5 Cara Mengatur Keuangan bagi Kamu Seorang Freelance Milenial!

Saat ini bekerja sebagai freelancer semakin digemari. Karena waktu kerjanya yang bebas sehingga cenderung tidak membosankan dan Rekan lebih banyak memiliki waktu untuk hal lain. Tetapi meskipun sistem kerja yang memudahkan, tentu Rekan tetap perlu memiliki perhatian khusus terhadap pemasukan yang Rekan terima.

5 Cara Mengatur Keuangan bagi Kamu Seorang Freelance Milenial!

5 Cara Mengatur Keuangan bagi Kamu Seorang Freelance Milenial!

Menjadi freelancer memang terkadang menjadi alternatif dalam berkarier bagi milenial yang cepat bosan dan tidak menyukai peraturan yang terlalu baku. Banyak dari mereka yang memilih freelance karena beberapa kelebihannya. Salah satunya adalah fleksibilitas waktu, dimana Rekan tidak perlu pergi ke kantor 5 atau 6 hari seminggu. Rekan juga tidak banyak mengeluarkan biaya transportasi karena tidak rutin pergi ke kantor.

Dengan menjadi seorang freelance, Rekan bisa mengatur waktu kerja sendiri dan pastinya dapat memilih pekerjaan yang hanya Rekan sukai. Namun, sisi lainnya, bekerja dengan cara ini membuat Rekan tidak selalu mendapatkan penghasilan, atau tidak memiliki penghasilan tetap. Penghasilan yang didapatkan bisa lebih tinggi dari gaji orang kantoran atau bahkan hanya sesekali mendapat tawaran pekerjaan.

Baca Juga: 7 Cara Cermat Mengelola Gaji Pertama di Pekerjaan Pertama!

Dengan keadaan keuangan yang tidak menentu tersebut, Rekan yang menggeluti profesi ini harus pintar mengelola uang yang didapat. Apalagi Rekan yang merupakan generasi milenial, harus bisa mengaturnya dengan bijak agar uang tersebut dapat mencukupi kebutuhan, tidak hanya untuk bulan ini, namun juga untuk saat Rekan sedang tidak mendapatkan penghasilan apa pun.

Karena 40% dari freelancer gagal mempersiapkan dana pensiunnya. Alasan utamanya adalah kurangnya pemasukan, jumlah pemasukan yang tidak dapat diprediksi, serta beban tanggungan dana pensiun pasangan. Terlebih sebagai generasi milenial, mempersiapkan masa pensiun adalah salah satu tugas penting yang perlu dilakukan mulai dari sekarang.

Lalu bagaimana menyiapkan masa depan yang aman dan nyaman sementara penghasilan tidak menentu? simak cara mengatur keuangan bagi freelance milenial berikut ini:

Mengetahui Jumlah Pengeluaran

FreelanceSumber: idntimes.com

Mengatur keuangan untuk seorang freelance akan lebih mudah jika mengetahui jumlah pengeluaran setiap bulannya mengalir kemana. Dengan melakukan pencatatan pengeluaran serta penghasilan, Rekan bisa mengetahui kemana uang yang didapatkan mengalir.

Karena terdapat pengeluaran yang ada atau tidak pekerjaan, tetap harus dibayar setiap bulannya, seperti biaya listrik, air atau makan. Dengan mendatanya, Rekan akan tahu kisaran uang yang dibutuhkan setiap bulan untuk mencukupi kebutuhan tersebut. Dengan adanya data tersebut, Rekan setidaknya bisa mengusahakan setiap bulannya untuk mendapatkan penghasilan minimal senilai pengeluaran tersebut.

Baca Juga: 7 Macam Alokasi Dana yang Perlu Ada dalam Pengeluaran

Pisahkan Akun Bank Pribadi dan Bisnis

FreelanceSumber: bsmi.co.id

Memisahkan akun bank akan membantu Rekan mengatasi pengeluaran berlebih dan memudahkan untuk mengecek kondisi keuangan Rekan setiap bulan. Gunakan akun bisnis hanya untuk penghasilan dari seluruh pekerjaan paruh waktumu, dan gunakan aku pribadi untuk pendapatan pribadi lainnya.

Jika memungkinkan, Rekan juga dapat membuat akun berbeda untuk pajak dan tabungan masa depan. Hal yang perlu diingat jangan biakan keuangan dalam setiap akun tercampur atau tujuan awal Rekan untuk mengatur keuangan tidak akan tercapai.

Baca Juga: 5 Produk Bank Paling Diminati di Indonesia

Siapkan Tabungan atau Dana Darurat

FreelanceSumber: Liputan6.com

Karena penghasilan yang didapat setiap bulannya tidak pasti, Rekan harus menyiapkan banyak pos cadangan. Minimal, Rekan harus menyiapkan tabungan atau dana darurat. Ketika Rekan mendapatkan penghasilan cukup besar, jangan lupa simpan sebagian atau sebagian besar untuk dana darurat. Jadi, saat tidak ada pekerjaan, Rekan bisa menggunakannya untuk memenuhi kebutuhan.

Baca Juga: 3 Cara Memprioritaskan Dana Darurat agar Hidup Aman

Selektif dalam Menggunakan Uang

FreelanceSumber: Stuff.co.nz

Agar keuangan untuk Rekan yang seorang freelance tetap seimbang, perlu untuk lebih selektif ketika membelanjakan uang. Rekan harus bisa membedakan mana yang merupakan kebutuhan dan mana yang keinginan, berhentilah bersikap konsumtif. Beli dan pilih barang yang hanya Rekan benar-benar perlukan saja.

Akan lebih baik jika barang yang dibeli bisa multifungsi dan menunjang pekerjaan. Jika bisa mengendalikan keinginan untuk berbelanja, uang yang dihasilkan bisa ditabung atau diinvestasikan sehingga bisa berguna untuk masa depan.

Baca Juga: 6 Pertanda Ini Mengharuskanmu Mengatur Ulang Keuangan Pribadi!

Mulailah Investasi

FreelanceSumber: hipwee.com

Cara lain untuk mengembangkan uang yang Rekan miliki adalah dengan menginvestasikannya. Hal ini perlu Rekan lakukan karena memiliki banyak keuntungan untuk masa depan. Pilih produk investasi yang sesuai dengan dana yang Rekan miliki.

Saat ini, ada banyak produk investasi yang bisa dipilih meski dengan dana yang terbatas. Tapi tentu semakin besar uang yang diinvestasikan, semakin besar risiko dan keuntungan yang didapat. Begitu pun sebaliknya. Jika khawatir, Rekan bisa memulai dengan produk investasi yang terkenal aman seperti emas batangan.

Baca Juga: Mari Mengenal Investasi Emas Online Cara Meraup Keuntungan Zaman Now!

Menjadi seorang freelance dan hidup sejahtera sangat mungkin diwujudkan selama pengelolaan uang dilakukan dengan cara yang benar. Tidak hanya habis untuk kebutuhan dan keinginan, tapi juga ditabung dan diinvestasikan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat ya Rekan Bijak!

Freelance

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: