5 Cara Mudah Siapkan Dana Pensiun Sejak Dini

Saat masih berada di usia produktif, Rekan Bijak sudah harus memikirkan untuk biaya hari tua. Apa saja itu? Simak uraiannya dalam artikel.

5 Cara Mudah Siapkan Dana Pensiun Sejak Dini

5 Cara Mudah Siapkan Dana Pensiun Sejak Dini

Di usia muda seperti sekarang ini, kita masih memiliki banyak waktu dan tenaga untuk melakukan beragam pekerjaan. Selain bisa bergantung pada pekerjaan utama, kita bisa saja ambil pekerjaan sampingan demi mendapatkan pemasukan tambahan. Waktu muda inilah yang seharusnya dimanfaatkan untuk mengejar cita-cita sambil mengumpulkan dana pensiun.

Dana pensiun merupakan dana yang dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari serta biaya tak terduga ketika kita sudah beranjak tua dan tidak lagi bekerja. Meski bagi sebagian orang terlalu dini untuk menyiapkan dana pensiun, tapi mengingat kebutuhan hidup yang terus meningkat sehingga memaksa kita untuk selalu cermat mengatur keuangan. Sekalipun kita sudah memasuki masa pensiun.

Jadi, hal apa saja yang perlu dilakukan para pekerja muda untuk menyiapkan dana pensiun?

MULAI DARI SEKARANG

Pekerja muda kadang berpikiran bahwa saat ini terlalu muda untuk menabung untuk mempersiapkan hari tua. Namun, tidak ada salahnya menabung sedari dini agar kelak tabungan pensiun terkumpul lebih banyak sehingga dapat mencukupi segala kebutuhan nanti.

Dana Pensiun

Menabung sedari dini agar kelak tabungan pensiun terkumpul lebih banyak.

Jika mengalami kesulitan, mintalah bantuan orangtua untuk mengatur atau menyimpan tabungan setiap bulannya minimal 3-10 persen dari penghasilan yang bisa ditabung setiap bulannya untuk persiapan dana pensiun.

RENCANAKAN ANGGARAN BULANAN

Setiap pengeluaran seharusnya dicatat karena seringkali terlupa dan akhirnya menguras tabungan atau gaji di akhir bulan. Solusinya adalah dengan menyiapkan segala catatan perincian biaya pengeluaran.

Sebagai contoh, misalnya, kita menghabiskan uang Rp40.000 untuk biaya makan siang, berarti kita akan menghabiskan Rp200.000 dalam seminggu. Nilai ini tentu akan bertambah besar jika diakumulasikan dalam kurun waktu setahun. Padahal, untuk menghemat pengeluaran tersebut, kita bisa membawa bekal makan siang atau memilih makan siang dengan harga lebih terjangkau. Hal kecil ini mampu membuat keuangan menjadi lebih stabil.

LUNASI HUTANG

Kecerobohan finansial di masa lalu mungkin saja membuat kita harus mengangsur hutang di masa kini. Kalau ternyata kita memiliki hutang, sebaiknya segera lunasi hutang tersebut. Hutang yang bunganya besar akan menggerogoti pendapatan. Maka, tidak ada salahnya kita melunasi hutang bila kita sedang memiliki pendapatan lebih.

Dana Pensiun

Selagi masih bekerja sebaiknya lunasi hutang yang ada agar bisa fokus merencanakan tabungan dana pensiun.

Setelah hutang dilunasi, kita bisa lebih fokus merencanakan tabungan dana pensiun atau memikirkan objek investasi yang disesuaikan pula dengan kemampuan kita.

SIAPKAN DANA DARURAT

Jika saat ini kita masih berstatus lajang, kita harus memiliki simpanan dana darurat sebesar 3 kali gaji bulanan. Sementara itu, bagi yang sudah berkeluarga, nominalnya justru harus lebih besar, yakni bisa mencapai 6 gaji bulanan. Dana darurat akan menjadi penyelamat saat kondisi keuangan memburuk.

Simpanlah dana darurat pada tabungan khusus atau deposito sehingga bisa menjadi dana cadangan pula untuk diri kita sendiri maupun orang yang kita cintai. Saat dalam masa sulit, dana darurat dapat menjadi solusinya.

INVESTASI

Salah satu solusi memperoleh pendapatan pasif adalah dengan berinvestasi. Menyisihkan sebagian tabungan untuk memulai investasi yang aman adalah pilihan yang cerdas. Jangan tergoda dengan investasi yang menjanjikan keuntungan besar dalam waktu yang relatif singkat. Alangkah baiknya jika lebih cermat dalam memilih jenis investasi yang stabil dalam jangka panjang.

Dana Pensiun

Menyisihkan uang untuk investasi merupakan salah satu cara mendapatkan pendapatan pasif di usia senja.

Jadi, sekarang maukah kita mulai menyiapkan masa pensiun demi hari tua yang lebih terjamin?

Masa pensiun tentunya harus menjadi waktu bagi kita untuk beristirahat dengan nyaman tanpa mengkhawatirkan kestabilan finansial diri sendiri maupun orang-orang terdekat yang dicintai.

Jika memerlukan dana tambahan demi memenuhi tabungan pensiun, jangan ragu untuk mengajukan pinjaman di Danabijak! Danabijak hadir sebagai solusi keuangan pribadi maupun keluarga dengan memberikan pinjaman dana hingga 3 juta rupiah. Selain keuntungan poin yang diberikan, Danabijak juga memastikan data nasabah yang ada tersimpan dengan aman sehingga siapa pun tak perlu merasa ragu melakukan pengajuan pinjaman.

pinjaman uang online cepat cair

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: