5 Tips Cerdas Investasi Emas Bagi Pemula dan Millennials

Tak hanya orang tua, saat ini millennials pun mulai sadar untuk melakukan investasi. Berikut tips yang harus dilakukan sebelum melakukan investasi emas.

5 Tips Cerdas Investasi Emas Bagi Pemula dan Millennials

5 Tips Cerdas Investasi Emas Bagi Pemula dan Millennials

Sekarang ini, tak hanya gen X saja yang sudah melakukan investasi. Millennials pun mulai sadar untuk mempersiapkan masa depan dengan berinvestasi. Dari sekian banyak produk investasi yang ada, dari dulu hingga sekarang investasi emas banyak diminati. Selain harga yang cenderung stabil naik, kemudahan dalam melakukan investasi juga menjadi alasan emas sangat diminati. Bahkan untuk yang awam mengenai investasi pun bisa melakukannya.

Meskipun begitu, kita sebaiknya jangan asal beli tanpa mempertimbangkan apapun. Buat Rekan Bijak yang tertarik membeli emas batangan menjadi simpanan masa depan , perhatikan  5 tips ini supaya investasi emas mencapai target dan sesuai dengan tujuan yang diinginkan.

1. Tentukan Tujuan Investasi Emas

Jangan sampai kita memulai berinvestasi tanpa mengetahui tujuannya apa supaya apa yang kita dapatkan pun maksimal dan sesuai dengan yang diharapkan. Sebagai contoh 10 tahun mendatang kita berencana untuk naik haji atau pendidiikan anak maka setiap bulannya kita harus konsisten mengumpulkan emas dengan cara melakukan estimasi.

Hitung perkiraan biaya yang dibutuhkan untuk memenuhi Pendidikan dengan mempertimbangkan inflasi. Jika sudah, bagi nilai tersebut dengan estimasi harga emas pada tahun tersebut. Meskipun harga emas cenderung stabil naik, tapi tetap pertimbangkan jika ternyata 10 tahun kemudian ada penuruan harga. Setelah mengetahui jumlah emas yang harus dimiliki, bagi dengan 120 bulan (12 bulan x 10 tahun) maka kita akan mengetahui berapa yang harus dimiliki setiap bulannya.

 

2. Cek Harga Emas

Sebelum membeli ada baiknya cek dan bandingkan harga emas antara satu tempat dengan tempat lainnya. Untungnya saat ini kita sudah bias cek harga emas melalui internet baik itu di situs Antam, Pegadaian dan situs online lainnya. Selain itu kita juga bias datang langsung ke toko-toko emas terdekat.

tips investasi emas bagi pemula dan millennial

Source: emas batangan memiliki berbagai ukuran. pilih yang sesuai dengan budget dan kebutuhan. Sebaiknya jangan terlalu besar supaya mudah dicairkan.

3. Pilih Besaran Emas yang Akan Dibeli

Emas batangan memiliki banyak bentuk dan besaran seperti 1 gram, 2 gram, 10 gram hingga 500 gram. Tentunya tiap gram memiliki harga yang berbeda-beda, maka tentukan mana yang paling sesuai dengan tujuan dan budget. Meskipun memiliki dana lebih, pilih emas batangan dengan gram yang tak terlalu besar supaya mudah dijual. Dibandingkan dengan emas batangan 250 gram, tentunya emas 5 gram lebih cepat diuangkan.

 

4. Tentukan Tempat Membeli Emas

Saat ini banyak tempat yang menyediakan emas batangan, baik itu secara online maupun offline seperti:

Antam: kita bias membeli emas di kantor pusat, unit bisnis maupun butik emas Antam. Jika mau proses yang lebih cepat, datang langsung ke kantor pusat Antam yang ada di Jl Simatupang dengan harga yang lebih tinggi. Sedangkan unit bisnis lebih murah karena langsung dari produsennya. Hanya saja setiap hari dibatasi 150 orang mengingat antrian yang selalu panjang. Untuk butik emas merupakan cabang dari Antam yang ada di kota-kota di Indonesia seperti Medan, Semarang, Jogjakarta, Surabaya dan lain-lain.

PT Pagadaian: salah satu keunggulan membeli di Pegadaian adalah adanya beberapa kantor yang melayani selama 24 jam. Di sini kita juga bias memilih membeli secara konvensional atau Syariah dengan datang langsung ke kantor atau secara

PT Pos Indonesia: sejak 11 September 2017, kita bisa membeli emas di 205 cabang kantos Pos dengan berat muali dari 0,5 gram hingga 50 gram.

Toko Emas: Pastikan toko emas yang kita pilih sudah terpercaya reputasinya atau merupakan langganan keluarga. Di toko emas kita tak hanya bisa membeli emas batangan tapi juga olahan emas berupa perhiasan.

Online: sekarang ini banyak website online yang menyediakan jasa jual beli emas seperti Bukalapak, Tokopedia, oriori dan masih banyak lagi. Beberapa aplikasi yang menawarkan jasa ini juga mulai bisa kita temukan di Google Play maupun App Store. Tapi pastikan website yang kita pilih terpercaya ya Rekan supaya tidak terkena penipuan.

 

5. Simpan di Tempat Aman

Jika membeli dalam bentuk emas batangan dan bukan sertifikat, pastikan kita menaruhnya di tempat yang aman. Bisa dengan menaruhnya di lemari yang selalu terkunci rapat, brankas berbahan besi supaya tidak mudah dibobol maling atau dengan menyewa safe deposit box (SDB) di bank.

Investasi emas memang sangat menggiurkan, apalagi dengan harapan harga lebih stabil dibandingkan dengan investasi lainnya. Jadi pastikan kita merencanakan dengan matang supaya tujuan tetap tercapai meski masih pemula. Cek lagi tempat kita bertransaksi supaya tidak tertipu pada jual beli emas dari organisasi atau perusahaan yang tidak terpercaya.

Jika gaji yang kita dapatkan belum cukup, bisa dengan mencari tambahan pemasukan melalui kerja sambilan atupun mencari pinjaman uang online yang mudah dan tidak memberatkan seperti Danabijak. Nantinya dana yang didapat bisa diolah menjadi utang produktif yaitu sebagai modal usaha sehingga semakin menambah pendapatan.

pinjaman uang online cepat cair

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: