5 Ide Menu Sahur Sehat dan Praktis

Sambut Ramadan dengan suka cita dan penuh persiapan. Tak ketinggalan persiapan hidangan sahur. Baca artikel berikut untuk mendapatkan inspirasi menu makanan sahur yang enak dan praktis!

5 Ide Menu Sahur Sehat dan Praktis

5 Ide Menu Sahur Sehat dan Praktis

Sebentar lagi umat Islam di seluruh penjuru dunia akan memasuki bulan suci Ramadan. Selama sebulan kita dituntut untuk selalu bisa bangun sahur tepat waktu dan menjaga asupan makanan. Pastinya, kita perlu menyiapkan menu sahur yang sehat, namun tetap praktis.

Meski rasa malas kadang menghampiri, sahur perlu tetap dilakukan demi asupan gizi yang mencukupi sehingga energi dan kondisi tubuh stabil selama berpuasa. Untuk itu, kecerdasan memilih menu masakan praktis yang hendak disajikan saat sahur sangatlah penting. Masakan praktis dimaknai sebagai suatu gagasan atau ide kreatif dalam pemilihan menu atau mengolah masakan secara lebih mudah tanpa mengabaikan penggunaan bahan baku yang sehat, bergizi, dan cita rasa akhir.

Selain pemilihan bahan baku yang sederhana dan ekonomis, persiapan bahan dan bumbu resep masakan sehat yang dipilih, setidaknya, memberikan kemudahan mengingat bahan dan bumbu tersebut sudah tersedia sebelumnya. Agar Rekan Bijak mudah untuk mempraktikkannya, berikut Danabijak akan memberikan beberapa rekomendasi resep menu sahur yang praktis dan lezat.

MARTABAK MIE

Martabak mie merupakan hidangan martabak yang terbuat dari mie dicampur dengan telur. Membuatnya mudah, cukup digoreng dengan minyak goreng atau mentega. Makanan ini adalah hidangan khas Indonesia. Selain dikenal memiliki cita rasa yang enak saat disantap, martabak mie juga mudah dimasak. Umumnya, martabak mie dimakan bersama nasi atau sebagai camilan yang bisa dicocol dengan sambal atau mayonaise.

Sumber : www.salestockindonesia.com

Martabak mie memungkinkan kita menghindari konsumsi mie instan selama puasa. Alasan utamanya adalah karena mie instan mengandung kadar sodium yang tinggi sehingga membuat kita cepat haus. Jadi, lupakan bumbu mie instan yang tinggi garam itu, cukup gunakan garam dan lada sebagai perasa. Proses memasak martabak mie hanya butuh waktu minimal 10 menit. Praktis sekali, bukan?

TELUR CEPLOK BALADO

Telur ceplok memang biasa dimasak dengan cara digoreng. Cukup tambahkan sedikit garam dan merica sebagai tambahan perasa. Tapi, saat sahur dan malas untuk memasak, Rekan Bijak perlu memikirkan kreasi telur yang menarik sehingga bercita rasa enak.

menu sahur

Sumber : cookpad.com

Telur ceplok balado wajib dicoba karena memiliki banyak nutrisi. Selain itu, bahan baku untuk membuat telur balado terbilang cukup murah dan mudah didapat.

NASI GORENG KACANG POLONG

Nasi goreng yang dikenal sebagai masakan nasional Indonesia menempati urutan ketiga dalam daftar rekomendasi masakan praktis yang bisa disajikan saat sahur. Nasi goreng terkenal dapat dinikmati secara sederhana di warung pinggir jalan, gerobak penjaja keliling, hingga restoran dan meja prasmanan dalam pesta. Cara memasak nasi goreng cukup simple, cukup sediakan nasi lalu goreng dan campur dengan minyak atau margarin. Setelah itu, biasanya, campuran nasi tersebut ditambah dengan kecap manis, bawang merah, bawang putih, lada, dan bumbu-bumbu lainnya, seperti telur, ayam, dan kerupuk.

menu sahur

Sumber : lifestyle.okezone.com

Banyak variasi lezat yang bisa dibuat dengan nasi goreng, salah satunya dengan menambahkan kacang polong. Kacang polong yang mengandung zat antioksidan sangat bermanfaat dalam regenerasi sel-sel yang rusak sehingga mampu meningkatkan daya tahan tubuh. Selain itu, kacang polong juga diketahui kaya akan protein sehingga membuat rasa kenyang bertahan lebih lama.

JAMUR BUMBU TONGSENG

Jika biasanya tongseng berbahan dasar daging, kita bisa menggantinya dengan jamur. Meski bahan baku diganti, rasa tidak akan berbeda jauh. Rasa jamur yang gurih dimasak dengan bumbu tongseng akan menghasilkan kuah kaldu yang enak dan gurih dengan cita rasa yang tak kalah memikat.

menu sahur

Sumber : www.pinterest.com

Beberapa jenis jamur, seperti jamur merang, tiram, atau jamur kancing yang populer dikenal sebagai menu sehari-hari memang dikenal memiliki kandungan gizi yang sangat baik sehingga aneka jamur sering menjadi menu sahur favorit vegetarian pengganti daging.

SUP BROKOLI SOSIS

Menu masakan ini terdiri dari gabungan dua bahan yang bergizi bagi tubuh. Brokoli sebagai bahan utama dipadukan dengan sosis sebagai bahan pelengkap akan menambah kenikmatan hidangan. Belum lagi jika bahan pelengkap lain ditambahkan bercampur dengan kuah gurih akan semakin menyempurnakan rasa sup brokoli sosis ini.

menu sahur

Sumber : www.merdeka.com

Rekan Bijak butuh dana tambahan untuk mulai belanja kebutuhan memasak hidangan sahur dan berbuka puasa nanti? Ajukan saja pinjaman online di Danabijak! Prosesnya dijamin cepat, aman, dan transparan.

pinjaman uang online cepat cair

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: