5 Cara Membedakan Emas Asli atau Palsu

Sebelum memutuskan untuk berinvestasi emas, sebaiknya simak cara-cara berikut agar tak tertipu emas palsu!

5 Cara Membedakan Emas Asli atau Palsu

5 Cara Membedakan Emas Asli atau Palsu

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, emas asli merupakan logam mulia berwarna kuning yang dapat ditempa dan dibentuk. Umumnya, emas digunakan sebagai bahan baku perhiasan, seperti cincin, gelang, dan kalung. Pengertian lain yang tidak jauh berbeda adalah menurut W.J.S. Poerwadarminta, yaitu emas adalah logam yang mahal harganya, berwarna kuning, dan biasa dibuat perhiasan.

Emas yang jumlahnya sedemikian banyak dibuat dan diperuntukkan bagi manusia. Emas kerap menjadi simbol keindahan, kemakmuran, serta kemewahan. Bagi pengusaha atau sebagian orang pecinta emas, mungkin sudah tidak asing lagi dengan cara membedakan emas asli atau palsu. Namun, lain halnya bagi para Rekan Bijak yang notabene tergolong awam dan hanya tau bagaimana cara membelinya.

Emas Asli

Sumber : www.wikihow.com

Melihat keaslian emas tidak semudah membedakan jenis logam. Sebab, emas merupakan logam mulia yang paling diminati dan memiliki harga relatif stabil. Untuk itu, Rekan Bijak perlu mengenali ciri-ciri emas demi menjaga aset investasi. Jangan sampai kita terjebak emas palsu.

1. Perubahan Warna

Cara mudah mengetahui emas asli atau palsu bisa dilakukan dengan mengetes perubahan warna. Cara mengetesnya adalah dengan menggosok bagian tertentu pada emas tersebut menggunakan jari. Tapi, jangan sembarang gosok karena ada bagian-bagian atau sisi-sisi emas yang dapat diketahui dengan mudah keasliannya. Bagian tersebut adalah bagian yang sering dipegang oleh tangan atau sering mendapatkan gesekan tangan. Gosoklah menggunakan jari, jika emas tersebut palsu makan akan terjadi perubahan warna yang terlihat berbeda. Cara ini cocok diterapkan untuk mengetahui emas asli atau palsu dalam bentuk batang.

2. Tes Gigitan

Jika emas tersebut memang asli maka emas akan tergores saat digigit. Bahkan bekas gigitan akan semakin dalam jika emas yang terkandung di dalamnya adalah emas murni 24 karat. Namun, jika ternyata emas yang digigit palsu maka gigitan tidak akan mengubah apa pun. Meski demikian, cara ini tidak direkomendasikan karena dapat merusak tekstur dan kondisi fisik emas.

3. Tarik dengan Magnet

Cara selanjutnya untuk mengetahui emas itu asli atau palsu adalah dengan menarik emas menggunakan magnet. Emas yang tidak terbuat dari logam magnetik maka tentunya tidak bisa ditarik dengan magnet. Gunakan emas yang besar sehingga memiliki daya tarik yang cukup kuat untuk menarik benda magnetik. Jika emas tertarik oleh magnet, kemungkinan besar emas adalah logam yang dilapisi emas atau warna emas saja. Namun, cara ini tidak bisa jadi jaminan seratus persen.

4. Mengukur Kepadatan Emas

Cara mengetahui emas asli atau palsu lainnya adalah dengan mengukur kepadatan emas. Cara ini terbilang sempurna. Hal ini disebabkan massa emas dengan logam lain tidak memiliki kepadatan yang sama. Bahkan jarang ditemukan ada logam yang kepadatannya melebihi kepadatan emas. Ukur berat emas dalam gram dan gunakan timbangan yang presisi. Dianjurkan untuk menggunakan timbangan digital.

Emas Asli

Sumber : www.inovasee.com

Berikut langkah-langkahnya :

  1. Isi gelas yang memiliki tanda ukuran milimeter dengan air.
  2. Catat jumlah air dalam milimeter sebelum emas dimasukkan atau direndam.
  3. Ikat emas dengan benang dan celupkan dengan cara digantung. Catat perbedaan tingkat air setelah emas direndam dan dihitung selisih dari sebelum dan sesudah dicatat.
  4. Gunakan rumus kepadatan untuk menghitungnya. Adapun rumusnya adalah : kepadatan = massa/volume. Jika hasilnya mendekati angka 19 g/ml itu artinya emas tersebut asli.

5. Menggoreskan Emas

Cara mudah untuk mengetahui emas asli atau palsu berikutnya adalah dengan menggoreskan emas pada keramik, batu, atau kertas. Caranya yaitu dengan menggoreskan emas pada keramik di lantai atau piring. Jika terdapat bekas goresan hitam pada keramik, artinya emas tersebut palsu. Tapi, jika tidak berbekas maka artinya emas itu asli.

Jika Rekan Bijak butuh dana tambahan agar dapat memulai berinvestasi emas, ajukan pinjaman saja ke Danabijak! Selain prosesnya yang aman dan cepat, Danabijak memungkinkan para nasabahnya untuk mendapatkan poin bijak yang tentunya menguntungkan. Semakin banyak poin yang terkumpul maka semakin rendah biaya layanan yang dikenakan dan semakin tinggi jumlah pinjaman yang bisa diajukan.

pinjaman uang online cepat cair

1 Comment

Write a comment
  1. Mujaini
    July 23, 05:50 Mujaini

    Cara mengenali emas asli memang diperlukan, agar kita tidak mudah tertipu dalam transaksi. Terima kasih infonya, sangat bermanfaat sekali

    Reply this comment

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: