5 Keuntungan Bekerja di Startup

Remaja ini, perkembangan startup di Indonesia. Hingga awal tahun ini, diperkirakan sudah ada ribuan startup lokal yang mewarnai dunia karier dalam negeri. Identik dengan generasi millenial yang serba inovatif dan serba cepat, startup menjadi pilihan menarik bagi individu kreatif yang mencari alternatif kerja di jalur korporat. Selain kompensasi moneter, apa saja keuntungan bekerja di startup?

5 Keuntungan Bekerja di Startup

5 Keuntungan Bekerja di Startup

Tentunya belakangan ini Rekan Bijak sering mendengar kata “Startup” atau perusahaan startup, apasih sebenarnya startup itu. Menutip dari laman Wikipedia, startup adalah sebuah perusahaan rintisan, umumnya disebut startup (atau ejaan lain yaitu start-up), merujuk pada semua perusahaan yang belum lama beroperasi. Perusahaan-perusahaan ini sebagian besar merupakan perusahaan yang baru didirikan dan berada dalam fase pengembangan dan penelitian untuk menemukan pasar yang tepat.

Saat ini sudah banyak perusahaan startup yang berkembang di Indonesia dan banyak sekali anak muda yang ingin berkontribusi didalamnya. Karena etos kerja dan fasilatas kantornya sangatlah berbeda dengan perusahaan pada umumnya. Bekerja di startup sangatlah menyenangkan, kita bisa mengeksplorasi dan mengembangkan potensi kita, selain itu kita mendapatkan fasiltas menarik yang mampu menunjang kreativitas kita. Contohnya seperti kantor Google atau Facebook yang kantornya dibuat sedemikian rupa agar menarik dan nyaman dan membuat siapa saja yang bekerja didalamnya menjadi betah, jika dibayangan kita bekerja akan sangat membosankan dan hanya akan ada meja, bangku dan komputer dan tidak ada hiburan, tidak dengan perusahaan startup yang memberikan kita kenyamanan dan ruang gerak agar kita merasai santai namun tetap mengembangkan ide-ide baru bagi perusahaan.

Ruang Kerja yang Menyenangkan

Bekerja di Startup

Salah satu yang menyenangkan berkerja di startup adalah tempat kerja yang tidak terlalu ketat dan membosankan membuat kita jadi lebih fun pada saat kerja, dan tidak seperti dengan suasana perkantoran yang gitu-gitu aja. Biasanya perusahaan startup juga mendesain kantornya dengan dekorasi yang terkonsep agar terlihat unik. Hal inlah yang menunjang kreatifitas para karyawannya dalam berinovasi, karena dari hal-hal yang unik dan nyaman biasanya ide kita akan mengalir. Tempat kerja startup biasanya mengusung tema coworking atau open space, dimana semua para pekerja bisa duduk bersama dan berinteraksi, walaupun  memiliki divisi yang berbeda. Konsep ruang kerja yang fun seperti ini juga biasanya memiliki suasana yang mendukung semangat & produktifitas kerja dan meminimalisir stress.

 

Fleksibel Namun Tetap Bertanggung Jawab

bekerja di startup

Sumber : burst.shopify.com

Bekerja di startup dan perusahaan teknologi umumnya memberikan kita kesempatan untuk dapat berkerja dimana saja tanpa batasan jam kerja selama pekerjaan kita dapat diselesaikan tepat waktu. Namun Setiap karyawan memiliki peranan penting di sebuah perusahaan startup. Tanggung jawab yang besar dipegang oleh masing-masing orang. Di sinilah kita akan dilatih menjadi orang yang lebih bertanggung jawab terhadap pekerjaan kita. Walaupun kita diberikan tugas dari atasan, kita bebas mengerjarjakan dimana saja, namun kita tetap harus menyelesaikan pekerjaan kita tepat waktu. Dengan pengalaman ini, kita tak hanya punya pengalaman dalam bekerja, namun juga lebih dewasa dan disiplin dalam bersikap. Dari hal ini kita bisa sekalian belajar menejemen waktu.

 

Belajar dan Mendapatkan Hal Baru 

bekerja di startup

Saat kita bergabung di startup, mungkin kita akan ditunjuk untuk bekerja sesuai dengan peminatan atau jurusan kita. Tapi tidak jarang juga jika  diminta untuk mengexplore passion atau minat kamu dibidang lain untuk menyempurnakan pekerjaan kita se-efektif mungkin. Biasanya Founder Startup lebih terbuka dengan ide-ide seru dan menarik dari kita. Selain bisa memperdalam potensi yang kita miliki, pengalaman kita juga akan bertambah tidak  hanya di bidang yang kita kuasai saja, tetapi juga di bidang-bidang lain yang terbuka untuk kita pelajari. Kita akan menguasai banyak hal yang bermanfaat bagi kita dan banyak orang. Dengan kesempatan ini, kita bisa memberikan pengaruh besar terhadap kemajuan startup tersebut.

 

Partner yang Open Minded dan Solid

bekerja di startup

Sumber : www.theformationscompany.com

Saat ini perusahaan startup menjadi incaran para lulusan sarjana yang masih baru. Kaum pemuda jaman ini lebih mengedapnkan pengembangan inovasi besar-besaran, bekerja sesuai bakat dan minat dan cenderung lebih suka bekerja di lingkungan yang santai. Ketika kita mulai bekerja di startup un kita akan menemukan orang-orang yang umurnya tidak jauh dari kita atau malah sepantaran, hal ini yang akan membuat kita nyaman membuka isi pikiran dan ide kita terhadap partner,  karena perbedaan generasi yang tidak jauh dari partner yang lainnya, mereka akan menerima ide kita dengan terbuka, bahkan jika kita keliru mereka akan mengkoreksi kita dengan baik. Mereka juga akan dengan senang hati memberi kita insight yang membuka wawasan kita lebih luas lagi, hal ini bisa membuat kita lebih dekat dan kompak dengan team. Ketika kita bekerja di startup, kita tidak akan bisa bekerja sendirian. Kita pasti bekerja sebagai satu tim yang solid dan saling . Saling bahu-membahu satu sama lain membuat langkah kita dan teman-teman lain dalam memajukan perusahaan menjadi semakin kuat dan bertujuan.

 

Pengalaman Kerja yang Bagus
bekerja di startup

Sumber : blog.ycombinator.com

Bekerja di startup adalah tempat dimana kita bisa mendapatkan pengalaman kerja yang luar biasa. Startup menggabungkan antara kursus dimana kita bisa belajar dan mendapatkan banyak ilmu sekaligus bekerja di dunia nyata. Dengan waktu 6 bulan saja bekerja di startup, kita bisa saja mendapatkan ilmu yang lebih dalam dan luas dibanding belajar selama  semasa kuliah.
Inilah Keuntungan Bekerja di Startup, Startup yang fokus pada inovasi dan keberlanjutan akan punya masa depan yang sukses. Ketika startup di tempat kita  bekerja semakin berkembang dan menjadi besar, kita akan ikut berbangga hati karena ada karya dan kontribusi kita di sana yang ikut membesarkannya.

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: