5 Fakta Menarik Dibalik Gaji Ke 13 PNS yang Sudah Bisa Dicairkan

Para aparatur sipil negara (ASN) atau lebih dikenal PNS, Prajurit TNI, dan anggot Polri mulai tanggal 1 Juli akan mendapatkan uang tambahan selain gaji. Selain mendapatkan tunjangan hari raya (THR), PNS juga akan mendapatkan gaji ke 13 yang cairnya bersamaan dengan gaji bulanan.

5 Fakta Menarik Dibalik Gaji Ke 13 PNS yang Sudah Bisa Dicairkan

5 Fakta Menarik Dibalik Gaji Ke 13 PNS yang Sudah Bisa Dicairkan

Menteri keuangan Sri Mulyani Indrawati menyebut proses pencarian gaji ke 13 sudah bisa dilakukan hingga akhir juni tahun ini. Pasalnya dari tanggal 1 Juli sudah bisa mulai dicairkan atau dibayarkan. Para satuan kerja (satker) masing-masing instansi diminta untuk segera bergerak cepat memproses pencairan ke kantor pelayanan perbendaharaan negara (KPPN).

Gaji ke 13 para abdi negara ini dicairkan untuk membantu biaya masuk sekolah di tahun ajaran baru. Oleh karena itu pencariannya dibedakan dengan tunjangan hari raya (THR). Adapun besarannya sama dengan gaji bulanan.

Dibalik informasi menyenangkan mengenai pencarian gaji ke 13, terdapat fakta menarik didalamnya. Simak ulasannya dibawah ini:

Gaji Ke 13 Dipastikan Cair

Gaji Ke 13Sumber: republika.co.id

Menteri keuangan (Menkeu) Sri Mulyani memastikan gaji ke 13 untuk pegawai negeri sipil (PNS) hingga pensiunan akan cair pada bulan juni 2019. Menurutnya pencarian akan sesuai jadwal dan tidak akan molor dari jadwal yang ditentukan.

Seperti yang di sampaikannya pada tanggal 13 Juni kemarin “PNS kan sekarang prosesnya seluruh satker sedang mengajukan prosesnya ke kita. Pencarian selalu 1 juli, tapi proses tadi pagi saya lihat sudah cukup banyak yang satker sudah mulai ajukan”

Baca Juga: 7 Cara Jitu Mengelola Keuangan dari Gaji Bulanan

Gaji ke 13 Diberikan ke PNS hingga Pensiunan

Gaji Ke 13Sumber: bisnis.tempo.co

Pemberian gaji ke 13 sesuai dengan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 35 Tahun 2019 tentang perubahan ketiga atas Peraturan Pemerintah No 19 Tahun 2016 tentang Pemberian Gaji, Pensiun, atau Tunjangan Ketiga Belas Kepada Pegawau Negeri Sipil, Perajurit Tentara Nasional Indonesia, Anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia, Pejabat Negara dan Penerima Pensiun atau Tunjangan.

Berdasarkan aturan tersbut, penerima gaji ke 13 akan meliputi PNS, prajurit TNI, anggota Polri, Pejabat Negara, dan Pensiunan. Besarnya pun sesuai dengan penghasilan yang diterima setiap bulannya. Dalam lampiran PP ini juga disebutkan, komponen gaji ketiga belas untuk PNS dan Pensiunan akan berbeda. Adapun, untuk PNS hingga anggota Polri akan terdiri dari gaji pokok, tunjangan keluarga, tunjangan jabatan, dan tunjangan kinerja. Sedangkan, pensiunan akan menerima gaji berupa pensiunan pokok, dan tunjangan keluarga atau tunjangan penghasilan.

Baca Juga: 5 Cara Mudah Siapkan Dana Pensiun Sejak Dini

Anggaran Gaji Ke 13 Dialokasikan sebesar Rp20 triliun

Gaji ke 13Sumber: ekonomi.bisnis.com

Kementrian Keuangan (Kemenkeu) menganggarkan Rp20 triliun untuk kebutuhan pembayaran gaji ke 13 bagi PNS di tahun 2019, anggaran tersebut naik dari tahun lalu yang sebesar Rp17,9 triliun. Kenaikan itu juga didorong adanya peningkatan pada komponen gaji pokok PNS.

Pemerintah telah menetapkan kebijakan kenaikan gaji pokok sebesar 5% sejak Januari 2019, karena itu anggaran untuk gaji ketiga belas pun naik dari sebelumnya.

Baca Juga: Yuk, Ikuti 7 Persiapan Sebelum Meminta Kenaikan Gaji

Dibayarkan Bersamaan dengan Gaji Juli

Gaji Ke 13Sumber: koranmadura.com

Pencarian gaji tambahan ini dilakukan bersamaan dengan gaji bulan Juli. Kepastian tersebut disampaikan langsung oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani, menurutnya saat ini satuan kerja seluruh instansi sedanng mdalam proses pengusulan pencairan gaji ke 13 agar segera turun.

Baca Juga: 6 Strategi Atur Gaji UMR agar Cukup Selama Sebulan

Diarahkan untuk Persiapan Sekolah

Gaji Ke 13Sumber: liveolive.com

Sri Mulyani juga menuturkan bahwa komponen gaji ke 13 sama dengan tahun lalu, tidak ada perbedaan didalamnya. Beliau juga menyampaikan bahwa pencairan gaji ketiga belas ini dibedakan dengan THR agar dapat diarahkan digunakan untuk menyambut masa sekolah ajaran baru sebagai dana pendidikan anak.

Baca Juga: Simak 5 Cara Terbaik untuk Menyiapkan Dana Pendidikan Anak

Nah rekan, itu adalah beberapa fakta menarik dibalik gaji ke 13 yang akan di dapatkan PNS segera berbarengan dengan gaji bulan Juli. Semoga artikel ini bermanfaat ya rekan bijak!

Gaji Ke 13

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: