Mengenali 5 Tips Belanja Hemat Menggunakan Kartu Kredit

Jika Rekan Bijak mampu mengatur dengan baik, kepemilikan kartu kredit sebenarnya dapat menguntungkan. Tapi, tetap usahakan untuk selalu membayar dalam bentuk uang tunai atau menggunakan kartu debit saat berbelanja. Dengan demikian, pengeluaran akan bisa dipantau sesuai dengan pendapatan atau uang dalam tabungan.

Mengenali 5 Tips Belanja Hemat Menggunakan Kartu Kredit

5 Tips Belanja Hemat Menggunakan Kartu Kredit

Penggunaan kartu kredit memang terbilang sangat praktis dan memberi keuntungan sebab kita sebagai pengguna diberi waktu beberapa hari untuk akhirnya muncul tagihan pembayaran atas pemakaian. Meski memberikan keuntungan, namun perlu diingat bahwa hal tersebut dapat dirasakan hanya jika kita membayar penuh tagihan kartu kredit.

Kartu kredit, yang kini sudah menjelma menjadi salah satu alat untuk memenuhi gaya hidup masyarakat modern, tetap perlu dihemat pemakaiannya. Sebab kalau tidak, keuangan kita akan boros. Kita akan terus merasa memiliki uang di rekening jika mengandalkan kartu kredit sebagai alat pembayaran. Sejumlah kenikmatan serta kemudahan yang ditawarkan kartu kredit tersebut dapat membuat penggunanya lupa diri dengan keadaan keuangan. Untuk menghindarinya, Danabijak dalam artikel ini akan memberikan tips cara belanja hemat meskipun harus menggunakan kartu kredit.

MEMPERKIRAKAN DANA YANG DIKELUARKAN 

Tips pertama agar bisa melakukan belanja hemat dengan kartu kredit adalah dengan memperkirakan dana yang hendak dikeluarkan. Banyak kasus pengguna kartu kredit terlilit hutang akibat boros saat berbelanja dan tidak memperkirakan dana yang akan dikeluarkan sebelumnya. Dengan asyiknya, mereka membeli semua barang tanpa memperhatikan harga barang. Akibatnya, saat tagihan kartu kredit muncul, mereka kaget dengan jumlah tagihan yang sangat besar. Untuk menghindari hal buruk itu maka kita perlu memastikan terlebih dahulu harga dari barang yang akan dibeli dan jangan lupa untuk memperkirakan dengan kemampuan finansial yang dimiliki.

BELANJA SESUAI DAFTAR BELANJA

Cara berikutnya untuk bisa melakukan belanja hemat dengan kartu kredit adalah dengan mulai berbelanja sesuai daftar belanja yang telah direncanakan. Jadi, sebelum belanja sebaiknya kita membuat list atau catatan kecil berisi daftar barang yang ingin dibeli sesuai keperluan.

belanja hemat

Daftar belanja akan memaksa kita mematuhi apa yang telah ditulis dan mengajak kita untuk menghindari belanja barang-barang di luar itu.

Dengan menyusun daftar belanja, kita akan terbantu untuk tidak boros atau ceroboh. Daftar belanja akan memaksa kita mematuhi apa yang telah ditulis dan mengajak kita untuk menghindari belanja barang-barang di luar itu. Cobalah mulai mempraktikkan cara ini agar tagihan kartu kredit tidak membengkak.

BELANJA MENGGUNAKAN PROMO KARTU KREDIT

Cara ketiga adalah dengan berburu promo kartu kredit. Seperti diketahui bahwa saat ini telah banyak kartu kredit yang menjalin kerja sama dengan beberapa toko atau supermarket. Kerja sama tersebut biasanya berbentuk promo atau keuntungan bagi pembeli, seperti harga diskon, buy one get one, cashback, dan lainnya. Cara ini terbukti ampuh untuk menghemat belanja menggunakan kartu kredit.

MEMBAYAR TAGIHAN DI MASA TENGGANG

Cara selanjutnya untuk bisa melakukan belanja hemat dengan kartu kredit adalah dengan membayar tagihan toko di masa tenggang atau biasa disebut grace period. Pembayaran toko di masa tenggang guna menghindari bunga yang nantinya dapat membuat keuangan kita lebih hemat. Jadi, manfaatkan masa tenggang sebaik-baiknya. Umumnya masa tenggang berkisar 20-45 hari setelah transaksi dilakukan. Namun, kita diharapkan untuk berhati-hati karena tidak semua kartu kredit menerapkan sistem masa tenggang.

PERHATIKAN MEKANISME CICILAN KARTU KREDIT

Saat memutuskan untuk memiliki kartu kredit sebaiknya cek terlebih dahulu mekanisme cicilan kartu kredit tersebut.

belanja hemat

Sebelum memutuskan untuk menggunakan kartu kredit sebaiknya cek mekanisme cicilan pembayarannya.

Perhatikan apakah perhitungan pembayarannya dimasukkan dalam tagihan normal atau minimum payment. Jika salah mengambil mekanisme pembayaran kartu kredit maka siap-siap saja terlilit hutang.

Danabijak hadir sebagai solusi dari berbelanja hemat. Rekan Bijak bisa mengajukan pinjaman hingga Rp3.000.000 di Danabijak demi menghindari hutang kartu kredit. Proses pencairan dana yang cepat dan aman serta poin bijak yang akan diberikan sebagai reward bagi nasabah menjadi keuntungan dari memilih Danabijak. Jadi, percayakan solusi keuangan Rekan hanya pada Danabijak!

pinjaman uang online cepat cair

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: