5 Langkah Jitu Mengatur Keuangan Rumah Tangga Pasangan Baru

Ketika kita menikah dan membangun keluarga, tentunya pengeluaran pun akan berbeda dibanding saat sendiri. Tenang, tanpa perlu pusing ikuti 5 cara jitu ini yuk!

Perubahan yang awalnya hidup sendiri jadi bersama orang lain tentunya bikin kita butuh adaptasi dari berbagai sisi. Sebelum melangkah terlalu jauh, sebaiknya kita meluangkan waktu untuk berdiskusi dengan pasangan terkait dengan manajemen keuangan.

Tak hanya sekedar membuat alokasi, mengatur pendapatan dan pengeluaran rumah tangga juga bisa berdampak pada tujuan dan target bersama. Jadi pastikan bahwa kita sudah melakukannya dengan benar.

Berikut 5 langkah yang harus dilakukan dalam menyusun keuangan rumah tangga bagi pasangan baru:

1. Rencanakan Anggaran Bersama

Ketika mulai hidup bersama pasti ada banyak penyesuaian yang perlu dilakukan. Tak hanya dari kebiasaan tapi juga keuangan. Awali dengan menjabarkan secara detail pengeluaran dan pendapatan masing-masing tiap bulannya. Pastikan semua terbuka supaya terhindar dari perselisihan.

Kemudian, catat pengeluaran pribadi apa yang bisa dikurangi dan pengeluaran apa yang jadi pengeluaran bersama. Seperti yang awalnya masing-masing ada biaya kos, sekarang biaya tempat tinggal bisa jadi biaya bersama.

2. Alokasikan Dana Darurat

Selain tabungan dan investasi, dana darurat menjadi alokasi yang wajib dipunya pasangan baru. Meskipun hanya 10% dari gaji, tapi pastikan selalu ada budget yang disisihkan. Nantinya dana darurat bisa membantu kita untuk membayar biaya tak terduga seperti rumah sakit, perbaikan kendaraan dan rumah, ataupun bantuan keluarga.

Pasangan Baru

selalu melakukan evaluasi untuk mengetahui apakah ada yang melebihi ataupun kurang dari budget yang sudah dibuat

3. Membuat Asuransi

Jika kantor belum menanggung asuransi kesehatan, sebaiknya mulai mengajukan asuransi kesehatan secara mandiri. Bandingkan produk-produk asuransi supaya bisa memilih premi yang sesuai dengan kondisi keuangan.

4. Investasi

Membayar semua biaya dalam waktu bersamaan pasti akan terasa berat. Itulah mengapa melakukan investasi sangat penting dilakukan sejak awal menikah. Mulai investasi dengan produk-produk yang kita pahami seperti emas, properti, reksa dana, dan lain-lain. Nantinya dana ini bisa digunakan untuk naik haji, pendidikan, pensiun atau bahkan liburan.

5. Evaluasi

Sudah membuat alokasi dengan rapi tapi masih ada yang kurang? Ini dia pentingnya evaluasi dilakukan setiap bulan. Jadi kita bisa pantau pengeluaran pasangan dan melihat post apa yang berlebih dan kurang. Diskusikan kembali dengan pasangan terkait perubahan dalam alokasi dana supaya semua transparan.

Selama kita dan pasangan komitmen dengan alokasi dana yang sudah dibuat, pasti mengatur keuangan keluarga terasa mudah. Selain itu, pastikan kita selalu fokus dengan prioritas supaya tujuan dan target bersama dapat tercapai.

Jika ada pengeluaran dan di luar rencana, tak ada salahnya mengajukan pinjaman. Langsung saja hubungi Danabijak untuk membantu memenuhi kebutuhan finansial. Danabijak hadir untuk membantu seluruh nasabah mendapatkan pinjaman online dengan cepat, aman dan terpercaya. Butuh dana? Danabijak aja!

pinjaman uang online cepat cair

1 Comment

Write a comment
  1. Kantor konsultan pajak
    December 07, 08:27 Kantor konsultan pajak

    Jangan lupa untuk menyisihkan dana untuk membayar pajak juga. Agar menjadi Suami istri yang taat pajak pada negara. Dan bagi suami, luangkan waktu untuk berdiskusi mengenai pajak bersama istri atau jika menemui permaslahan perpajakan dapat dikonsultasikan dengan konsultan.

    Reply this comment

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: