5 Kebiasaan Ini Perlu Dihindari untuk Hidup yang Lebih Hemat

Lima kebiasaan ini ternyata bisa membuat kamu hidup boros loh, Rekan Bijak. Apa saja? Baca artikelnya selengkapnya!

5 Kebiasaan Ini Perlu Dihindari untuk Hidup yang Lebih Hemat

Hindari 5 Kebiasaan Ini untuk Hidup yang Lebih Hemat

Jakarta sebagai tempat mengadu nasib, saat ini, berpenduduk mencapai 10,1 juta jiwa pada malam hari. Sementara itu, pada siang hari, jumlah orang di Jakarta bisa mencapai 13,5 juta jiwa. Hal ini terjadi karena pada siang hari banyak warga sekitar yang bekerja di Jakarta.

Bagi Rekan Bijak yang juga hidup dan tinggal di kota besar, seperti Jakarta, perlu pandai mengatur keuangan. Selain karena biaya hidup yang tergolong tinggi, gaya hidup di Jakarta bisa menguras kantong. Rekan Bijak harus sadar akan istilah yang biasa dikenal dengan latte factor. Istilah tersebut pertama diperkenalkan oleh penasihat keuangan bernama David Bach. Latte factor muncul sebab kebanyakan karyawan di Amerika sering membeli kopi sebelum berangkat ke kantor dan itu memicu adanya pemborosan.

The latte factor menggambarkan pengeluaran kecil yang tidak terlalu penting dan kerap tak disadari. Namun, jika pengeluaran tersebut diakumulasikan, akan terlihat nominalnya cukup besar dan (mungkin) mencengangkan.

Lalu, bagaimana mengurangi atau bahkan menghindari pengeluaran tersebut? Berikut 5 kebiasaan yang perlu kamu hindari agar kamu bisa hidup lebih hemat, Rekan Bijak!

JAJAN KOPI

hemat

Coba perlahan kurangi frekuensi membeli kopi di gerai mewah.

Fenomena suka jajan kopi mahal ternyata gak cuma terjadi di Amerika Serikat. Kaum pekerja di Jakarta juga gemar membeli kopi di gerai kopi mewah. Terlebih di Jakarta, Rekan Bijak bisa sangat mudah menemukan gerai kopi yang menawarkan segelas kopi dengan harga berkisar Rp40.000 – Rp50.000. Jika sudah terbiasa membeli kopi mahal sebelum, saat, atau sepulang kantor, misalnya 3 kali seminggu saja, uang yang dikeluarkan bisa mencapai Rp480.000-Rp600.000 per bulan.

Demi menekan pengeluaran percuma ini, coba perlahan kurangi frekuensi membeli kopi di gerai mewah. Kamu bisa menguranginya dari 3 kali seminggu menjadi sekali seminggu. Cara lainnya, kamu bisa manfaatkan promo khusus, seperti promo kartu kredit. Terakhir, agar bisa lebih hemat lagi, bawa saja kopi sachet dari rumah dan seduh di kantor. Saat berpergian pun, bawalah termos atau tumbler praktis sehingga kamu bisa isi di mana pun dan kapan pun.

SERING NAIK TAKSI

hemat

Kurangi naik taksi dengan menyiasati naik transportasi umum, seperti TransJakarta atau ojek online.

Kebiasaan yang kedua ini bisa membuat dompetmu jebol setiap bulannya. Coba hitung, setidaknya kamu harus mengeluarkan Rp50.000 untuk sekali perjalanan. Maka, dalam sebulan, kamu  bisa menggelontorkan uang lebih dari Rp1.000.000 untuk biaya transportasi ke kantor saja. Lebih baik siasati dengan naik transportasi umum, seperti TransJakarta atau ojek online. Saran terakhir, jika kamu kurang nyaman naik transportasi umum, pertimbangkan untuk kredit mobil! Kamu bisa menggunakan mobil tidak hanya untuk pergi ke kantor, tapi juga untuk berpergian ke tempat lain, seperti jalan-jalan bersama keluarga atau teman ke luar kota.

NONTON DI BIOSKOP MAHAL

hemat

Akali dengan memilih bioskop yang masih menawarkan harga tiket nonton murah.

Untuk sekali menonton film di akhir pekan, setidaknya kamu harus mengeluarkan uang Rp60.000. Ini belum makanan dan minumannya loh, Rekan Bijak! Meskipun nonton bioskop dianggap hiburan paling mudah ditemui di Jakarta, tapi akali dengan memilih bioskop yang masih menawarkan harga tiket nonton murah.

Kalau sangat ingin menonton film favorit, luangkan saja waktu di weekday demi mendapatkan harga tiket lebih murah dari weekend. Cara lainnya, kamu bisa gunakan promo kartu kredit.

BELI AIR MINUM KEMASAN

hemat

Untuk menghemat, cobalah membawa botol air minum sendiri.

Saat berpergian, Jakarta dengan panas teriknya membuat kamu selalu merasa haus. Dengan mudahnya, kamu akan mengeluarkan uang untuk membeli air minum kemasan. Setidaknya, sekali beli, kamu harus merogoh kocek dari Rp6.000-Rp8.000. Untuk menghemat, cobalah membawa botol air minum sendiri.

Bagi pegawai, biasanya, setiap kantor menyediakan galon air minum sehingga kebiasaan ini boros ini seharusnya mudah dihilangkan. Tapi, kalau kamu masih tergiur dengan aneka jenis minuman di luar sana, cobalah kurangi kebiasaan tersebut.

OLAHRAGA DI GYM

hemat

Lakukan olahraga di taman kota. Selain kamu bisa menghirup udara segar, kamu juga bisa berhemat.

Kebiasaan olahraga di tempat gym memang sah-sah saja dilakukan alias memberikan efek positif. Tapi, sayangnya biaya yang perlu kamu keluarkan terbilang tidak sedikit. Setidaknya, dibutuhkan tak kurang dari Rp50.000 untuk menggunakan fasilitas gym center. Jika ingin lebih hemat lagi, cukup lakukan olahraga di taman kota. Selain kamu bisa menghirup udara segar, kamu juga bisa berhemat.

Lima poin di atas adalah kebiasaan-kebiasaan sepele yang ternyata bisa sangat menguras uangmu setiap bulannya. Maka, cobalah untuk mengurangi atau bahkan menghindarinya demi bisa hidup hemat. Daripada kamu melakukan pemborosan, lebih baik kamu ajukan dana tambahan di Danabijak untuk dialokasikan ke kepentingan yang lebih bermanfaat, seperti untuk biaya traveling, biaya renovasi rumah, atau biaya belanja bulanan.

pinjaman uang online cepat cair

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: