5 Cara Mengelola Uang Pinjaman

Uang yang didapat dari pinjaman, baik online maupun KTA, sebaiknya digunakan sebijaksana mungkin. Berikut Danabijak berikan 5 cara agar uang pinjaman dapat dikelola dengan baik!

5 Cara Mengelola Uang Pinjaman

5 Cara Mengelola Uang Pinjaman

Modal usaha merupakan salah satu faktor terpenting dalam membangun usaha atau bisnis. Hampir setiap pebisnis selalu berusaha mencari modal yang cukup demi mendukung kemajuan dan perkembangan bisnisnya. Jika modal yang dimiliki sangatlah minim, tak sedikit pebisnis akan melakukan pinjaman pada bank.

Ironinya, tak sedikit pula pebisnis yang tidak dapat memanfaatkan pinjaman modal tersebut secara tepat. Oleh karena itu, sebagai seorang pebisnis kita wajib berhati-hati dengan uang pinjaman tersebut. Jangan malah menjadikan uang itu masalah di kemudian hari hanya karena kita tidak cerdas mengelola pinjaman.

Danabijak akan memberikan beberapa tips jitu untuk mengelola uang pinjaman agar tidak menimbulkan kerugian dan justru akan membuat bisnis bangkrut.

MEMBUAT CATATAN KEUANGAN

Uang Pinjaman

Tuliskan semua arus kas dalam bentuk buku pencatatan keuangan.

Tuliskan semua arus kas dalam bentuk buku pencatatan keuangan yang meliputi, buku kas masuk (BKM) dan buku kas keluar (BKK) menjadi salah satu cara mengelola uang pinjaman bank dengan baik. Kedua buku tersebut bermanfaat untuk mencatat semua arus kas bisnis , baik pengeluaran dan pemasukan sehingga kita dapat mudah melakukan pengecekan arus kas dalam bisnis tersebut.

GUNAKAN UANG PINJAMAN DENGAN BIJAK

Poin ini mengartikan agar tidak menggunakan uang pinjaman untuk kebutuhan konsumtif. Ingat bahwa tujuan awal pengajuan pinjaman ke bank adalah mengembangkan bisnis, bukan untuk membiayai kebutuhan berbelanja, jalan-jalan, makan, hangout, atau kebutuhan pribadi lainnya.

PISAHKAN UANG PRIBADI DAN UANG USAHA

Uang Pinjaman

Disiplin dan komitmen dalam memisahkan uang pribadi dengan uang yang akan dipakai untuk mengembangkan usaha dapat mempermudah kita dalam mengontrol arus kas.

Yang juga wajib dilakukan dalam mengelola uang pinjaman adalah disiplin dan komitmen dalam memisahkan uang pribadi dengan uang yang akan dipakai untuk mengembangkan usaha. Hal ini dapat mempermudah kita dalam mengontrol arus kas, berupa pengeluaran dan pemasukan usaha. Maka dari itu, kita perlu membuka 2 rekening berbeda di bank.

MAMPU MEMUTAR ARUS KAS

Cara lain untuk mengelola uang pinjaman yakni memutar arus kas. Pastikan alur putaran kas yang meliputi pengelolaan hutang, piutang, dan persediaan berjalan dengan baik tidak ada hambatan. Hal ini sangat mendukung keberlangsungan bisnis.

GUNAKAN UANG PINJAMAN UNTUK PRODUKTIVITAS KERJA

Uang Pinjaman

Lakukan perencanaan penggunaan uang usaha sebaik mungkin, terutama untuk meningkatkan produktivitas kerja.

Lakukan perencanaan penggunaan uang usaha sebaik mungkin, terutama untuk meningkatkan produktivitas kerja sehingga dapat melancarkan kinerja bisnis. Produktivitas kerja yang dimaksud adalah membeli peralatan kerja, membeli bahan baku produk bisnis, dan mengikuti pelatihan kerja.

pinjaman uang online cepat cair

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: