5 Hal yang Patut Dipertimbangkan Sebelum Mengambil KTA

KTA merupakan sistem kredit yang baru yang terkenal tanpa jaminan sehingga diminati banyak orang. Dengan diminati banyak orang, mulai banyak bank dan produk-produk yang menawarkan sistem KTA.

5 Hal yang Patut Dipertimbangkan Sebelum Mengambil KTA

5 Hal yang Patut Dipertimbangkan Sebelum Mengambil KTA

Kredit Tanpa Agunan, atau biasa disingkat sebagai KTA, merupakan salah satu pinjaman yang sedang populer dalam masyarakat. Popularitas KTA ini akibat dari tak adanya jaminan dari Kredit tersebut. Jaminan selama ini dianggap sebagai penghalang orang-orang dari berhutang, seperti jika ingin memakai kredit untuk membangun sesuatu, menjadikan rumahnya sebagai jaminan. Sekarang ini, dengan Kredit Tanpa Agunan, ditambah lagi dengan syarat-syarat tertentu, menjadi salah satu pilihan berkredit oleh masyarakat.

KTA menjadi pilihan yang cukup beralasan, padahal masih banyak resiko yang dihadapi. Masih banyak lapisan masyarakat yang berpikir, tanpa adanya jaminan akan membawa “berkah”, padahal masih ada pembeban walaupun tanpa jaminan sekalipun.

Dengan tanpa jaminan, bukan berarti kita terbebas dari beban apapun. Bahkan, Kredit Tanpa Agunan dikenal lebih “kejam” dalam menagih, karena walaupun tidak memakai jaminan, namun KTA memastikan bahwa jika gagal membayar atau kredit macet, maka penagih utang akan datang.

Lalu ada juga ancaman pidana, dan yang terburuk ialah terkena Blacklist dari Bank Indonesia, yang berarti bahwa jika gagal membayar, akan membuat tidak bisa meminjam uang dari bank manapun. Ditambah lagi, KTA juga dikenal mempunyai bunga yang tinggi dan pinjaman pun tidak terlalu besar.

Lalu, apa aja sih, hal yang patut Rekan Bijak perhatikan sebelum mengambil Kredit Tanpa Agunan?

Tujuan Mengambil KTA

KTA

Sumber : Jambi.Tribunnews.com

Kita harus tahu dan sadar akan tujuan kita mengambil KTA. KTA bukanlah suatu program yang main-main dan diperlukan keseriusan dan menjalani KTA.

Ketika Rekan Bijak mengambil KTA, Rekan Bijak harus sadar, apakah Rekan Bijak mengambil KTA karena keperluan yang benar-benar urgen, atau hanya keperluan yang hanya untuk menutupi suatu hal, seperti memperbaiki mobil ataupun hal lainnya yang sebenarnya tidak terlalu urgen.

Sebenarnya, KTA seharusnya memang diambil untuk hal-hal yang memang seharusnya menguntungkan dan tidak akan terlalu membebankan di masa depan.

Jadi, sebelum mengambil KTA, Rekan Bijak harus tau apakah Rekan Bijak mengambil KTA untuk kesenangan semata, ataupun untuk keperluan yang memang benar-benar penting dan menguntungkan di masa depan.

Kemampuan Dalam Membayar Utang

KTA

Sumber : Merdeka.com

Perhatikan kemampuanmu membayar utang! Kemampuanmu membayar utang harus diperhatikan agar kamu tau sampai manakah kamu mampu membayar kredit.

Jika tidak mampu membayar kredit, pastinya kamu akan terkena kredit macet dan terkena resiko-resiko yang sudah disebutkan diatas, seperti terancam pidana dan Blacklist dari pihak Bank Indonesia.

Jika kamu mempunyai gaji per bulan 3 Juta Rupiah, tidak mungkin kamu meminjam uang hingga 100 Juta Rupiah dengan bunga 3% dengan pelunasan dalam waktu 3 tahun, bukan?

Lebih baik, Rekan Bijak sadar akan kemampuan membayar utang dan mampu menyeimbangkan utang dengan kebutuhan sehari-hari dan mempunyai pertimbangan matang dengan perhitungan yang baik.

Perhatikan Sumber KTA

KTA

Sumber : Kumparan.com

Coba lihat tempat Rekan Bijak berhutang. Terkadang, kita tergiur pada sumber KTA dengan penawaran-penawaran yang menarik, namun kita tidak melihat resiko-resiko yang ada di samping dari keuntungan-keuntungannya.

Tingkat bunga yang rendah bukan menjadi jaminan bahwa pembayaran utang akan menjadi lebih mudah, dan tingkat bunga yang tinggi bukan menjadi jaminan bahwa pembayaran utang pasti menyulitkan. Tetapi yang pasti, pastikan Rekan Bijak akan nyaman dengan Kredit Tanpa Agunan tersebut.

Ingat Akan Resiko

KTA

Sumber : Riau24.com

Resiko melakukan apapun pasti tetap ada, termasuk dalam mengambil KTA. Resiko mengambil KTA bahkan ada jikapun kita melihat bahwa diri kita mampu membayar. Resikonya banyak bahkan disaat kita sedang fokus membayar.

Resiko-resiko itu adalah seperti ketidakmampuan menyimpan uang karena harus membayar KTA, harus fokus membayar KTA sehingga tidak dapat membayar apapun yang kita impikan, adanya bunga yang membuat suatu hal menjadi lebih mahal walaupun dicicil, dll.

Mempunyai Alternatif Lainnya

KTA

Carilah alternatif lain selain KTA. KTA tidak selalu harus dipakai ketika ada urgensi. Banyak alternatif yang dapat dipilih ketika dihadapkan suatu pilihan untuk berhutang ketika tidak mempunyai uang yang cukup, misal dalam investasi ataupun dalam membangun rumah.

Rekan Bijak bisa meminjam kepada saudara, kerabat ataupun teman, yang pastinya akan menjadi opsi yang lebih baik dalam meminjam. Kerabat pastinya akan lebih mengerti ketika Rekan Bijak ternyata tidak mampu melunasi utang dalam waktu yang ditentukan.

Jika kamu memerlukan dana cepat dengan jumlah yang tidak banyak, cobalah pinjaman online  yang tidak memerlukan banyak dokumen dan banyak syarat, seperti KTA yang membutuhkan NPWP atau berkas lainnya. Hanya memerlukan KTP, Buku Rekening Tabungan dan data diri lainnya, Rekan Bijak bisa mencoba mengajukan pinjaman di Danabijak sebagai salah satu solusi pinjaman jangka pendek.

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: