Memahami 5 Cara Memilih Pinjaman Online Terbaik

Era digital saat ini memungkinkan kita mendapatkan pinjaman uang online dengan mudah. Ada baiknya sebelum mengajukan pinjaman, kita memilih tempat kredit online terbaik. Apa saja? Simak penjelasannya di artikel ini!

Memahami 5 Cara Memilih Pinjaman Online Terbaik

5 Cara Memilih Pinjaman Online Terbaik

Untuk bisa mendapatkan kredit atau pinjaman di bank, bagi sebagian orang, dianggap cukup sulit. Maka dari itu, kini, bermunculanlah pinjaman online yang semakin menjamur di Indonesia. Sejak 2016, Kehadirannya merupakan fenomena penting di industri keuangan. Diprakarsai oleh para perusahaan startup Finance Technology (FinTech), pinjaman online menawarkan kredit ke orang-orang yang selama ini mengalami kesulitan mendapatkan kredit dari bank atau lembaga keuangan konvensional.

Selain karena kehadirannya dianggap sangat membantu orang-orang yang sulit atau bahkan tidak mendapatkan kredit dari bank, FinTech juga memiliki sejumlah keunggulan pinjaman online dibandingkan bank, antara lain :

1. Proses pencairan dana terbilang singkat jika dibandingkan dengan bank. Hanya membutuhkan 3 hari, pinjaman online sudah bisa cair. Sementara bank, biasanya, memerlukan waktu 1-2 minggu.

2. Tidak memerlukan BI checking dan kepemilikan kartu kredit saat mengajukan pinjaman. Tidak berlakunya ketentuan ini tentunya mempermudah peminjam karena kebanyakan orang ditolak bank akibat tidak memiliki riwayat kredit di bank.

3. Proses pengajuannya terbilang mudah. Peminjam cukup mengajukan secara online melalui aplikasi di smartphone sehingga proses menjadi lebih mudah dibandingkan dengan harus datang langsung ke bank. Proses online juga menghapus batasan waktu dan tempat.

Lalu, bagaimana tips memilih pinjaman online yang terbaik?

KEMUDAHAN PERSYARATAN

Syarat yang mudah menjadi faktor utama pinjaman online menarik banyak peminat. Betapa tidak, ini menjadi pembeda dan daya tarik tersendiri dari kredit online dibandingkan dengan kredit konvensional. Biasanya, dokumen yang dibutuhkan untuk bisa meminjam di pinjaman online hanyalah KTP dan foto.

pinjaman online

Syarat yang mudah menjadi faktor utama pinjaman online menarik banyak peminat.

Ini jelas sangat memudahkan peminjam dan semua orang bisa memenuhinya. Namun, tak sedikit pula ditemui FinTech yang mengharuskan para calon nasabahnya untuk mengirimkan berkas yang cukup merepotkan. Itu artinya, meski memberikan kemudahan daripada bank, tapi faktor ini juga menjadi acuan para nasabah dalam memilih tempat pinjaman online terbaik.

TRANSPARANSI BIAYA

Karena bersifat online maka sebagai calon peminjam kita perlu mengetahui kejelasan, mulai dari berapa bunga pinjaman yang dibayarkan, berapa lama jangka waktu peminjaman, serta biaya administrasi.

Biasanya, website pinjaman online yang transparan akan menyediakan detail bunga, waktu pinjaman, dan biaya yang ditanggung jika ada di halaman depan situs.

KECEPATAN PENCAIRAN DANA

Kecepatan pencairan dana menjadi salah satu keunggulan yang kerap ditonjolkan oleh pinjaman online. Klaimnya lebih cepat daripada bank. Bagi peminjam, kapan persetujuan pinjaman dan dana masuk ke rekening menjadi hal yang paling penting.

pinjaman online

Kecepatan pencairan dana menjadi salah satu keunggulan yang kerap ditonjolkan oleh pinjaman online.

Persoalannya, di lapangan tidak semua pinjaman online menerapkan definisi yang sama. Persetujuan cepat hanya jika syarat terpenuhi dan verifikasi selesai dilakukan. Jadi, sebagai calon peminjam, perlu mengetahui 2 hal krusial tersebut sebab tak menutup kemungkinan antara persetujuan dan pencairan dana membutuhkan waktu yang lumayan.

FLEKSIBILITAS PENGAJUAN

Produk pinjaman tanpa agunan di bank memiliki sejumlah keterbatasan. Sebagai contohnya, minimum pinjaman yang diwajibkan cukup besar, yakni di atas 5 juta per bulan, belum lagi jangka waktu cicilan minimal 6 bulan, dan jika pelunasan dipercepat akan dikenakan denda.

Pinjaman online hadir menawarkan fleksibilitas yang tidak bisa diberikan bank. Nasabah diberikan kesempatan untuk meminjam minimal Rp1.000.000 hingga Rp3.000.000. Masa pinjaman juga bisa dilakukan harian bahkan tak perlu harus dicicil. Bagi nasabah yang ingin mengembalikan secepat mungkin, tidak akan dikenakan denda apa pun. Sebisa mungkin, pilih kredit online yang menyediakan fleksibilitas terbaik.

AREA JANGKAUAN

Tips terakhir adalah dengan mencari tau area jangkauan yang telah dilayani oleh FinTech incaran. Apakah sudah beroperasi di kota tempat kita tinggal?

pinjaman online

Sebaiknya, pilih FinTech yang sudah memberikan pelayanan di kota tempat tinggal kita.

Kini, beberapa FinTech tercatat sudah mampu mengembangkan sayapnya keluar kota Jakarta, seperti Danabijak yang sudah berhasil melayani 2 kota besar lain, yakni Bandung dan Surabaya.

pinjaman uang online cepat cair

2 Comments

Write a comment
  1. Maria Margaretha basaur
    May 14, 02:04 Maria Margaretha basaur

    Saya ingin mengembangkan usah saya,,makanya saya mengajukan pinjaman ke dana bijak.trimakasih

    Reply this comment
    • Tetta
      July 10, 10:59 Tetta

      Terima kasih, Rekan Maria. Sudah mempercayakan Danabijak sebagai platform pinjaman online-mu 🙂

      Reply this comment

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: