkin sedikit berbeda dari Semarang dengan kota lainnya adalah di Kota ini memiliki akulturasi sejarah keanekaragaman etnis dan budaya. Jika Kita pernah mengetahui ikon kota Semarang, digambarkan dengan sebuah sosok hewan imajiner yang dikenal dengan warak ngendhog. Itu merupakan hewan dengan perpaduan akulturasi 3 etnis yaitu Tionghoa, Arab, dan Jawa.

Selain daripada itu, di Semarang juga ada beberapa lokasi wisata yang menggambarkan bahwa kota ini memiliki beragam budayanya. Yang mana masing-masing dari lokasi wisata tersebut memiliki sejarah yang bisa kita pelajari dan gali lebih dalam lagi. Untuk mengetahuinya Anda bisa mendatangi Sam poo Kong dan juga Vihara Buddhagaya Watugong.

Semarang Memiliki Berbagai Fasilitas Publik

Di Semarang banyak sekali pilihan jenis fasilitas public area seperti hot spot area, dan juga taman kota. Ada beberapa titik di pusat kota yang bisa kita manfaatkan untuk menikmati fasilitas public area tersebut. Seperti hal-nya taman kota. Di Semarang ini ada 10 taman bahkan lebih yang bisa dijadikan sebagai pusat public area baik bagi wisatawan maupun penduduk setempat. Selain itu juga kita bisa memanfaatkan fasilitas hot spot yang juga ada di beberapa taman tersebut. Beragam fasilitas ini menjadi alasan kenapa harus ke Semarang yang ke lima.

Banyak Hal di Semarang  yang menjadikan salah satu daya tarik wisatawan untuk berkunjung ke Semarang. Selain bisa belajar sejarah dan budaya. Kita juga tetap bisa menemukan kebudayaan modern di Semarang yang sudah Metripolis.

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: