5 Tips Agar Sukses Merdeka Secara Finansial dan Sejahtera

Merdeka Finansial bisa diartikan dengan Anda bebas melakukan apa pun tanpa anda harus pusing memikirkan secara keuangan atau besok makan apa. tapi tidak serta merta kita harus kaya raya dulu untuk bisa merdeka secara finansial. Merdeka Secara Finansial memberikan kita pilihan apakah kita masih akan terus bekerja atau bebas melakukan apa saja tanpa harus merdeka. Untuk merdeka secara finansial kita tidak harus menunggu menjadi tua dan pensiun dulu. Merdeka Finansial bisa dicapai dengan berbagai cara dan akan Danabijak bahas berikut ini.

5 Tips Agar Sukses Merdeka Secara Finansial dan Sejahtera

5 Tips Agar Sukses Merdeka Secara Finansial dan Sejahtera

Merdeka secara Finansial di masa depan sangatlah penting.

Pekan ini kita akan merayakan kemerdekaan Bangsa Indonesia yang diperingati setiap 17 Agustus. Kita memang sudah merdeka sejak lama, namun masih banyak orang yang belum merdeka secara finansial saat ini. kehidupan masyarakat saat ini masih sangat pas-pasan, uang yang kita dapat dari pengasilan hanya cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Padahal ada banyak hal yang harus kita siapkan untuk masa depan yang lebih sejahtera. Merdeka finansial bisa kita lakukan dari sekarang agar kedepannya kita bisa hidup dengan nyaman tanpa harus kekurangan. Saatnya kita berjuang untuk meredeka secara finansial. Mari kita simak artikel berikut.

Memiliki Kemauan Kuat untuk Merdeka Finasial

Merdeka Secara Finansial

www.smkrealinformatika.sch.id

Hal pertama untuk mewujudkan merdeka secara finansial di hari kemerdekaan RI yaitu dengan memiliki mindset atau pola pikir yang benar. Mindset yang tertanam dalam pikiran memiliki peran yang sangat penting bagi tindakan dan aksi yang akan Rekanbijak lakukan. Jika kita memiliki pola pikir yang salah, maka kita cenderung melakukan tindakan yang salah.

Hal ini akan membuat kita sulit untuk mewujudkan kebebasan dan kemerdekaan keuangan. Namun, jika Rekan memiliki pola pikir atau mindset yang benar, maka kita selangkah lebih maju untuk mencapai merdeka secara finansial.

Disiplinlah dalam mengeluarkan uang, tanamankan pola hidup sederhana untuk sehari-hari, jangan tergoda untuk membeli barang-barang yang tidak perlu walaupun diskon, lebih baik sisihkanlah uang kita untuk menabung, walaupun jumlah kecil akan sangat berarti bila sering dilakukan.

 

Membuat Rencana Keuangan

Merdeka Secara Finansial

www.creativelive.com

Membuat rencana keuangan adalah sebuah langkah yang bisa kita gunakan untuk mewujudkan rencana untuk merdeka secara finansial. Rekanbijak harus memiliki rencana. Coba daftarkan seluruh tujuan keuangan kata dan buatlah langkah-langkah praktis untuk mencapai tujuan tersebut. Inilah yang disebut sebagai rencana keuangan.

Rencana keuangan ini digunakan sebagai pengarah agar kita segera mencapai kemerdekaan finansial di hari depan. Salah satu hal yang malas dilakukan kebanyakan orang adalah tidak membuat & memiliki anggaran dan mencatat keuangan. Kita tidak akan merdeka secara finansial kalau tidak memiliki pengaturan keuangan yang benar.

Mulai saat ini, biasakan untuk membuat anggaran setiap bulannya dan catat berapa dan kemana uang itu pergi. Ini akan memudahkan kita dalam memonitor keuangan tiap bulannya. Jika kita ingin membuat anggaran dan catatan keuangan dengan mudah, kita bisa menggunakan aplikasi Finansialku. Dengan demikian, kita bisa mengontrol pengeluaran dan pemasukan keuangan kita dengan lebih baik.

Membuka Usaha Kecil-kecilan

Merdeka Secara Finansial

www.merdeka.com

Jika kita bekerja sebagai karyawan, kita bisa sambil jualan kecil-kecilan, Kita bisa berjualan jajanan kecil di kantor tempat kita bekerja, mulai dari jualan gorengan, kue kecil, atau makanan kecil lainnya. Biasanya makanan kecil sangat diminati oleh orang-orang kantoran. Selain itu makanan yang bisa kita jual juga bisa dititipka ke penjual makanan di kantin kantor, namun kita harus memberikan beberapa persen dari hasil jualan kita ke pemilik tempat.

Selain berjualan makanan kita bisa membuka online shopping, hal ini sangat mudah dilakukan dan bisa dikerjakan di sehabis pulang kerja. Kita bisa menjual apa saja di media  online, contoh-nya menjual alat-alat make up dn skincare yang sangat digandrungi saat ini. Usaha ini telah teruji bisa mendatangkan pendapatan pasif. Ciptakan sistem bisnis yang sudah otomatis berjalan sehingga kita tidak perlu memantau setiap saat.

 

Hindari Perilaku Konsumtif

Merdeka Secara Finansial

www.axa-mandiri.co.id

Dengan adanya pencatatan keuangan yang sebenarnya akan membantu kita untuk lebih dispilin terhadap pengeluaran, maka kita akan cenderung akan menghentikan membeli barang atau keinginan yang sifatnya konsumtif. Artinya, kita tidak akan membeli sebuah barang/keinginan yang memang tidak kita butuhkan.

Jika kita tidak mengurangi pengeluaran konsumtif, maka kita akan berada dalam keadaan yang bahaya. Uang yang kita miliki akan terkuras habis bahkan kita bisa berutang demi mewujudkan keinginan konsumtif  kita. Jangan sampai ya. Rekan.

 

Jangan Sekedar Mengikuti Tren

Merdeka Secara Finansial

kreditgogo.com

Kita bisa sangat gampang terpengaruh untuk belanja lebih banyak. Normal bagi seseorang untuk merasa butuh membeli barang-barang baru dan ikut tren, baik itu fashion, gadget, kendaraan, nongkrong di cafe mahal dan lain-lain. Ingat, meskipun kita menahan diri dan fokus dalam cita-cita Merdeka Finansial, kita akan tetap mendapatkan teman-teman yang sering mempengaruhi walaupun secara tidak langsung.

Inilah yang bisa kita lakukan agar dimasa depan kita bisa sejahtera dan merdeka secara finansial. Tapi ingat, merdeka finansial tidak sekadar memiliki aset dan harta yang banyak, namun untuk mencapai tujuan lain yang lebih tinggi dan berguna untuk diri sendiri. Selamar Hari Merdeka, Rekan!

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: