5 Kiat Jitu Mengatasi Biaya Kuliah yang Sangat Mahal

Universitas, Akademi, Sekolah Tinggi, Polekteknik, dan Institut adalah berbagai macam penyelenggara pendidikan tinggi atau kuliah di negara kita, Indonesia. Berbagai macam spekulasi tentang biaya kuliah yang sangat mahal terus saja bermunculan di beberapa tahun terakhir ini.

5 Kiat Jitu Mengatasi Biaya Kuliah yang Sangat Mahal

5 Kiat Jitu Mengatasi Biaya Kuliah yang Sangat Mahal

Kuliah? Hal yang terlintas pasti berapa biaya yang akan dikeluarkan untuk melanjutkan pendidikan kejenjang perkuliahan. Saat ini, biaya kuliah sangat mahal bisa diatasi dengan berbagai solusi-solusi yang ada.

Biaya kuliah zaman sekarang sangat mahal dan cenderung sulit dijangkau oleh beberapa kalangan masyarakat. Semakin terkenal bagus Perguruan Tinggi, maka, semakin tinggi pula biaya yang akan ditetapkan. Namun, ada beberapa cara yang bisa Rekan Bijak ikuti untuk menanggulangi masalah biaya untuk tetap menggapai cita-cita duduk di bangku kuliah. Lalu, apa saja cara-cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi biaya Kuliah yang mahal?

Baca Juga: 6 Prospek Baik Jurusan-jurusan Kuliah di Tahun 2019

Merencanakan Secara Detail 

Biaya Kuliah

Sumber : Dream

Yang dimaksud merencanakan secara detail adalah Rekan Bijak melakukan pendataan mengenai, dimana tempat Rekan Bijak akan melanjutkan pedidikan, berapakah biaya pendidikan yang telah ditetapkan, perlu atau tidak Rekan Bijak menyewa tempat tinggal, perkiraan biaya-biaya tak terduga yang akan dikeluarkan, dan lain sebagainya.

Setelah, Rekan Bijak merencanakan secara detail, maka Rekan Bijak pasti akan mendapatkan gambaran untuk kedepannya dan Rekan Bijak dapat mengatasi masalah-masalah finansial jika sewaktu-waktu terjadi.

Baca Juga: 7 Tips Raih Beasiswa & Sukses Kuliah di Luar Negeri

Menabung

Biaya Kuliah

Sumber : beritagar.id

Menabung mungkin adalah hal yang sepele, tetapi dengan menabung Rekan Bijak bisa meminimalisir biaya-biaya tak terduga atau untuk mempergunakan biaya di masa depan, seperti, membayar uang kuliah. Jika, Rekan Bijak takut memegang uang tunai dengan jumlah yang besar, Rekan Bijak bisa menabungkan uang di bank dan dibuat khusus untuk membayar biaya pendidikan. Namu, jika Rekan Bijak ingin menabungkan uang untuk biaya pendidikan di bank, hanya berlaku jangka pendek yaitu dua sampai lima tahun.

Dengan, menabung khusus untuk biaya pendidikan dari jauh-jauh hari maka Rekan Bijak tidak perlu khawatir jika sewaktu-waktu Rekan Bijak sedang tidak mempunyai uang lebih untuk keperluan-keperluan kuliah, seperti membeli buku. Manfaat yang bisa Rekan Bijak rasakan jika memisahkan tabungan pendidikan dengan tabungan sehari-hari yaitu bisa menghindari keborosan.

Baca Juga: 5 Tips Ini Membantu Kamu Meningkatkan Kesadaran Menabung!

Membuat Asuransi Pendidikan

Biaya Kuliah

Sumber : aceh.tribunnews.com

Sama halnya dengan menabung, Rekan Bijak sebaiknya juga membuat asuransi pendidikan untuk menghindari hal-hal yang tidak terduga. Perbedaan yang bisa terlihat dari adanya asuransi pendidikan yaitu jangka waktunya lebih panjang jika dibandingkan dengan menabung di bank, jangka waktunya yaitu bisa lebih dari lima tahun, bahkan bisa sampai sepuluh tahun.

Lalu, keuntungan lain kalau Rekan Bijak mempunyai asuransi pendidikan yaitu jika Rekan Bijak tidak ada pekerjaan, maka, pihak asuransi yang akan menanggung biaya kuliah Rekan Bijak, sehingga Rekan Bijak tidak perlu takut tidak bisa melanjutkan kuliah.

Baca Juga: 5 Cara Pilih Asuransi Pendidikan Anak yang Tepat

Kuliah sambil Kerja

Biaya Kuliah

Sumber : ubloger.com

Hal yang bisa mengatasi biaya kuliah yang sangat mahal adalah dengan cara kuliah sambil kerja. Kuliah sambil kerja bagi beberapa orang mungkin adalah suatau hal yang sulit untuk dilakukan secara bersamaan, tetapi, dengan perkembangannya zaman, Rekan Bijak dapat mencari pekerjaan yang dapat dilakukan secara fleksibel, sehingga, Rekan Bijak kuliah sambil kerja bisa berjalan beriringan.

Pekerjaan yang bisa Rekan Bijak lakukan sambil kuliah seperti pekerjaan part-time, magang, freelancer. Lalu, untuk mengatur jam kuliah, Rekan Bijak bisa mengatur dengan cara, kerja di pagi hari, kemudian kuliah di sore atau malam hari, disesuaikan dengan pekerjaan apa yang Rekan Bijak ambil.

Baca Juga: 4 Cara Cerdas Mencari Modal Bayar Kuliah Sendiri

Mencari Beasiswa

Biaya Kuliah

Sumber : kliplinger.com

Beasiswa solusi terbaik untuk Rekan Bijak mengatasi masalah biaya kuliah yang sangat mahal, jika Rekan Bijak tidak ingin kuliah sambil bekerja. Beasiswa saat ini tidak hanya berpatokan dengan nilai bagus saja, jadi, Rekan Bijak jangan takut jika tidak memenuhi persyaratan beasiswa, karena, saat ini ada banyak pilihan beasiswa yang ditawarkan dan bisa disesuaikan dengan kemampuan yang bisa Rekan Bijak ikuti.

Rekan Bijak harus tetap ingat, kalau ingin meraih beasiswa, Rekan Bijak harus memenuhi dan mengikuti persyaratan-persyaratan yang berlaku. Lalu, jika Rekan Bijak sudah mendapatkan beasiswa yang Rekan Bijak mau dan sesuai, alangkah lebih baik, jika Rekan Bijak bisa mempertahankan bea siswa tersebut.

Baca Juga: 5 Kiat Mendapat Beasiswa Pendidikan di Luar Negeri

Berbisnis

Biaya Kuliah

Sumber : liputan6.com

Rekan Bijak ingin kuliah sambil bekerja tapi takut konstentrasi terpecah dan takut kondisi badan menurun? Berbisnis adalah solusi yang bisa Rekan Bijak ikuti, berbisnis yang dimaksudkan disini adalah Rekan Bijak membuat bisnis sendiri. Berbisnis yang dapat Rekan Bijak mulai, seperti, menjual makanan-minuman, atau aksesoris. Berbisnis yang Rekan Bijak buat tidak perlu yang terlalu ribet, tetapi, bisa dimulai dengan berbisnis kecil-kecilan dengan target konsumennya yaitu teman-teman, keluarga dan orang-orang terdekat Rekan Bijak terlebih dahulu.

Dengan berbisnis, Rekan Bijak bisa mendapatkan pengetahuan serta pengalaman baru, bahkan, bisa mendapatkan biaya yang akan Rekan Bijak pakai untuk membayar biaya kuliah.

Baca Juga: 6 Bisnis Kecil Menjanjikan untuk Mahasiswa

Nah, Rekan Bijak, masih takut dengan biaya kuliah yang sangat mahal? Jika iya, coba ikuti beberapa kiat-kiat diatas agar masalah tentang biaya kuliah bisa teratasi ya!

Biaya Kuliah

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: