5 Tips Belanja Online Aman

Belanja online sudah jadi kegiatan yang biasa di jaman ini. Karena kehadirannya cukup membantu dan praktis untuk kita yang sangat sibuk. Selain itu harga yang ditawarkan juga lebih murah dari toko konvensional. Namun kita juga harus waspada terhadap toko-toko online, karena kita tidak melihat barangnya secara langsung. Berikut tips belanja online aman.

5 Tips Belanja Online Aman

5 Tips Belanja Online Aman

Hal yang paling disenangi saat ini adalah online shopping (belanja online). Bagaimana tidak disenangi, belanja online sangat membantu masyarakat luas. Hal ini sangat berguna bagi kita yang sedang memerlukan sesuatu namun sibuk dengan pekerjaan dan tidak sempat datang ke toko konvensional. Selain berguna bagi orang-orang yang sibuk, toko online juga menawarkan harga yang lebih murah dibanding dengan harga-harga di toko konvensional, itu sebabnya toko online menjadi pilihan banyak orang untuk berbelanja.

Sayangnya, disaat teknologi yang semakin canggih dan serba gampil, marak terjadi penipuan online shop. Sudah banyak teradi kasus seperti ini sejak toko-toko online berkembang. Banyak penjual palsu yang menawarkan barang-barangnya namun yang terjadi hanyalah bohong belaka, barang yang dibeli tidak datang sama sekali, padahal uang sudah kita transfer ke penjual. Atau barang yang kita beli tidak sesuai dengan gambar, bahkan kita bisa saja mendapatkan barang palsu. Maka dari itu kita perlu teliti dan berhati-hati dalam belanja online. Perhatikanlah segala sesuatunya. Agar kita terhindar dari penipuan toko online Danabijak akan memberikan tips belanja online aman.

Belanja di Toko Online Terpercaya 

belanja online aman

arenalte.com

Kebanyakan kasus penipuan oline shopping terjadi lewat media sosial atau situs belanja yang tidak kredibel. Akan lebih baik kita berbelanja di toko online dengan situs terpercaya dan sudah populer. Perhatikan juga ulasan dari pembeli yang lainnya, jika banyak yang protes atau kecewa dengan kualitas produknya, maka sebaiknya kita pindah ke toko online yang lain.

Jika memang kita berbelanja lewat media sosial, jangan segan untuk bertanya dengan detail kepada si penjual, mintalah foto produk asli jika diperlukan, bacalah ulasan yang biasanya ada di kolom komentar hal ini dapat memberikan informasi bagaimana reaksi pelanggan pada toko online ini. Pastikan toko online tersebut  popular, otentik dan dapat dipercaya oleh pelanggan. Testimonial di situs yang menunjukkan kepuasan konsumen membuktikan jaminan situs tersebut.

Dan jangan lupa periksa sertifikasi keamanan situs. Situs dengan URL awalan HTTPS memiliki jaminan keamanan yang baik dalam melindungi transaksi dan data konsumen. Jika kita lebih memilih berbelanja melalui aplikasi dari toko online tersebut, pastikan bahwa kita mengunduhnya dengan benar dari Google Play Store atau App Store, dengan begitu kita bisa belanja online aman.

Bacalah Kebijakan di Situs Berbelanja Tersebut 

belanjan online aman

www.dream.co.id

Perhatikan dengan seksama deskripsi barang yang ingin Rekanbijak beli, jika kita hendak membeli barang elektronik bacalah dengan seksama deskripsi dan spesifikasi barang tersebut.
Curigailah pada barang bermerek yang dijual dengan potongan harga yang sangat besar.

Baca juga kebijakan pengembalian barang. Karena barang yang dibeli tidak bisa dilihat secara fisik, harus ada garansi kalau barang yang dikirim cacat, kita boleh mengirim barang cacat itu kembali dan tentu saja diganti dengan barang baru atau uang kita kembali. Periksa juga siapa yang akan membayar pengembalian barang itu.

Jangan Mudah Tergoda Harga Murah

belanja online aman

www.tribuneindia.com

Belanja online memang akan membuat kita mendapatkan barang-barang dengan harga yang lebih murah dari toko konvensional. Namun, jangan terburu-buru membeli barang dengan harga yang terlampau murah, apalagi jika jauh dari harga pasaran.

Apalagi barang-barang yang dijual bermerk dengan potongan harga yang lebih besar dan tidak masuk akal. Bisa jadi iming-iming harga murah ini hanya menjadi jebakan agar dapat mengelabui konsumen yang ada. Ada kemungkinan barang yang dijual palsu atau tidak sesuai dengan aslinya. Karena itu, perhatikan kembali saat akan membeli barang-barang secara online.

Pertimbangkan Cara Pembayaran

belanja online aman

www.tutusandsons.com

Kebanyakan orang melakukan pembayaran dengan kartu kredit. Dengan kartu kredit, kita punya bukti kuat kalau kita sudah melakukan transaksi kalau barang tidak diantar atau tidak sesuai pesanan. Tapi, karena banyaknya pencurian nomor kartu kredit, pembayaran dengan menggunakan sistem seperti PayPal, Transfer Kirim, atau COD (pembayaran ditempat) boleh dipertimbangkan.

Simpan Bukti Transaksi

Setelah kita membayar pesanan kita, jangan lupa untuk menyimpan segala bukti-bukti transaksi yang kita lakukan. Mulai dari deskripsi produk, harga barang, kuintansi digital, salinan email antara penjual dengan kita, serta hal-hal lain yang bersangkutan dengan bukti transaksi yang dilakukan.

Jika kita hobi berbelanja online, perhatikanlah semua aspek dengan teliti, jika ada hal janggal dan menimbulkan kecurigaan kita perlu waspada, agar kita terhindar dari penipuan. Semoga Tips Belanja Online Aman ini bermanfaat bagi Rekanbijak sekalian.

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: