5 Cara Pilih Asuransi Pendidikan Anak yang Tepat

Setiap orang tua pasti ingin mempersiapkan segala hal yang terbaik bagi sang anak, termasuk soal pendidikan. Tapi, biaya pendidikan semakin meningkat setiap tahunnya. Hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi orang tua demi bisa mempersiapkan pendidikan anak sejak dini. Melihat peluang tersebut, perusahaan asuransi berlomba-lomba meluncurkan produk asuransi yang dapat menjamin pendidikan anak di masa depan. Meski kian menjamur, namun kita perlu mencermati lebih dalam sebelum memilih asuransi pendidikan yang terbaik untuk buah hati.

5 Cara Pilih Asuransi Pendidikan Anak yang Tepat

5 Cara Pilih Asuransi Pendidikan Anak yang Tepat

Seperti yang diketahui bersama, asuransi pendidikan anak merupakan produk asuransi yang ditujukan khusus untuk melindungi dana pendidikan anak. Asuransi pendidikan anak berfungsi memberikan perlindungan dari risiko kepada pencari nafkah keluarga yang menyebabkan penghasilan keluarga tersebut terhenti, seperti sakit kritis atau meninggal dunia. Pihak asuransi akan memberikan sejumlah uang pertanggungan yang dapat digunakan untuk membiayai pendidikan anak.

Demi mendapatkan asuransi pendidikan anak yang terbaik dan tepat, sebaiknya lakukan 6 tips berikut ini :

BUAT RENCANA PENDIDIKAN ANAK

Sebelum memilih dan memutuskan perusahaan asuransi mana yang hendak dipilih, kita perlu membuat rencana pendidikan anak. Rencana ini sangat penting untuk menjadi panduan dalam memilih asuransi pendidikan yang tepat. Tanpa adanya rencana pendidikan yang jelas, kita akan kebingungan dalam memilih produk asuransi.

Asuransi Pendidikan

Rencana pendidikan sangat penting untuk menjadi panduan dalam memilih asuransi pendidikan yang tepat.

Rencana pendidikan anak berisi tentang sudahkah kita memikirkan setinggi apa jenjang pendidikan anak kita ke depannya? Termasuk pula jenjang pendidikan anak. Dari pendidikan dasar, menengah, sampai lanjutan. Kita juga perlu memikirkan ke mana anak akan disekolahkan. Usahakan untuk merancang rencana pendidikan sedetail mungkin.

Dalam membuat perencanaan pendidikan, kita perlu mengetahui profil beberapa sekolah. Solusinya, tanyakan saja pada kerabat, tetangga, atau sesama orang tua yang sudah pernah menyekolahkan anaknya di tempat tersebut. Cara lain adalah dengan mengunjungi langsung sekolah-sekolah tersebut. Hal ini akan membantu kita dalam mendapatkan sekolah yang berkualitas.

Aspek penting lain yang tidak boleh dilewatkan dalam membuat rencana pendidikan anak adalah mengidentifikasi minat serta bakat anak sejak dini. Passion anak menjadi hal terpenting yang patut diperhitungkan.

KENALI PERUSAHAAN ASURANSI PENDIDIKAN

Untuk memilih perusahaan asuransi yang baik, kita perlu memperhatikan kekuatan keuangan perusahaan tersebut, yakni aset, liabilitas, dan kualitas tenaga kerjanya. Aset beserta liabilitas dapat dilihat dari laporan neraca keuangan yang secara transparan disampaikan pada publik.

Selanjutnya, pilihlah perusahaan asuransi yang memiliki track record yang terpercaya. Bertanyalah sebanyak dan sesering mungkin pada agen asuransi sehingga kita paham betul tentang produk asuransi yang ditawarkan. Disarankan pula untuk coba mengajukan beberapa case, misalnya bila pencari nafkah mengalami musibah dan meminta solusi yang bisa diberikan oleh perusahaan asuransi tersebut.

PILIH ASURANSI SESUAI KEBUTUHAN DAN KEMAMPUAN FINANSIAL

Jika kita dihadapkan dengan beberapa pilihan perusahaan asuransi, kita perlu melihat aspek-aspek lainnya dalam memilih asuransi pendidikan yang tepat dan berkualitas. Pelajari segala informasi yang diperoleh, baik dari agen asuransi maupun dari nasabah lain yang telah mengikuti program asuransi pendidikan. Buka kembali rencana pendidikan serta perkiraan biaya pendidikan di masa mendatang. Sesuaikan pula rencana pendidikan tersebut dengan program asuransi pendidikan yang ditawarkan.

Asuransi Pendidikan

Identifikasi kondisi keuangan sebelum memutuskan untuk membeli produk asuransi pendidikan.

Sebaiknya, sebelum kita menginvestasikan pendapatan ke sebuah produk asuransi, kita perlu mengetahui kondisi finansial terlebih dahulu. Ukurlah berapa jumlah uang yang dapat disisihkan dan risiko keuangan apa yang akan dihadapi bila membeli produk asuransi tersebut. Mulailah mengelola keuangan agar perencanaan pendidikan anak terpenuhi.

PILIH POLIS YANG MENGUNTUNGKAN

Asuransi pendidikan adalah jenis asuransi jangka panjang yang dapat diambil setelah anak mencapai usia tertentu dan siap masuk sekolah ke jenjang yang lebih tinggi. Namun, kita tidak pernah tau masa mendatang. Perubahan sistem pendidikan dan kurikulum dapat berpengaruh terhadap biaya pendidikan. Tentu saja hal ini berpengaruh besar terhadap perkiraan biaya pendidikan yang telah direncanakan sebelumnya.

Maka disarankan untuk memilih polis yang fleksibel dan menguntungkan. Pilih polis yang dapat diklaim sewaktu-waktu untuk memenuhi kebutuhan pendidikan anak. Pastikan kita sudah melakukan kalkulasi secara akurat agar tak terjadi kekurangan biaya pendidikan setelah melakukan klaim.

CEK FASILITAS LAIN

Hal terakhir yang perlu diperhatikan sebelum membeli produk asuransi adalah memeriksa fasilitas lain yang ditawarkan oleh perusahaan asuransi tersebut. Selain menjamin pendidikan anak, biasanya fasilitas lain yang diberikan adalah jaminan kesehatan.

Asuransi Pendidikan

Selain menjamin pendidikan anak, biasanya fasilitas lain yang diberikan adalah jaminan kesehatan.

Jika anak yang terdaftar dalam asuransi pendidikan mengalami masalah kesehatan maka biaya perawatan di rumah sakit akan diganti oleh pihak asuransi. Pilih asuransi jenis ini jika kita merasa memerlukan jaminan kesehatan anak.

Walaupun ada fasilitas tambahan yang ditawarkan, pastikan bahwa prioritas utama tetap pendidikan anak. Fasilitas tambahan sebaiknya tidak memotong investasi pendidikan anak terlalu banyak sehingga biaya sekolah anak di masa depan akan terjamin.

pinjaman uang online cepat cair

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: