5 Jenis Pengeluaran yang Selalu Ada Menjelang Lebaran

Apa saja jenis pengeluaran yang selalu muncul menjelang datangnya Hari Raya Idul Fitri? Simak ulasannya dalam artikel berikut!

5 Jenis Pengeluaran yang Selalu Ada Menjelang Lebaran

Pengeluaran

Lebaran memang menjadi hari raya yang paling dinantikan oleh Umat Muslim, dan yang pastinya di hari raya ini akan ada banyak sekali pengeluaran yang harus kita cermati, apa saja sih pengeluaran kita selama Lebaran? Temukan jawabannya di artikel 5 Jenis Pengeluaran yang Selalu Ada Menjelang Lebaran.

Zakat di Bulan Ramadan

pengeluaran

Sumber : www.cahayaislam.id

Zakat merupakan rukun Islam yang ketiga, yang artinya memberikan sebagian kekayaan untuk orang yang berhak menerimanya (mustahiq) jika sudah mencapai nisab (jumlah kekayaan minimal) dan haul (batas waktu) zakat. Zakat Fitrah, merupakan zakat yang wajib dikeluarkan Muslim menjelang Idul Fitri pada bulan Ramadhan. Lakukan hitungan setidaknya seminggu sebelum lebaran tiba, hitungan berapa persen dari keuangan kita yang mau disedekahkan untuk zakat. Catatlah pengeluaran kita sebaik mungkin agar hal ini tidak terlupa. Kita juga bisa melakukan perhitungan zakat kita dengan kalkulator zakat yang bisa kita akses secara online. Lalu tentukan zakat apa saja yang akan kita bayarkan.

Pengeluaran untuk Mudik

pengeluaran

Sumber : amilyfinance.ca

Lebaran selalu indentik dengan Mudik, dimana kita yang merantau ke Kota, kembali lagi ke kampung halaman dan bersilahturahmi dengan keluarga atau handai taulan. Jika mudik yang pastinya kita akan butuh biaya yang cukup besar, mulai dari persiapan hingga pulang. Kita Membutukan tiket transportasi jika mudik menggunakan transportasi umum, jika menggunakan kendaraan pribadi pun kita tetap harus mengeluarkan biaya untuk service dan bensin selama perjalanan. Maka dari itu kita harus menyisihkan uang penghasilan kita agar perjalanan mudik kita terjamin.

Pengeluaran untuk Busana Lebaran

pengeluaran

Sumber : modelkebayabaru.com

Di Hari Raya Idul Fitri baju baru adalah hal meyempurnakan Lebaran kita, rasanya kurang lengkap jika tidak memakai mukena, sarung, atau baju koko yang baru saat salat Ied. Namun jangan dipaksakan jika kita memiliki budget pas-pasan dan memiliki kebutuhan lain yang lebih penting. JIka kita ingin sekali membeli baju lebaran kita bisa membeli baju-baju yang sedang diskon, kita bisa memanfaatkan sale besar yang diadakan mall-mall, karena biasanya banyak sekali department store yang menggelar diskon besar-besaran selama bulan Ramadan. Jadi kita tetap bisa membeli baju baru dengan harga yang miring.

Makanan dan Camilan untuk Lebaran

Sumber : blog.bukalapak.com

Inilah yang paling ditunggu-tunggu pada saat hari raya lebaran. Ketupat Lebaran dan Opor Ayam adalah makanan yang selalu terhidang di meja saat hari raya, tidak hanya itu, akan ada banyak makanan yang disajikan juga, mulai dari hindagan makanan berat hingga minuman segar dan kue-kue yang enak. Kita juga harus menyisihkan uang juga untuk suguhan Lebaran ini. Kita juga bisa memanfaatkan promo dari kartu kredit untuk berbelanja kebutuhan logistik Lebaran.

 Salam Tempel

pengeluaran

Sumber : www.pegipegi.com

Pada saat Lebaran hal inilah yang membuat para anak-anak merasa riang gembira menyambut Hari Raya dan datang kerumah saudara-saudara agar mendapatkan “Salam Tempel” . Salam Tempel adalah salah satu budaya kebiasaan di Indonesia yang terjad setiap Lebaran, dimana setiap anak-anak akan bersalam (salim) dengan orang yang lebih tua sambil mengucapkan selamat hari raya, dan para orang tua akan menyelipkan amplop berisikan uang kepada mereka. Untuk hal ini siapkanlah uang lebih untuk memberikan anak atau keponakan-keponakan kita salam tempel.

Inilah 5 Jenis Pengeluaran yang Selalu Ada Menjelang Lebaran, semoga artikel ini dapat memudahkan Rekan Bijak dalam mengatur keuangan dan pengeluaran menjelang Lebaran.

pinjaman uang online cepat cair

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: