5 Tempat Wisata Kuliner Enak di Surabaya yang Wajib Dicoba

Surabaya merupakan kota yang terkenal dengan julukan kota pahlawan. Pasalnya, kota ini menjadi saksi bisu sejarah Indonesia melawan penjajah. Kini, kota Surabaya telah menjelma menjadi salah satu kota besar yang ada di Indonesia.

5 Tempat Wisata Kuliner Enak di Surabaya yang Wajib Dicoba

5 Tempat Makan Enak di Surabaya yang Wajib Dicoba

Selain menjadi kota besar dan tentunya menjadi pusat segala kegiatan, Surabaya menyajikan tempat wisata menarik untuk dikunjungi termasuk wisata kuliner. Ada banyak jenis makanan unik yang sayang untuk dilewatkan jika kita jalan-jalan ke Surabaya. Cobalah berkunjung dan mencoba 5 tempat makan enak di Ibukota Provinsi Jawa Timur ini:

ES KRIM ZANGRANDI

Sama seperti Jakarta, Surabaya juga cukup panas dengan terik mataharinya. Tingginya suhu kota ini dipengaruhi kondisi geografisnya yang memang berada di kawasan laut. Maka dari itu, saat berkunjung ke Surabaya, biasanya kita butuh kudapan yang menyegarkan dan mengurangi suasana hati yang ikut gerah karena cuaca tersebut.

wisata kuliner

Kunjungi saja Zangrandi. Kedai es krim yang cukup legendaris ini sudah sangat terkenal di kalangan pecinta kuliner. Sejak tahun 1930, kedai ini telah menjadi bagian dari Surabaya. Zangrandi didirikan oleh Roberto Zangrandi, yaitu seorang pria berkebangsaan Italia. Ia menggunakan resep es krim buatan sang istri kala itu. Ketika Zangrandi kembali ke negara asalnya sekitar tahun 1960, Adi Tanumilia (seorang pengusaha winery) membeli kedai sekaligus resep es krim Zangrandi.

Lokasi kedai es krim Zangrandi terletak di Jalan Yos Sudarso no.15 Surabaya. Dengan harga terbilang cukup murah, yakni mulai dari Rp24.000, kita sudah bisa mencicipi nikmatnya es krim yang rasanya tetap sama dari setengah abad yang lalu. Tak hanya soal rasa, bangunan tempat kuliner Surabaya ini pun tetap bernuansa tempo dulu.

LONTONG BALAP GARUDA PAK GENDUT

Kuliner khas Surabaya yang tak kalah menggugah selera adalah lontong balap. Kuliner nusantara yang satu ini terdiri dari lontong, tahu goreng, taoge, lentho, bawang goreng, kecap, sambal, dan dipadu dengan kuah yang segar. Akan bertambah kelezatannya jika ditambah dengan lezatnya sate kerang dan segelas es kelapa muda.

wisata kuliner

Sumber : handarek.files.wordpress.com

Di Surabaya, ada banyak tempat yang menawarkan wisata kuliner khas Surabaya, tapi yang paling lezat dan terkenal hanyalah Lontong Balap Garuda Pak Gendut. Lokasinya ada di depan bekas gedung bioskop Garuda, tepatnya di Jalan Kranggan No.60, Surabaya.

Lontong Balap Garuda Pak Gendut sudah dibuka selama lebih dari 4 dekade. Namun, kualitas lontong balap yang bisa dinikmati dengan harga Rp12.000 per porsinya tetap terjaga. Cara memasak dan bumbu yang dipakai merupakan warisan keluarga turun temurun dari Pak Gendut. Tak heran jika penikmatnya semakin banyak.

RAWON SETAN MBAK ENDANG

Di beberapa daerah lain, tempat makan dengan nama serupa memang terbilang banyak. Tapi, Rawon Setan Mbak Endang yang ada di Jalan Embong Malang, Surabaya merupakan depot rawon setan yang asli dan pertama di Indonesia.

wisata kuliner

Sumber : 1.bp.blogspot.com

Asal-usul kata setan umumnya karena tingkat kepedasan dari makanan yang ditawarkan. Tapi, asal-usul nama rawon setan ini karena dulunya tempat ini hanya buka pada malam hari, yakni mulai pukul 22.00 WIB hingga dini hari. Meski dulu identik dengan kemunculannya pada malam hari, kini, rawon setan sudah dibuka sejak pagi.

Selain daging dengan kuah rawon, kita juga bisa menambah lauk lain, seperti telur asin, perkedel kentang, tempe, atau empal. Harga untuk satu porsi rawon dipatok sekitar Rp25.000.

NASI GORENG JANCUK

Meski umumnya nasi goreng bisa didapatkan di mana saja, tapi nasi goreng jancuk adalah destinasi wisata kuliner Surabaya yang sayang jika dilewatkan begitu saja. Konon, asal mula nama kuliner ini didapat dengan spontan. Awalnya, Nasi Goreng Jancuk berasal dari umpatan pelanggan setelah mencicipi sajian ini. Koki yang memasak sengaja menambahkan cabai rawit dengan jumlah yang banyak dan saat sendok pertama nasi goreng ini sampai di lidah, spontan orang mengumpat dengan kata Jancuk.

wisata kuliner

Sumber : ksmtour.com

Porsi nasi goreng yang cukup banyak dapat dinikmati bersama-sama. Dengan harga sekitar Rp150.000 per porsi, kita bisa menikmati Nasi Goreng Jancuk di Royal Plaza Surabaya.

SOTO AYAM LAMONGAN CAK HAR

Soto ayam yang terletak di Jalan dr. Ir. H. Sokearno (Merr) Surabaya ini selalu berhasil membuat ketagihan para penikmatnya. Tidak hanya itu, harganya pun terbilang ramah di kantong, yakni sekitar Rp20.000.

wisata kuliner

Sumber : surabayakuliner.co.id

Kita bisa memesan seporsi soto ayam sesuai dengan keinginan, misalnya kita mau soto ayam dengan daging tanpa kulit ayam. Maka akan tersaji dalam mangkok daging ayam tanpa kulit atau campuran lainnya. Selain itu, kuah kuningnya yang segar akan menggoda setiap mata yang melihatnya. Aroma kaldu juga menyerbak bersama dengan kepulan uap yang hangat.

Berniat traveling ke Surabaya sambil melakukan wisata kuliner, tapi belum punya cukup anggaran? Ajukan saja pinjaman ke Danabijak!


pinjaman uang online cepat cair

3 Comments

Write a comment
  1. roezd9
    January 26, 06:32 roezd9

    perlu di coba satu satu ini
    nice info admin

    jadi gk sabar ke surabaya

    Reply this comment
  2. seoktavian
    April 09, 06:18 seoktavian

    sangat menginspirasi artikelnya, makasih informasinya

    Reply this comment
  3. esa irwansyah
    July 04, 05:23 esa irwansyah

    trimakasih artikelnya sangat membantu

    Reply this comment

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: