5 Penyebab Klaim Asuransi Mobil Ditolak

Meski kendaraan sudah dilindungi dengan asuransi, tapi tak semua kerusakan dapat di-cover. Apa saja itu? Simak poin-poinnya dalam artikel berikut.

5 Penyebab Klaim Asuransi Mobil Ditolak

5 Penyebab Klaim Asuransi Mobil Ditolak

Saat terjadi kecelakaan, asuransi mobil bisa menjadi pilihan dalam membantu meringankan beban. Menggunakan asuransi mobil tersebut tentunya dapat melindungi mobil pribadi dari kerusakan akibat kecelakaan. Hal ini karena asuransi memberikan fungsi untuk meringankan beban pengguna saat terjadi sebuah risiko pada diri atau benda yang diasuransikan.

Setiap pemilik polis asuransi perlu mencermati keadaan yang membuat klaimnya disetujui atau tidak. Setiap definisi maupun penjelasan dalam berkas wajib dipahami dengan benar. Meski membutuhkan banyak waktu, tapi mengingat bahasa yang digunakan adalah bahasa hukum yang terkadang sulit dipahami oleh kebanyakan orang, maka mempelajarinya akan sangat berarti ketika nanti perlu mengajukan klaim.

Beberapa pengajuan klaim yang ditolak oleh pihak asuransi karena hal tersebut tidak sesuai dengan beberapa perjanjian di awal. Oleh karena itu, alangkah baiknya, kita perlu memahami beberapa penyebab klaim ditolak beserta alasannya.

1. Memperbaiki Sendiri Mobil Setelah Kecelakaan Kemudian Menghubungi Perusahaan Asuransi untuk Mendapatkan Klaim

Jika hal ini dilakukan, kemungkinan besar ajuan klaim akan ditolak. Memperbaiki sendiri mobil yang rusak akan membuat perusahaan asuransi tidak dapat melacak kembali kronologi kecelakaan dan perbaikan yang dilakukan.

Hubungi segera perusahaan asuransi setelah kecelakaan terjadi. Biasanya, perwakilan perusahaan asuransi tersebut akan datang untuk memeriksa kerusakan, memperkirakan tingkat biaya dan kerusakan, serta membantu nasabah mendapatkan layanan bengkel untuk memperbaiki kerusakan.

2. Pengendara di Bawah Umur

Jika pihak asuransi mengetahui bahwa pengemudi mobil yang mengalami kecelakaan adalah anak di bawah umur maka tentu saja klaim asuransi ditolak.

asuransi mobil

Kerusakan kendaraan disebabkan pengendara di bawah umur tidak akan diklaim oleh perusahaan asuransi.

Sebab, Undang-Undang No.22 Tahun 2009 tegas menjelaskan tentang lalu lintas dan angkutan jalan, bahwa anak di bawah 17 tahun dilarang mengemudikan kendaraan bermotor. Pun, mereka yang boleh mengemudi harus sudah memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM).

3. Wilayah Kejadian Tidak Termasuk ke Dalam Kontrak

Polis asuransi bisa saja memasukkan klausul mengenai wilayah ke dalam kesepakatan. Klaim hanya dilayani bila kejadian terjadi di wilayah tertentu. Jika seseorang mengasuransikan kendaraan di Indonesia dan polis menyatakan klaim hanya bisa diajukan bila terjadi kecelakaan di Indonesia berarti klaim akan ditolak bila kecelakaan terjadi di luar negeri.

4. Menerjang Banjir

Walaupun mobil diansurasikan dengan asuransi all risk, tapi belum tentu pihak asuransi sepakat untuk mengganti kerusakan karena menerjang banjir. Mengapa demikian? Karena banyak asuransi yang memasukkan banjir dalam klausul force majeur atau bencana besar yang tidak bisa jadi dasar klaim pertanggungan.

asuransi mobil

Kerusakan kendaraan karena bencana besar, seperti banjir tidak termasuk dalam fasilitas polis asuransi.

Jadi, sebelum memutuskan untuk deal dengan satu perusahaan asuransi, sebaiknya ketahui terlebih dahulu produk asuransi yang dituju dengan baik.

5. Kecelakaan Saat Kelebihan Muatan

Saat mengendarai mobil avanza, misalnya, mobil yang memang didesain untuk mampu mengangkut tujuh penumpang. Namun, karena ada 3 teman yang ingin ikut alhasil mobil terpaksa membawa 10 orang di dalam mobil.

Tak dikira, di tengah jalan mobil terkena musibah kecelakaan sehingga mengakibatkan mobil rusak hingga 50%. Sayangnya, kerusakan tersebut tak akan ditanggung oleh perusahaan asuransi mobil. Hal itu sudah diatur di Polis Standar Asuransi Kendaraan Bermotor Indonesia. Jadi, sebagai pemegang asuransi jangan marah atau protes yaa kalau memang kerusakan karena hal ini tidak bisa diklaim.

Jika poin 5 ini terjadi, Rekan Bijak bisa saja mengajukan pinjaman di Danabijak untuk mendapatkan dana tambahan memperbaiki kendaraan. Danabijak yang sudah hadir di 3 kota besar (Jakarta, Bandung, dan Surabaya), dapat memberikan pinjaman hingga Rp3.000.000. Selain proses pencairan pinjaman yang cepat, syarat yang dibutuhkan pun terbilang mudah, di antaranya : peminjam sudah berusia 21 tahun ke atas, berkewarganegaraan Indonesia, telah memiliki pendapatan minimal Rp2.500.000, serta memiliki akun bank yang terverifikasi.

pinjaman uang online cepat cair

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: