5 Sumber Modal Usaha yang Bisa Didapat Mahasiswa

Siapa bilang mahasiswa tak bisa membuka bisnis usaha sendiri? Berikut Danabijak memberikan 5 sumber modal yang bisa didapatkan para mahasiswa yang ingin mencoba terjun menjadi pengusaha muda.

5 Sumber Modal Usaha yang Bisa Didapat Mahasiswa

5 Sumber Modal Usaha yang Bisa Didapat Mahasiswa

Umumnya, mahasiswa hanya memiliki tugas utama menimba ilmu di kampus. Namun, bagi sebagian mahasiswa kreatif, selain sebagai tempat menimba ilmu, kampus juga bisa dijadikan tempat belajar memulai bisnis sampingan. Bahkan, kampus dapat dijadikan tempat merintis bisnis usaha yang serius. Nantinya, bisnis tersebut akan menjadi cikal bakal bisnis setelah lulus kuliah. Fakta telah banyak membuktikan bahwa kampus selain menjadi tempat belajar materi kuliah, juga menjadi titik awal mahasiswa untuk merintis bisnis dari dasar.

Ada banyak peluang bisnis yang dapat dicoba mahasiswa, baik bisnis yang membutuhkan modal besar maupun yang tidak memerlukan modal. Mahasiswa juga bisa membuka bisnis online atau bisnis yang dijalankan secara nyata.

Agar dapat mewujudkan peluang bisnis tersebut, berikut Danabijak memberikan rekomendasi 5 sumber modal usaha bagi mahasiswa :

ORANG TUA

Sumber pendanaan yang satu ini terbilang sangat mudah didapatkan, tapi sering kali tidak terlintas di pikiran para mahasiswa. Bagi mahasiswa yang orang tuanya terbilang mampu, bisa saja meminta atau meminjam modal usaha ke mereka. Meski mendapatkan modal dari orang tua, tetap gunakan tata cara tertentu. Buat rincian perencaan budget sekaligus estimasi profit yang akan diperoleh. Sebisa mungkin kembalikan modal tersebut jika bisnis sudah berkembang pesat dan menghasilkan sejumlah keuntungan.

TABUNGAN

Bagi mahasiswa yang ingin menjalankan usaha, jangan ragu untuk menggunakan uang tabungan pribadi sebagai modal awal berbisnis. Daripada uang yang ditabung dipakai untuk sesuatu yang kurang bermanfaat maka lebih baik dialokasikan untuk investasi.

Modal Usaha

Jangan ragu untuk menggunakan uang tabungan pribadi sebagai modal awal berbisnis.

Tidak perlu menggunakan semua jumlah tabungan untuk modal, sisakan saja sekitar 30% untuk keperluan yang lain. Sebaiknya, sedari dini menabung karena betapa bergunanya uang tabungan di kala mendesak, termasuk saat kehabisan dana untuk modal usaha.

IKUT LOMBA

Cara lain mahasiswa mendapatkan modal usaha adalah dengan mengikuti lomba bisnis. Dengan mengikuti lomba bisnis, mahasiswa memiliki peluang untuk memenangkan sejumlah uang yang bisa digunakan untuk modal usaha. Selain hadiah, kita juga akan mendapatkan pengalaman berkompetisi yang mampu membangun winning mental bagi anak muda. Di beberapa lomba bisnis, juga ditawarkan pelatihan pengembangan bisnis bagi para pemenangnya. Jadi, sebagai mahasiswa yang berniat membangun usaha bermodalkan hadiah lomba, rajin-rajinlah mencari info lomba bisnis. Kita bisa browsing di internet atau mengikuti akun lomba bisnis. Dari situ, kita akan mendapatkan info terkini lomba-lomba dari pihak terkait.

BEKERJA ATAU MAGANG

Jika kita tidak berasal dari keluarga kaya atau sudah ikut lomba bisnis, tapi belum berkesempatan memenangkannya, janganlah berkecil hati. Masih ada cara lain untuk memperoleh modal usaha, yaitu dengan bekerja atau magang.

Modal Usaha

Magang sebagai salah satu cara mendapatkan modal usaha.

Cari pekerjaan sampingan yang tidak mengganggu waktu kuliah. Selain mendapatkan gaji, kita juga akan memperoleh skill tambahan sesuai bidang pekerjaan tersebut. Jangan lupa setelah mendapatkan pendapatan, uangnya ditabung sebagai modal usaha. Jangan malah dihabiskan untuk keperluan lain yang kurang berguna.

INVESTOR

Cara satu ini mungkin jarang digunakan oleh mahasiswa sebab kebanyakan mahasiswa merasa kurang percaya diri untuk mengajukan permohonan modal usaha ke investor. Tentu saja ini salah besar. Kita sangat memiliki kesempatan untuk didanai langsung oleh para investor jika konsep bisnis yang ditawarkan unik dan menarik.

Modal Usaha

Bisnis yang dirintis oleh mahasiswa juga berkesempatan untuk didanai investor.

Lainnya, mungkin saja bisnis kita pernah menjadi juara perlombaan tertentu. Hal-hal tersebut bisa menjadi nilai plus di mata investor. Oleh karena itu, lakukan persiapan yang matang sebelum menemui investor, seperti bussiness plan, prototype bisnis, dan lain-lain.

Sumber modal usaha lain yang bisa didapatkan adalah dengan mengajukan pinjaman di Danabijak! Di Danabijak, kita bisa menentukan sendiri jumlah pinjaman dan periode pinjaman untuk melihat kapan dan jumlah total pengembalian pinjaman. Jadi, percayakan solusi keuangan, termasuk sumber modal usaha di Danabijak.

pinjaman uang online cepat cair

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: