5 Cara Jitu Mempersiapkan Biaya Kuliah Anak

Tidak ada salahnya jika kita mempersiapkan biaya pendidikan anak kita hingga ke perguruan tinggi dimulai sejak anak masih kecil, sebagai orang tua kita wajib menuntaskan kewajiban kita dengan memberikan pendidikan kepada anak kita setinggi-tingginya. Walaupun kita tergolong berpedapatan pas-pasan kita bisa berusaha dengan cara-cara jitu berikut.

5 Cara Jitu Mempersiapkan Biaya Kuliah Anak

5 Cara Jitu Mempersiapkan Biaya Kuliah Anak

Jaman semakin berkembang pesat, selain materi, pendidikan adalah hal penting yang harus kita persiapkan agar kita memiliki moral yang tinggi dan pengetahuan yang sedalam-dalamnya. Sayangnya di jaman yang serba pragmatis, tidak semua orang memiki kemampuan finansial yang kuat. Masih banyak orang tua yang tidak mampu mengantarkan anak-anaknya menempuh pendidikan hingga perguruan tinggi, mengingat biaya pendidikan pergurauan tinggi bisa naik 10-20% tiap tahunnya.  Hal ini bisa kita hindari jika kita sudah siap memperhitungkan dan mengusahakan biayanya dari sekarang. Dibawah ini ada beberapa tips untuk membatu kita mencari cara agar dapat mendapatkan modal biaya kuliah anak di masa depan.

 

Tabungan Khusus Pendidikan

biaya kuliah anak

www.shutterstock.com

Salah satu cara mempersiapkan biaya kuliah anak adalah dengan membuat tabungan khusus pendidikan. Dengan cara ini kita juga sekaligus mengajarkan anak berpartisiapasi dalam mempersiapkan dan merencanakan masa depannya. Selain menabung adalah kegiatan yang familiar dengan masyarakat, Bank adalah tempat yang aman menyimpan dana khusus kita. Salain itu dengan menabung di Bank, kita dapat memperoleh bunga sekitar 1 hingga 2%. Namun, jangan lupa bahwa uang tersebut akan terkena potongan pajak sebesar 15% hingga 20% tergantung dari saldo tabungan. Jadi kita juga harus bisa selektif mencari Bank yang menawarkan produk tabungan pendidikan dengan potongan pajak yang paling rendah.

 

Asuransi Pendidikan

biaya kuliah anak

www.asura.co.id

Selain tabungan pendidikan, asuransi pendidikan juga bisa menjadi pilihan kita untuk mendukung biaya kuliah anak. Asuransi pendidikan yang disediakan perusahaan asuransi juga bisa kita manfaatkan untuk mempersiapkan dana pendidikan anak. Jumlah asuransi yang dibayarkan tergantung dari kesanggupan finansial kita sendiri. Ikuti asuransi pendidikan dari jauh-jauh hari, apalagi jika dana pendidikan yang dibutuhkan besar. Juga sesuaikan jumlah yang disetor dengan besarnya biaya pendidikan yang direncanakan.

 

Membuka Usaha

biaya kuliah anak

economy.okezone.com

Selain mengandalkan tabungan dan asuransi pendidikan, kita sebagai orang tua juga bisa menambah penghasilan kita. Ada banyak usaha yang bisa kita lakukan sembari menunggu anak masuk kuliah. Jika kita saat ini masih bekerja sebagai karyawan biasa, kita bisa mencoba mengumpulkan modal untuk usaha sendiri. Teruntuk kita para orang tua yang masih memiliki waktu banyak dikarenakan usia anak kita yang masih kecil, tidak ada salahnya kita sembari usaha kecil-kecilan. Kita bisa membuka usaha toko kelontong atau menjadi agen untuk kebutuhan pokok, seperti agen beras, agen galon atau agen gas. Dengan begitu kita bisa memperoleh keuntungan yang lumayan jika dikumpulkan.

 

Investasi

Cara lain untuk megumpulkan biaya kuliah anak adalah dengan berinvestasi. Kita bisa mulai mencari dan mengunakan ilmu-ilmu invetasi yang kita dapat untuk mendapat pemasukan dana tambahan demi pendidikan anak. Ada banyak instrumen investasi yang bisa kita pilih. Seperti, saham, deposito, properti, reksadana bahkan investasi emas. Sesuaikan dengan kebutuhan dan jangka waktu penggunaan dana, apakah jangka pendek, menengah, atau jangka panjang.

Selain ke empat cara diatas, para orang tua juga bisa mencari-cari beasiswa untuk membantu biaya perguruan tinggi.Agar jumlah dana pendidikan yang terkumpul semakin besar, mulailah persiapan sedini mungkin. Kita bisa menabung ketika usia anak masih sangat belia dan jumlah pengeluaran masih sedikit. Semakin cepat Rekan Bijak memulai, semakin matang persiapan, semakin besar pula dana yang terkumpul.

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: