Simak 5 Cara Terbaik untuk Menyiapkan Dana Pendidikan Anak

Biaya pendidikan terbilang cukup banyak alias tidak sedikit. Lima cara ini akan membantu Rekan Bijak dalam menyiapkan dana pendidikan anak.

Simak 5 Cara Terbaik untuk Menyiapkan Dana Pendidikan Anak

Siapkan Dana Pendidikan Anak? Simak Cara Terbaiknya

Dana pendidikan anak perlu dipersiapkan sejak dini. Hal ini dikarenakan biaya pendidikan yang terus menerus naik setiap tahun. Kenaikannya bisa mencapai 10-20% per tahun. Di samping itu, orang tua juga selalu ingin memberikan yang terbaik bagi anak-anaknya. Kedua faktor tersebut menjadi alasan perlunya mempersiapkan dana pendidikan anak sedini mungkin dengan baik dan penuh perhitungan.

Jumlah uang yang dibutuhkan tergantung pada rencana atau keinginan untuk mengirimkan anak ke sekolah negeri atau swasta. Ditambah pula, jumlah anak yang akan bersekolah. Itu pun belum termasuk biaya tambahan, seperti seragam sekolah, ongkos ke sekolah, dan peralatan sekolah lainnya.

Jadi, bagaimana sebaiknya menyiapkan dana agar pendidikan anak kelak terjamin?

Buat Tabungan Pendidikan

Dana Pendidikan

Tabungan pendidikan biasanya disediakan oleh bank. Kelebihannya, tabungan pendidikan memberikan nilai tunai lebih besar karena ada bunga bank. Besar bunganya biasanya sedikit di bawah bunga deposito, tapi lebih tinggi dari bunga biasa (bisa mencapai 4-5%). Tabungan pendidikan menyertakan asuransi jiwa dan fasilitas bebas biaya premi. Kelebihan lain yang diberikan tabungan pendidikan adalah dana yang bisa sewaktu-waktu diambil (ini karena sifatnya tabungan) dan besar pengambilan pun terserah (tidak terikat oleh perjanjian apa pun).

Ikut Asuransi Pendidikan

Sesuai dengan fungsinya, asuransi pendidikan dibuat untuk proteksi dan jaminan masa depan. Pemilik asuransi diharuskan membayar premi dalam jumlah dan waktu tertentu sesuai pilihan. Keuntungan yang diberikan untuk para pemenang asuransi pendidikan adalah saat anak-anak memasuki jenjang pendidikan baru, dana akan cair. Selain itu, dana asuransi akan tetap diberikan jika pemiliknya meninggal dunia dengan tanpa perlu membayar premi lagi. Namun, sebaliknya, jika dana asuransi pendidikan diambil sebelum waktunya, akan ada pinalti (diharuskan membayar dalam jumlah tertentu).

Sangat dianjurkan untuk memulai dana asuransi pendidikan sejak anak usia dini. Ketika anak berusia 0 tahun premi asuransi yang dibayarkan bisa lebih murah dibandingkan dengan anak yang sudah menginjak usia lebih besar. Usia orang tua juga sebagai faktor penentu besarnya premi.

Contoh perhitungan : Jika setiap bulan penghasilannya 7 juta, maka sisihkan 10% untuk dana asuransi pendidikan anak, yaitu sebesar 700 ribu. Maka dalam setahun, asuransi pendidikan anak akan mencapai sekitar 8,4 juta.

Menabung Emas

Dana Pendidikan

Sumber: www.hargatop.id

Emas merupakan barang investasi paling diminati di Indonesia, termasuk investasi dana pendidikan anak. Bahkan, menabung emas sudah banyak dilakukan oleh orang tua zaman dulu untuk mempersiapkan dana pendidikan anak-anaknya. Keuntungan memilih emas untuk berinvestasi adalah harga emas yang cenderung selalu naik. Hal ini dinilai ampuh untuk menangkal inflasi. Rata-rata kenaikan emas bisa mencapai 10-20% per tahun. Tidak hanya itu, investasi emang dianggap paling menguntungkan karena bebas pajak dan juga mudah dicairkan.

Investasi Saham

Dana Pendidikan

Sumber: okezone.com

Saham merupakan produk pasar modal. Pasar modal adalah tempat bertemunya para investor (pembeli) dengan orang-orang yang membutuhkan dana jangka panjang (penjual). Saham dipercaya dapat menghasilkan retur yang tinggi daripada emas, tapi mengandung risiko merugi. Untuk menghindarinya, perlu pengetahuan detail tentang pasar modal dan perlu mempelajari seluk-beluk investasi saham. Investasi saham dianggap cocok sebagai cara untuk mempersiapkan dana pendidikan sebab dana dapat berkembang dalam jangka panjang bila dibandingkan dengan hanya menempatkan uang di produk perbankan. Selain itu, investasi saham juga mengajarkan berdisiplin untuk secara rutin melakukan investasi.

Menabung Deposito

Dana Pendidikan

Sumber: www.femina.co.id

Cara lain yang bisa dilakukan untuk mempersiapkan dana pendidikan anak adalah dengan menabung deposito. Tidak seperti tabungan biasa, saat memutuskan untuk menabung deposito, uang tidak dapat diambil sewaktu-waktu atau seenaknya. Walau tidak dapat diambil kapan pun, bunga deposito jauh lebih besar dibanding tabungan biasa. Jika dihitung, selisihnya cukup jauh sehingga sangat menguntungkan. Biasanya, bank menawarkan pilihan jangka waktu berdeposito, antara lain 1,3, 6, 12, hingga 24 bulan. Sesuaikan dengan kebutuhan sehingga tidak kenal pinalti atau bayar denda.

Dengan menginvestasikan uang di deposito, dana kita mendapat perlindungan dari pemerintah lewat program Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). Dengan syarat, bank tempat kita berdeposito sudah mendaftarkan dirinya dalam program LPS. Deposito bank menguntungkan dengan adanya program tersebut karena jika bank tersebut bangkrut, dana kita akan tetap aman dan utuh.

Sudah melakukan salah satu dari cara di atas, tapi masih perlu dana tambahan untuk pendidikan anak? Jangan khawatir, Danabijak solusinya! Butuh dana? Danabijak aja! 🙂

pinjaman uang online cepat cair

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: