5 Produk Bank Paling Diminati di Indonesia

Ada banyak produk bank yang beredar, tapi hanya 5 ini yang amat diminati oleh para nasabah di Indonesia. Apa saja? Baca artikel lengkapnya di bawah ini!

5 Produk Bank Paling Diminati di Indonesia

5 Produk Bank Paling Diminati di Indonesia

Pada dasarnya, bank memiliki tiga fungsi, antara lain menghimpun dana, menyalurkan dana, hingga menyediakan layanan jasa kepada masyarakat. Seluruh fungsi tersebut disajikan demi menyediakan berbagai manfaat untuk masyarakat melalui produk-produk yang dikeluarkan. Produk-produk bank tersebut memberikan manfaat yang menguntungkan serta risiko yang mungkin saja tetap muncul. Setiap produk bank mempunyai karakteristik yang berbeda-beda. Sebagai nasabah, kita perlu tau karakteristik dari setiap produk bank sekaligus mengetahui produk bank apa saja yang sangat laris atau banyak diminati nasabah.

Berikut ini merupakan 5 produk bank yang bermanfaat dan sering digunakan oleh masyarakat Indonesia :

TABUNGAN

Produk Bank

Tabungan merupakan produk paling diminati di Indonesia dan punya banyak pengguna.

Produk bank yang paling populer dan umum digunakan oleh masyarakat kebanyakan adalah tabungan. Apalagi sekarang ini tabungan telah berkembang pesat dan memiliki banyak jenis, seperti tabungan haji, tabungan rencana, dan tabungan haji.

Melalui produk bank yang bernama tabungan, nasabah dapat menyimpan uang secara aman dan teratur. Setiap perusahaan kini juga memilih produk ini untuk karyawannya untuk pembayaran gaji bulanan. Tabungan memiliki beberapa elemen yang menunjang, di antaranya :

1. Buku Tabungan

Setiap nasabah yang memiliki rekening tabungan di bank tertentu akan mendapatkan buku rekening tabungan. Fungsi buku tersebut untuk mengetahui informasi dari seluruh transaksi yang dilakukan dari produk tabungan yang dimiliki.

2. ATM

Anjungan Tunai Mandiri (ATM) dapat digunakan untuk melakukan berbagai transaksi keuangan yang dibutuhkan nasabah.

3. Setoran Awal

Setiap bank biasanya memiliki aturan berbeda terkait setoran awal. Setoran awal adalah pemberian dana pada awal mula nasabah yang hendak menyimpan tabungan. Ada bank yang menerapkan setoran awal hanya Rp50.000, tapi ada pula yang membuat aturan setoran awal tabungan minimal Rp500.000.

4. Bunga

Bunga menjadi elemen daya tarik bagi masyarakat. Dengan adanya bunga, nasabah justru mengharapkan keuntungan.

DEPOSITO

Produk bank yang satu ini pencairannya membutuhkan waktu tertentu. Penarikan di luar waktu perjanjian akan menimbulkan risiko berupa pinalti atau pemotongan dana dari uang yang disimpan dalam deposito. Dalam deposito ada 2 karakteristik yang umum, yakni jatuh tempo dan batas waktu penyimpanan.

KREDIT

Produk Bank

Kredit memungkinkan badan usaha atau seseorang untuk membeli produk kemudian pembayarannya dalam jangka waktu tertentu.

Kredit memungkinkan badan usaha atau seseorang untuk membeli produk kemudian pembayarannya dalam jangka waktu tertentu. Beberapa karakteristik yang tidak terlepas dari kredit, antara lain jangka waktu, suku bunga, jaminan, cara pembayaran, biaya administrasi, hingga asuransi jiwa.

GIRO

Giro merupakan salah satu produk bank yang berguna untuk menghimpun dana dari pihak ketiga. Suku bunga giro terbilang jauh lebih rendah bila dibandingkan dengan tabungan serta deposito. Selain itu, produk giro bisa diambil sewaktu-waktu hingga batas akhir limit yang telah ditentukan oleh pihak bank.

Untuk mencairkan dana giro, nasabah tidak dapat mengandalkan ATM ataupun teller. Berbeda pula dengan tabungan, dana di giro hanya dapat dicairkan dengan cek ataupun bilyet giro. Cek merupakan alat pembayaran yang diterbitkan oleh pihak bank sebagai pengganti uang tunai. Nasabah dapat mencairkan dana yang tertera dalam cek ke dalam bentuk tunai selama dana yang tersimpan dalam giro mencukupi. Sementara itu, bilyet giro adalah alat transaksi pembayaran nontunai yang pencairannya tidak dapat secara tunai. Dana yang tertera dalam bilyet giro digunakan perusahaan untuk melakukan pembayaran gaji terhadap karyawan.

LAYANAN JASA

Yang terakhir, produk bank yang cukup diminati masyarakat luas adalah layanan jasa. Layanan jasa meliputi pengiriman uang, pembayaran, pembelian, sampai penagihan. Contohnya, layanan transfer, pembayaran asuransi, pembelian pulsa internet, sampai penagihan listrik. Seluruhnya dapat terhubung dengan layanan produk ATM, SMS Banking, Mobile Banking, maupun Internet Banking.

pinjaman uang online cepat cair

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: